Lifestyle

3 Strategi Sederhana Agar Anda Bisa Lebih Hemat di Bulan Ramadan

Coba ingat-ingat tahun lalu. Apakah dompet Anda sudah menipis menjelang Ramadan? THR yang didapat juga langsung ludes dalam hitungan hari? Padahal, bulan Ramadan adalah waktu yang pas banget Agar Anda bisa lebih banyak menyimpan uang. Benar tidak? Agar simpanan Anda tidak meluncur keluar dengan mudahnya, kami punya strategi jitu agar Anda bisa lebih hemat di bulan Ramdan!

Baca Juga: Hati-Hati, Anda Ternyata Bisa Lebih Boros Saat Bulan Ramadan! Ini Penyebabnya

1. Buat Anggaran

Jangan malas dulu ketika mendengar kata anggaran, karena hal ini sebenarnya tak rumit kok. Anda cukup membuat batas jumlah maksimal untuk setiap pos pengeluaran Ramadan dan konsisten menjalankannya. Anda butuh biaya berapa untuk buka puasa bersama teman kantor? Kalau untuk menu Lebaran? Rencanakan mulai sekarang. Akan lebih baik lagi bila Anda mengurangi pos pengeluaran di bulan biasa untuk mengompensasi pengeluaran ekstra di bulan Ramadan. Contohnya, Anda bisa membatasi pembelian buku atau nonton ke bioskop selama bulan puasa. Untuk pos pengeluaran Ramadan yang memerlukan anggaran lebih besar seperti mudik, mulai biasakan untuk mengatur anggaran sejak beberapa bulan sebelumnya. Selain harganya jauh lebih murah, membeli tiket mudik lebih cepat juga tak berisiko kehabisan kursi.

Baca Juga: Agar Tak Boros, Coba Sesuaikan Strategi Menabung Dengan Kepribadian Anda!

2. Kreatif

Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa menekan pengeluaran Ramadan cukup banyak, lho. Misalnya, Anda bisa melakukan mix and match atau padu-padan baju yang sudah Anda miliki. Tambahkan aksesori terbaru yang Anda punya dan lihatlah, Anda tak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli baju lebaran baru kan? Begitu juga dengan makanan sisa sahur atau berbuka. Jangan langsung dibuang, karena Anda bisa mendaur ulang menu sisa ini menjadi hidangan lain. Ayam goreng yang tak habis saat sahur bisa dipotong kecil-kecil lalu dicampurkan bersama timun, selada, tomat, dan mayones. Anda bisa mendapat chicken salad segar untuk berbuka puasa tanpa harus mengeluarkan uang.

3. Belanja Dengan Cerdas

Agar bisa memaksimalkan setiap rupiah yang Anda belanjakan, cara ini bisa dicoba:

  • Bandingkan harga tiap booth saat berkunjung ke bazaar Ramadan. Saat sedang berkunjung ke bazaar Ramadhan, tahan dorongan impulsif untuk berbelanja dengan membandingkan harga dari beberapa booth, setelah itu baru tentukan pilihan. Belilah barang yang memberikan kualitas terbaik dengan harga paling terjangkau.
  • Beli barang grosir. Alternatif lain untuk menekan anggaran adalah dengan membeli barang secara grosir, terutama bila Anda membeli dalam jumlah banyak untuk hadiah. Jangan keburu pesimis dengan barang grosir. Sekarang ini kualitas produk grosir tak kalah dengan di pusat perbelanjaan. Selain itu, Anda juga biasanya bisa mencampur warna atau model bila membeli secara grosir.
  • Manfaatkan diskon member. Selain memanfaatkan kartu kredit yang memberikan potongan harga untuk setiap transaksi di vendor tertentu, Anda juga bisa gunakan membership di jaringan toko tertentu untuk mendapatkan diskon tambahan. Meski bertabur diskon, satu hal tetap tak boleh dilupakan: tetapkan anggaran sebelum Anda pergi belanja.

 

Yuk, jadikan bulan Ramadan sebagai kesempatan untuk melatih kecerdasan Anda dalam mengatur kesehatan finansial, sekaligus pengingat untuk tetap hemat dan sederhana dalam hal keuangan.

PREVIOUS ARTICLE

5 Tips Mudah Mengurangi Kadar Lemak Dalam Makanan

NEXT ARTICLE

Cara Mengatasi Bau Mulut yang Mungkin Muncul Saat Berpuasa

RELATED ARTICLES

comments