ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Lifestyle

Review Film: First Man, Lika-Liku Perjalanan Hidup Neil A. Armstrong, Sang Manusia Pertama di Bulan

Kisah seputar perjalanan ruang angkasa memang menarik untuk dinikmati dalam bentuk film. Beberapa judul seperti Interstellar, Gravity, dan The Martian adalah beberapa film yang bercerita mengenai ruang angkasa dan sempat bertengger di puncak box office saat penayangannya. Dan di awal bulan Oktober ini, rumah produksi Universal Picture merilis sebuah film berjudul First Man yang diangkat dari kisah hidup astronot legendaris, Neil Armstrong. Kira-kira, mampukah film ini bersaing dengan film-film terdahulunya?

Sinopsis Film

first man

First Man merupakan film biografi yang bercerita tentang perjalanan tokoh astronot legendaris, Neil Alden Armstrong, dalam menjalankan misi NASA untuk mendaratkan manusia di bulan. Di film ini diceritakan bagaimana awal mula Neil Armstrong (Ryan Gosling) bisa direkrut oleh NASA, proses pelatihan apa saja yang perlu ia lalui, hingga bagaimana akhirnya ia menjadi manusia pertama yang berhasil menginjakkan kakinya di bulan.

Untuk menjalani misi yang disebut-sebut sebagai misi ruang angkasa paling berbahaya di masa itu, banyak sekali pengorbanan yang dilakukan oleh berbagai pihak. Baik dari NASA, Amerika serikat, hingga Neil Armstrong sendiri. Untungnya, seluruh usaha ini berbuah manis. Neil Armstrong akhirnya berhasil menjadi manusia pertama yang mendarat di bumi pada 20 Juli 1969.

Perjalanan Neil Armstrong Menjadi Astronot NASA

first man

Awal film First Man menceritakan mengenai kehidupan karir dan keluarga kecil Neil Armstrong. Kala itu, Neil Armstrong sedang mengupayakan kesembuhan putrinya, Karen, yang tengah berjuang melawan penyakit tumor yang dideritanya. Sayangnya, takdir berkata lain. Karen meninggal dunia di usianya yang masih berusia dua tahun. Peristiwa ini tentunya menjadi pukulan keras bagi Neil Armstrong.

Masih berduka akibat kehilangan putrinya, ditambah dengan impiannya menjadi astronot yang harus tertunda, tidak membuat Neil Armstrong patah semangat. Ia tetap berusaha mengejar impiannya dengan mendaftar sebagai konsultan pilot di NASA. Berkat kecerdasannya, Neil Armstrong berhasil diterima dan menjadi satu dari tujuh pilot teknisi yang dipilih untuk menerbangkan X-20.

Banyak percobaan yang berhasil membuat nama Neil Armstrong semakin dipandang oleh rekan kerja di NASA. Akhirnya, Deke Slayton (Kyle Chandler) memanggil Neil Armstrong dan menawarkan untuk bergabung dalam NASA Astronaut Corps sebagai bagian dari “New Nine”. Inilah awal perjalanan Neil Armstrong menuju bulan.

Film Tentang Sejarah yang Dikemas Secara Menghibur

first man

Dalam film ini, tidak ada peristiwa yang dilebih-lebihkan. Seluruh drama yang terjadi merupakan visualisasi dari apa yang terjadi di tahun kejadian sebenarnya. Meskipun berdurasi selama 2 jam 20 menit, film ini tidak terasa membosankan. Namun, sejujurnya hal yang menarik terletak di awal hingga pertengahan sebelum menuju akhir film. Karena tentu kita semua sudah tahu kalau pada akhirnya Neil Armstrong berhasil menjalankan misi dengan baik.

Kehadiran Ryan Gosling di film ini mungkin menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi Anda yang terbiasa melihat akting aktor berusia 37 tahun ini dalam film ber-genre romance. Namun, meski kisah di film ini berpusat pada sosok Neil Armstrong, kehadiran para pemain lain seperti Claire Foy (The Crown, Breathe, Season of the Witch) tetap tampil apik dan mampu menyeimbangi penampilan Gosling. Sehingga secara keseluruhan kisah First Man terasa cukup menghibur untuk terus disaksikan hingga usai. Secara keseluruhan, saya memberi nilai 7/10 untuk film ini.

Bagi Anda yang tertarik menyaksikan petualangan Neil Armstrong dalam menjalankan misinya, tak perlu lama menunggu karena film ini sudah tayang di bioskop kesayangan Anda sejak hari Rabu (10/10). Saya rasa tontonan ini cukup menarik untuk disaksikan bersama teman, kerabat, maupun keluarga.

Baca juga: Review Film : Venom, Kisah Anti-Hero yang Sebatas Menghibur

PREVIOUS ARTICLE

Dari Hollywood Hingga Lokal, Berikut 5 Film Biografi yang Layak Anda Nantikan Penayangannya

NEXT ARTICLE

Selesaikan Pekerjaan Rumah Tanpa Kehilangan Waktu Berkualitas bersama Keluarga di Electrolux Taste and Care Center

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

COMMENTS

5comments


  • Stella Agustine Nurhalim1 month ago

    Penasaran bgt sm filmnya dgn durasi yg cukup lama.

  • Anjani Pramudiasti1 month ago

    Woow penasaran!

  • Sheila Suryadinata2 months ago

    Baca deh kayaknya seru @rosiannasilaban @mochamadtaufan @adista_r

    • Adista Ramadhani2 months ago

      @sheilashl_ wow bisa mensyen

  • Nurkania Priyatna2 months ago

    Hi. Followback ya. Thank you :)

  • Fihan Al Asha2 months ago

    Penasaran nih pengan nonton