ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Efeknya Mengerikan! Karena Ini Nih Anda Harus Rutin Mengganti Seprai dan Kasur

Setelah seharian beraktivitas, tidur memang rasanya menyenangkan ya. Berbaring di kasur dan memejamkan mata untuk melepaskan rasa lelah itu nikmatnya tak tertandingi, deh! Tetapi, yakinkah Anda jika kasur beserta bantal dan guling cukup bersih? Tidak semua yang tampak bersih itu benar-benar bersih lho, ladies. Pernahkah Anda mencari tahu ada berapa banyak bakteri yang terdapat di kasur dan peralatan tidur lainnya? Karena itulah, kalau Anda tidak rutin mengganti seprai, ini yang akan terjadi.

Sarang Tungau 

Saat tidur, terutama pada malam hari, sel-sel dalam tubuh kita melakukan perbaikan alami dengan mengganti sel kulit lama menjadi sel kulit baru. Otomatis, sel kulit pun membuang sel-sel kulit mati. Nah, sel-sel kulit mati ini bisa menumpuk di seprai sehingga menjadi sarang serangga mikroskopis yang bernama tungau. Tungau dengan jumlah yang banyak adalah penyebab alergi yang bisa menyebabkan kulit gatal-gatal dan bahkan asma.

Memicu Jerawat

Selain menjadi sarang tungau, kasur dan seprai yang jarang diganti juga bisa memicu timbulnya jerawat. Apalagi bantal dan sarung bantal Anda. Perlu diketahui bahwa bantal bisa dicuci dengan mesin cuci atau dengan teknik dry cleaning. Bantal yang dipakai bertahun-tahun tanpa pernah dicuci bisa menjadi tempat berkumpulnya debu, sel kulit mati, sisa rambut, dan sisa-sisa makeup. Hal yang sama juga bisa diakibatkan oleh sarung bantal yang jarang diganti.

Baca Juga: Punya Jerawat Punggung? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya!

Nyeri Saat Bangun Tidur

Kalau jarang mengganti bantal bahkan kasur, seringkali Anda tidak menyadari bahwa struktur bantal dan kasur sudah berubah. Kasur dan bantal yang menahan beban selama bertahun-tahun bisa mengempis dan kehilangan bentuknya. Hal ini juga bisa terjadi kalau Anda sering mencuci bantal. Menggunakan bantal dan kasur yang sudah tak berbentuk bisa menyebabkan masalah leher dan nyeri tulang punggung. Jadi, berhati-hati ya dan sering-seringlah mengganti bantal dan kasur!

Biang Kuman dan Jamur

Efek Buruk Tidak Rutin Mengganti Seprai 4

Saat tidur siang (atau pada malam hari, saat cuaca sedang panas), tentu ada keringat yang keluar dari kulit. Hal ini menjadikan kasur dan seprai menjadi lembap. Nah, kasur dan seprai yang lembab akan menjadi tempat favorit kuman dan jamur untuk berkembang biak. Kuman dan jamur biasanya akan mati dalam jangka waktu yang lama. Kalau dibiarkan, seprai Anda bisa menimbulkan bau tak sedap dan juga mengundang penyakit kulit.

 

Nah, sudah tahu kan apa saja dampak yang ditimbulkan jika Anda tidak rutin mengganti seprai bahkan perlengkapan tidur? Jika Anda sering terkena alergi dan jerawat di wajah, bisa jadi ini adalah salah satu penyebabnya. So, berhati-hati dan mari rutin untuk mengganti seprai dan peralatan tidur lainnya.

PREVIOUS ARTICLE

Penggemar Musik? Ini 5 Festival Musik Di Indonesia Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

NEXT ARTICLE

7 Pertanda Kalau Anda Sudah Bertemu Orang yang Tepat

RELATED ARTICLES

comments