ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Lifestyle

Tutup Usia Akibat Kecelakaan di Ruas Tol Tembalang, Berikut 5 Fakta tentang Sastrawan Nh. Dini

Dunia sastra Indonesia dirundung duka. Sastrawan senior yang memiliki nama lengkap Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin atau biasa dipanggil dengan Nh. Dini tutup usia. Penulis berusia 82 tahun ini dikabarkan mengalami kecelakaan di ruas tol Tembalang, Semarang, Selasa (4/12) pagi kemarin. Mobil taksi yang ditumpangi Nh.Dini ditabrak oleh truk yang mengalami kendala mesin dan berjalan mundur dalam kecepatan tinggi. Meski sempat dibawa ke rumah sakit, namun nyawa Nh. Dini tak dapat tertolong. Selain Nh. Dini, korban lain adalah supir taksi yang mengalami luka di bagian lengan.

Semasa hidup Nh. Dini dikenal sebagai salah satu sastrawan Indonesia yang juga dikenal melalui berbagai karyanya seperti Namaku Hiroko, Sebuah Lorong di Kotaku, Pertemuan Dua Hati, Pada sebuah kapal dan La Barka. Tak hanya menghasilkan karya, hasil tulisan Nh. Dini juga dianggap memiliki pengaruh yang begitu besar pada perkembangan sastra di Indonesia. Sambil mengenang kepergian sang sastrawan, berikut Beauty Journal hadirkan berbagai fakta mengenai Nh. Dini berikut ini.

1. Ibu dari kreator Minions

Tak hanya dikenal dalam dunia sastra, Nh. Dini juga dikenal sebagai ibu dari Pierre Coffin, pria yang berkecimpung di dunia animasi dan sinema yang juga dikenal berkat karyanya menciptakan karakter Minions. Semasa muda, Nh.Dini menikah dengan diplomat asal Perancis bernama Yves Coffin, pasangan ini dikaruniai 2 anak, yaitu Marie Claire Lintang Coffin serta Pierre-Louis Padang Coffin. Kedua putra dan putri Nh. Dini ini diketahui tinggal di kanada dan Perancis, sedangkan Nh.Dini memilih tinggal di Indonesia pasca berpisah dengan Yves.

2. Memilih Tidak Punya Rumah

Nh. Dini dikenal sebagai sastrawan yang sederhana. Bahkan di penghujung hidupnya Nh. Dini menjual asetnya dan lebih memilih hidup di wisma lansia. Sebenarnya kedua anak Nh. Dini menawarkan sang ibu untuk tinggal bersama, tetapi Nh. Dini lebih mencintai Indonesia dan berpikir untuk tidak menyusahkan orang lain dan memilih untuk tinggal sendiri.

3. Prinsip Hidup yang Kuat

Nh.Dini dikenal sesama sastrawan sebagai perempuan yang memiliki prinsip hidup kuat. Ketika merasa tidak memiliki kesamaan visi dan misi lagi dengan Yves Coffin, dengan berani Nh. Dini memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan bertahan hidup sendiri. Ada masa di mana Nh. Dini harus menjual barang-barangnya untuk bertahan hidup.

Tidak hanya soal sikap hidup, karya-karyanya juga menyuarakan prinsip hidup yang tangguh, terutama perkara emansipasi perempuan. Salah satunya adalah Pada Sebuah Kapal yang dinilai kritikus sastra Muhidin M. Dahlan sebagai salah satu dari 100 karya Indonesia yang harus dibaca sebelum mati.

4. Dekat dengan Sutan Takdir Alisjahbana dan WS Rendra

Kekuatan Nh. Dini dalam bercerita dan berkarya tidak hanya mempengaruhi para pembaca tetapi juga para sastrawan hebat. Dua di antaranya yang dikenal dekat dengan Nh. Dini adalah Sutan Takdir Alisjahbana dan WS Rendra. Bahkan istri terakhir Rendra juga mengakui kedekatan suaminya dengan Nh. Dini. Rendra kerap menggunakan karya-karya Nh. Dini untuknya berlatih teater. Demikian juga dengan Sutan Takdir yang sempat berkelakar memprotes Nh. Dini yang menikah dengan pria kebangsaan Prancis. Meskipun begitu kedekatan Nh. Dini dengan dua sastrawan besar tersebut tidak dikaitkan dengan ‘romansa’ tetapi sebatas hubungan dekat sebagai pemantik dalam berkarya.

5. Mendapat Penghargaan Sastra Seumur Hidup

Dalam ajang Ubud Writers & Readers 2017 lalu, Nh. Dini hadir sebagai salah satu pembicara utama. Dan dalam ajang ini pula, sang penulis mendapat penghargaan Lifetime Achievement Award yang sebelumnya diterima oleh sastrawan kenamaan (alm) Sitor Situmorang di tahun 2010. Selain itu Nh. Dini juga mendapat penghargaan sastra SEA Write Award dari pemerintah Thailand, serta berbagai penghargaan internasional lainnya. Selamat jalan Nh. Dini.

Baca juga: Butuh Bacaan Berkualitas Untuk Menghabiskan Akhir Pekan? Coba 5 Buku Nominasi Kusala Sastra Khatulistiwa Berikut

Sumber cover: Antara

PREVIOUS ARTICLE

7 Film Keluarga yang Selalu Tayang di Televisi untuk Menemani Libur Natal dan Tahun Baru

NEXT ARTICLE

Pilihan Tempat Kencan yang Cocok untuk Anda yang Memiliki Pasangan Introvert

RELATED ARTICLES

COMMENTS

6comments


  • Nadia Aruma1 month ago

    Salah satu sastrawan idola karena selalu suka baca karyanya ibu. Turut berduka 🙏

  • Ashila Fitra Hani2 months ago

    Innalillahi, turut berduka cita :(

  • Fendy Gusbiyantoro2 months ago

    Waktu SMA dan Kuliah selalu dapet tugas dari Novel beliau, innalillahi wainnailaihi rajiun.

  • sekar ayu shabrina2 months ago

    turut berduka cita:(

  • Silka Tria rezeki2 months ago

    innalillahi

  • Alin Ristana2 months ago

    Byk hal baik yg bisa di ambil dr Bu Nh Dini