ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

5 Cara Efektif Mendampingi Orang Terdekat yang Mengalami Depresi

Depresi dapat dialami oleh siapapun, bahkan orang terdekat kita. Tak hanya sekedar kegalauan sesaat, depresi termasuk dalam gangguan kejiwaan yang membutuhkan penanganan khusus. Meski begitu, tak semua orang tahu cara yang tepat untuk menghadapi seseorang yang mengalami depresi. Ketidaktahuan tersebut bisa jadi memperburuk keadaan karena orang yang depresi akan merasa sendiri dan terabaikan. Berikut ini saran dari Deborah Serani, PsyD seorang psikolog yang menangani masalah depresi. Cara berikut diharapkan dapat membantu Anda mendukung orang yang mengalami depresi dalam pemulihan mereka, sembari mempertahankan keseimbangan emosional Anda sendiri.

Berada di Sisi Orang yang Mengalami Depresi

Dikutip dari psych central, cara terbaik untuk mendampingi orang dengan depresi adalah berada disisinya. Anda mungkin takut jika mereka akan marah atau merasa terhina dengan perkataan Anda. Maka, yang harus Anda lakukan adalah duduk di sampingnya dan memberikan kata-kata pendukung seperti “Anda sangat penting bagi saya” atau “Apa yang dapat saya lakukan untuk membantu Anda?” dan “Kami akan menemukan cara untuk membantu Anda merasa lebih baik”.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Gratis untuk Membantu Meringankan Stres, Depresi, atau Anxiety

Menjadi Pendengar yang Baik

Saran selanjutnya yang mungkin dapat membantu adalah dengan menjadi pendengar yang baik. Pastikan agar Anda hanya mendengarkan perasaan mereka tanpa menghakimi. Orang yang sedang depresi cenderung menarik diri dari pergaulan, maka diperlukan kemauan dari mereka sendiri untuk mampu menceritakan apa yang terjadi. Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik dan bersikap dengan lembut.

Jangan Membandingkan dengan Orang Lain

Menurut Serani, mengatakan bahwa Anda tahu bagaimana perasaan orang yang mengalami depresi, tidak akan membantu sama sekali. Sama halnya dengan membuat perbandingan dengan orang lain. “Si A saja bisa, masa kamu nggak?”. Hal ini justru akan membuat orang dengan depresi semakin putus asa. Pasalnya, orang memiliki kapasitas sendiri dalam mengendalikan emosi dan menyelesaikan masalah, maka Anda tak bisa menyamakan masalah satu dengan yang lain.

Jangan Bersikap Keras

Jika menurut Anda bersikap keras akan membuat orang yang depresi takut, hal ini justru tak akan berhasil. Sebagai contoh, Anda mengancam untuk pergi karena tak sabar dengan keadaan sahabat yang sedang depresi. Menurut Serani, hal ini tidak berguna karena justru akan membuat mereka terpuruk dan semakin depresi. 

Tetap Sabar

Kunci dalam mendampingi orang depresi adalah kesabaran. Dengan bersabar, secara tidak langsung Anda memberi tahu bahwa apapun yang terjadi, Anda akan selalu berada di sisi sahabat atau anggota keluarga yang sedang depresi.

Mendampingi orang dengan depresi sama halnya dengan berjalan di atas telur, salah melangkah tentu akan memperburuk keadaan. Sebagai solusinya, berada di sisi orang tersebut dengan sabar merupakan hadiah terbaik untuknya.

Baca Juga: Mengenal Distimia, Gejala Depresi Ringan yang Bisa Berlangsung Hingga Bertahun-Tahun

PREVIOUS ARTICLE

Mengenal Lely Sampoerno, Atlet Tembak Wanita Pertama di Asia

NEXT ARTICLE

Bisa Jadi Indikator Penyakit Serius, Berikut Berbagai Jenis Sakit Perut yang Tidak Boleh Diabaikan

RELATED ARTICLES

COMMENTS

1comment


  • El Putri1 week ago

    Nice article.. antar mereka menemui pertolongan profesional. Tepis stigma karena semua orang berhak bahagia.. Salam sadar