ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Editors Review

Review Film: How to Train Your Dragon: The Hidden World, Babak Terakhir Trilogi yang Spektakuler

Salah satu tantangan pekerja kreatif, content creator, termasuk pembuat film adalah membuat karya yang lebih hebat dari karya-karya sebelumnya. Jelas tidak mudah, namun terbukti bisa dilakukan. Salah satu contohnya adalah film How to Train Your Dragon: The Hiddon World yang disutradarai dan skenarionya ditulis oleh Dean DeBlois

Bermula dari How to Train Your Dragon pertama yang muncul pada tahun 2010, How to Train Your Dragon 2 pada tahun 2014, kini, Anda disuguhkan babak terakhir yang spektakuler dari trilogi kehidupan penduduk Berk dengan naga-naganya pada awal 2019 ini.

Sinopsis Film

How to Train Your Dragon The Hidden World

How to Train Your Dragon: The Hiddon World dimulai dengan aksi Hiccup yang kini menjadi pemimpin Berk bersama Toothless, the Night Furry yang menjadi alfa untuk semua naga yang ada di desa itu. Bersama teman-temannya, Hiccup (Jay Baruchel) membebaskan naga-naga yang dibajak agar bisa hidup dengan damai bersama mereka di Berk. Namun, masalah yang muncul adalah Berk sudah kelebihan populasi. Jumlah penduduk dan naga yang semakin banyak menjadikan tempat mereka tidak lagi ideal untuk dihuni. Masalah berikutnya adalah semakin banyak naga yang dibawa ke Berk, semakin besar penghuni Berk berikut dengan naga-naganya menjadi mangsa empuk bagi para penjahat karena sudah berkumpul dalam satu tempat.

Saat mencari solusi untuk keluar dari masalah ini, Hiccup teringat untuk kembali membuka buku dan catatan yang ditinggalkan ayahnya. Dari situlah Hiccup ingin mencari The Hidden World, yang konon menjadi tempat tinggal para naga yang belum terjamah oleh manusia. Mungkin, jika tempat itu sungguh ada, dan bisa mereka temukan, semua warga Berk dan naga-naganya bisa hidup dengan tenang tanpa takut akan beragam ancaman.

Baca Juga: Review Film: Elliot the Littlest Reindeer, Film Animasi Keluarga yang Sarat Pesan Moral

Light Furry

How to Train Your Dragon The Hidden World

Kejutan juga muncul dengan “fakta” baru bahwa Toothless ternyata bukan satu-satunya spesies Night Furry yang masih hidup. Sudah bertahun-tahun spesies naga yang paling langka dan paling pintar ini dianggap punah karena hanya Toothless saja yang dianggap tersisa. Dinamika film semakin seru dan lucu karena ada Night Furry betina yang berpotensi menjadi pasangan Toothless, yang disebut sebagai Light Furry.

Kehadiran Light Furry inilah yang jadi salah satu daya tarik dari How to Train Your Dragon: The Hiddon World. Dari trailer-nya, Anda pasti sudah melihat tingkah konyol nan lucu Toothless saat berhadapan dengan Light Furry. Nah, ada porsi yang lebih lama untuk interaksi kedua naga ini di film-nya. Sayang sekali jika dilewatkan. Cuteness overload. 

Portret Transisi Anak ke Usia Dewasa

How to Train Your Dragon The Hidden World

Toothless dan Hiccup

Aspek yang patut dikagumi dan membuat film ini perlu ditonton adalah penggambaran akan proses dewasa yang dialami oleh Hiccup, bahkan Toothless. Hiccup yang kini menjadi pemimpin, mau tak mau harus bisa “membuka matanya” untuk bisa mengambil keputusan terbaik untuk kehidupan seluruh anggota Berk, juga para naga yang ada di sana. Ada momen di film ini yang menunjukkan Hiccup untuk berani berkompromi dengan menekan keinginan dan ketakutannya demi kebaikan semua.

