Inspiration

5 Selebriti yang Kabur Sejenak dari Ketenaran untuk Merawat Kesehatan Mentalnya

Bekerja di industri hiburan, membuat seluruh mata akan selalu menyoroti kehidupan para selebriti. Mereka sering kali dituntut untuk tampil sempurna di setiap kesempatan dan selalu berusaha menunjukkan sisi terbaiknya. Namun mau bagaimana juga, selebriti tetaplah manusia. Tak jarang, tekanan sosial yang dialaminya menyebabkan mereka stres hingga memutuskan untuk menyudahi hidupnya. Untungnya, kini para selebriti sudah berani untuk terbuka mengenai kondisi kesehatannya. Bahkan, mereka menyempatkan dirinya untuk beristirahat dari rutinitasnya dan memutuskan untuk merawat kesehatan mental,  seperti halnya 5 selebriti berikut ini!

1. Lady Gaga

Lady Gaga termasuk dalam deretan selebriti yang mengalami masalah dengan kesehatan mentalnya. Gaga menyampaikan kabar ini pada sebuah video wawancara. Ia mengatakan bahwa selama ini, ia menderita PTSD akibat pengalaman buruknya menjadi korban pelecehan seksual semasa ia kecil. Untungnya ia mendapatkan dukungan penuh dari keluarganya yang membuat ia bisa mengatasi kondisi ini, dibantu juga dengan meditasi dan obat-obatan. Awal tahun ini, Gaga juga mengumumkan bahwa ia akan beristirahat sejenak akibat kondisi Fibromyalgia yang dideritanya.

2. Jim Carey

Jim Carrey merupakan salah satu aktor dan komedian ternama yang telah berkarir di dunia hiburan selama lebih dari 40 tahun. Dibalik peran-perannya yang konyol dan berhasil membuat para penikmat film tertawa terbahak-bahak, Jim Carrey ternyata memiliki masalah dengan kesehatan mentalnya. Jim Carrey ternyata mengalami depresi yang sudah dideritanya sejak ia muda. Kondisi ini muncul jauh sebelum Jim Carrey tenar seperti sekarang. Merasa obat-obatan yang dikonsumsinya tidak berdampak apa-apa, Jim melawan kondisi ini dengan terus menyibukkan diri, berusaha menerima kondisinya, dan menghindari alkohol dan obat-obatan terlarang.

Baca juga: Perlu Disimak nih, Ini Manfaat Menyendiri untuk Menjaga Kesehatan Mental

3. Selena Gomez

Selena Gomez merupakan salah satu selebriti yang cukup terbuka mengenai masalah kesehatannya. Baik itu kesehatan fisik, maupun kesehatan mental. Setelah didiagnosa menderita penyakit Lupus pada tahun 2014 kemarin, Selena menjadi lebih peduli terhadap kesehatannya dan mulai melakukan serangkaian perawatannya. Pada tahun 2016, Selena yang sebelumnya masih aktif menggelar tur, memutuskan untuk beristirahat sejenak dari panggung ketenaran dan fokus pada kesehatannya terlebih dahulu. Ia mengambil keputusan tersebut karena menyadari bahwa penyakit lupus yang dideritanya bisa menimbulkan masalah kesehatan mental seperti anxiety disorder, panic attacks, dan depresi.

4. Demi Lovato

Demi Lovato merupakan salah satu penyanyi wanita yang mengalami permasalahan dengan kesehatan mentalnya. Pada tahun 2010, Demi Lovato menjalani rehabilitasi dan mendapatkan perawatan untuk gejalan depresi, bulimia, dan self-harm yang ia derita. Setelah melalui rangkaian perawatan untuk merawat kesehatan mental, di tahun 2016 Demi Lovato memutuskan beristirahat dari karir musiknya selama tahu 2017 dan memilih untuk mengadakan program penggalangan dana dan tampil pada anti-bullying campaign. Demi juga mengajak rekan selebriti dan siapapun untuk turut merawat kesehatan mental.

Baca juga: Wah, Selebriti Hollywood Ini Pernah Mengalami Gangguan Mental! Ini Cara Mereka Mengatasinya

5. Carrie Fisher

Carrie Fisher, aktris legendaris pemeran Princess Leia dalam film Star Wars, ternyata juga sempat mengalami gangguan mental. Ia didiagnosa menderita kelainan bipolar pada usia 24 tahun hingga mengalami overdosis obat-obatan dari resep dokternya. Pada saat itu, Carrie Fisher bahkan harus sampai dirawat di rumah sakit dalam beberapa waktu. Setelah menyadari kondisi yang dideritanya, ia memutuskan untuk belajar mengontrol dirinya dan memilih untuk mulai merawat kesehatan mental. Meskipun aktris legendaris ini sudah tutup usia di tahun 2016 akibat gangguan kondisi sleep apnea, namun hingga kini keberanian Fisher dalam mengungkapkan kondisinya kepada publik menjadi inspirasi bagi setiap orang untuk mau terbuka dan tidak menutup diri dengan kondisi kesehatan mereka.

Sumber Cover

PREVIOUS ARTICLE

Rekomendasi Cold Pressed Juice untuk Segarkan Tubuh Sekaligus Jaga Kesehatan

NEXT ARTICLE

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Anda Lakukan Saat Berlibur di Jepang

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

COMMENTS

2comments


  • ARVITA PRASETYANTI1 week ago

    please self awareness with mental health

  • ARVITA PRASETYANTI1 week ago

    please self awareness with mental health :)