Guide

Sering Melewatkan Sarapan Bisa Jadi Penyebab Tubuh Cepat Lemas, Lho!

Apakah Anda rutin sarapan? Jika ya, maka teruskanlah kebiasaan itu. Ternyata nih, para ahli mengungkapkan bahwa sarapan berperan penting sebagai modal energi yang dapat digunakan saat beraktivitas di siang hari. Saat Anda melewatkan sarapan, maka energi yang dimiliki tubuh akan cepat hilang sehingga Anda cenderung merasa lemas dan cepat lapar. Karena lapar, akhirnya Anda makan siang dengan porsi yang lebih banyak dan sirnalah harapan akan tubuh ideal. Meski begitu, sarapan bukanlah sesi makan berbagai jenis makanan, karena Anda tetap tidak sembarangan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam sarapan untuk diet sehat.

1. Pilih Waktu Yang Tepat

Tuh, Anda tidak bisa asal sarapan ya. Waktu yang tepat untuk sarapan adalah 8 hingga 10 jam setelah makan malam atau jika Anda tidak makan sebelumnya. Pada rentang waktu tersebut, tubuh telah punya cukup waktu untuk melakukan metabolisme dan siap menerima asupan gizi pertama di pagi hari. Untuk Anda yang menjalankan puasa, Anda bisa menggunakan patokan waktu ini juga untuk menjaga waktu makan malam dan waktu sahur.

Baca Juga: ‘Bersihkan’ Tubuh Menjelang Bulan Puasa Dengan Melakukan Diet Berikut

2. Karbohidrat Tercukupi

Bagi mereka yang sedang berusaha mengurangi berat badan, kadang sarapan langsung dipangkas dari jadwal. Padahal sih, tak perlu begitu. Untuk memulai hari, Anda tentu butuh energi dan asupan karbohidrat. Meski kabohidrat biasanya dihindari agar berat tidak membengkak, namun makanan berkarbo ini tetap penting sebagai pembentuk energi utama tubuh. Karbohidrat mengandung gula yang bila jumlahnya tidak mencukupi bagi tubuh, akan membuat Anda cepat lelah atau mudah mengantuk. Tentu saja, konsumsi makanan berkarbo ini secukupnya saja.

3. Tambahkan Buah-Buahan

Buah menjadi asupan pertama yang sangat penting dikonsumsi saat sarapan. Di pagi hari, kadar gula dalam tubuh cenderung menurun akibat penggunaan energi setelah beraktivitas selama satu hari penuh. Buah mengandung banyak mineral dan vitamin yang menyehatkan. Selain itu, sari buah bermanfaat untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh untuk pembentukan energi. Anda dapat mengonsumsi buah dengan berbagai cara, baik dengan memakannya secara langsung atau dibuat jus. Yang sedang puasa, jangan lupa makan buah juga saat sahur ya!

PREVIOUS ARTICLE

Puasa Sama Dengan Detoks Tubuh. Apakah Teori Ini Benar?

NEXT ARTICLE

Punya Jadwal Interview Pekerjaan Melalui Video Call? Jangan Lupa Perhatikan 5 Hal Ini

RELATED ARTICLES

comments