How to Train Your Dragon The Hidden World

Menjadi dewasa butuh keberanian untuk melepas sesuatu yang sudah saatnya tidak lagi dalam genggaman. Ini yang digambarkan dengan sangat baik dari How to Train Your Dragon: The Hidden World. Perjalanan Hiccup untuk memimpin sukunya tidak mulus ataupun mudah. Hiccup pada akhirnya juga belajar untuk menerima dan menyadari bahwa naga adalah binatang liar yang memiliki insting, berbeda dengan manusia. Toothless sebagai alfa dari para naga juga dibutuhkan oleh naga-naga lain.

Peran Astrid (America Ferrera), Gobber (Craig Ferguson), Eret (Kit Harington), Tuffnutt (Justin Rupple), Ruffnutt (Kristen Wiig) juga tak kalah pentingnya bagi Hiccup, mereka membantu untuk melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda, mendorong untuk mengambil keputusan yang sulit, sampai menikmati kekonyolan yang terjadi di dalam hidup.

Film ini bukan semata-mata penuh dengan decak kagum dan tawa, karena saat melihat interaksi para Vikings dengan naga yang ditangkap, disiksa, atau bahkan digunakan seperti budak, otomatis saya pun jadi bercermin dan bertanya: Manusia, yang kerap merasa berdiri sebagai makhluk hidup superior, apakah masih punya hati untuk bisa menjaga habitat makhluk hidup lainnya? Apakah beberapa generasi setelah kita masih bisa mengenal dan melihat setidaknya sebagian dari makhluk hidup penghuni bumi ini?

Visual yang Spektakuler

How to Train Your Dragon The Hidden World

Dari segi visual, How to Train Your Dragon: The Hiddon World mengajak kita untuk hadir dan ikut menyelami dunia yang istimewa. Lebih dari 2.000 bagian unik dibuat untuk karakter yang ada, seperti pakaian, aksesori, gaya rambut. Dan bayangkan, ada 65.000 naga dalam satu scene bisa Anda saksikan dalam film ini! My jaw dropped. Serasa jadi ikut menyaksikan langsung penemuan-penemuan seru sekaligus mendebarkan saat menontonnya. Beberapa scene pertarungan memiliki efek visual yang membuat jantung berdetak lebih cepat, dan ada juga beberapa scene yang sangat memanjakan mata dengan keindahan bentuk dan permainan warnanya.

Secara keseluruhan, How to Train Your Dragon: The Hiddon World menjadi babak penutup yang memuaskan. Tak hanya untuk anak-anak, film ini juga bisa dinikmati untuk usia dewasa. Cerita dan plotnya sederhana, namun tetap bisa dikemas menarik dan sarat pesan yang saya rasa bisa jadi good reminder untuk kita semua. Anda bisa menyaksikan film ini di bioskop-bioskop Indonesia mulai 9 Januari 2018.

Baca Juga: Review Film: Bumblebee, Minim Aksi Namun Kisah yang Lebih Membumi

Dan berikut nama pemenang untuk artikel review film How to Train Your Dragon: The Hidden World: adelfitriaa, dan ayisputri.

Selamat kepada pemenang! Terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi, dan jangan lupa untuk terus mengikuti berbagai giveaway yang diselenggarakan Beauty Journal, ya!

PREVIOUS ARTICLE

Sedang Merencanakan Solo Traveling? Ini Spot yang Dapat Dikunjungi Agar Mendapat Teman Baru

NEXT ARTICLE

Hati-Hati! Berikut Tantangan Finansial yang Diprediksi akan Dihadapi di Tahun 2019 Berdasarkan Zodiak

RELATED ARTICLES

COMMENTS

4comments


  • Desti Wulandari2 months ago

    Seru banget film ini. Aku udah nonton yg pertam sma yg ke 2 nya... Ini film yg di tunggu2. Karena emang beneran bagus dan kerenn

  • Sri Rochayati2 months ago

    wah sebagus itu film ini....sukak bgt bgt ....

  • Valeria yuniarti tansil2 months ago

    gak sabar mau nonton :D

  • Alifia Salsabhilla2 months ago

    thanks for the review! Jadi penasaran sama filmnya hehe