ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Lifestyle

Review Film: Crazy Rich Asians, Kisah Romantis dalam Gemerlap Kaum Jetset Asia

Mengikuti kesuksesan Novel karya Kevin Kwan berjudul Crazy Rich Asians yang rilis tahun 2013, sepertinya para sineas Hollywood tak ingin berlama-lama untuk bisa segera mengadaptasi kisah percintaan Rachel Chu dan Nick Young ke layar lebar. Hasilnya, Film Crazy Rich Asians pun dirilis oleh rumah produksi Warner Bros pada pertengahan Agustus 2018 lalu.

Serupa dengan kesuksesan novelnya, film yang disutradarai oleh John M. Chu ini berhasil meraup untung lebih dari $24 juta pada minggu pertama penayangannya di Amerika Serikat, sekaligus menjadikannya sebagai Box Office. Namun seberapa berhasilkah film bergenre rom-com ini menarik perhatian para penontonnya? Coba simak reviewnya di bawah ini, yuk!

Sinopsis Film

Hubungan Rachel Chu (Constance Wu) dan Nick Young (Henry Golding) tengah berada di fase bahagia. Setelah setahun menjalin hubungan, Nick merasa jika hubungan mereka pantas untuk lanjut pada tingkat yang lebih serius. Untuk itu, Nick mengajak sang kekasih bertemu dengan keluarganya di Singapura, alih-alih menghadiri pesta pernikahan kerabat mereka. Latar belakang keluarga Nick yang tak pernah diceritakan dengan gamblang, tak membuat Rachel ragu dan ia pun setuju untuk melakukan penerbangan selama lebih dari 18 jam, tanpa menyadari jika dirinya akan segera menjadi pusat perhatian seluruh keluarga Nick (atau jika tak dibilang berlebihan, seluruh warga Singapura).

Serupa dengan wanita pada umumnya yang merasa stres dan khawatir saat harus bertemu dengan keluarga besar kekasihnya, hal ini pula yang dirasakan oleh Rachel. Namun Rachel tak pernah mengira jika keluarga Nick memiliki latar super kaya dengan gaya hidup yang mungkin tak pernah dibayangkan Rachel sebelumnya. Di sinilah petualangan Rachel dalam menjelajahi kehidupan glamor kaum jetset Asia dimulai. Kisah ini pun jadi semakin menarik, karena Rachel harus bisa menghadapi sekaligus mendapat restu dari orang tua Nick yaitu sang ibu, Eleanor Young (Michelle Yeoh).

Dalamnya Makna Keluarga dalam Kultur Asia

Meriah. Itu satu kata yang bisa saya sebutkan saat menggambarkan suasana film ini. Selain sederet scene yang menggambarkan satu pesta ke pesta lain, film ini juga tak luput menggambarkan bagaimana masyakarat umum Asia begitu menyukai tampilan dekorasi yang megah nan glamor. Anda bisa melihatnya dari kehidupan keluarga Peik Lin Goh (Awkwafina) sahabat Rachel, yang memiliki keluarga humoris dan penuh perhatian.

Meskipun menampilkan kisah Rachel dan Nick sebagai sajian utama, Anda juga akan diajak untuk melihat permasalahan berbagai anggota keluarga Young yang lain, seperti Astrid (Gemma Chan), sepupu Nick yang memilih menikah dengan pria biasa. Serta beberapa sepupu lain yang tentunya memiliki problem hidup berbeda.

Di balik sajian romantisme antara Rachel dan Nick, yang hampir selalu akur dan menemukan jalan keluar dari tiap masalah mereka, film ini juga turut menghadirkan bagaimana pentingnya arti sebuah keluarga bagi masyarakat Asia. Mulai dari kedekatan orang tua dan anak, bagaimana anak tetap tinggal dengan orang tua sebelum mereka menikah, hingga kebiasaan untuk mengurus orang tua saat memasuki usia senja, daripada memasukkan mereka ke panti jompo. Kondisi ini secara tak langsung membuat sosok Rachel melihat hal berbeda yang tak pernah ia temukan sebelumnya. Karena meskipun berdarah Asia, tapi Rachel adalah seorang new yorker sejati, yang membuatnya biasa hidup mandiri dan jauh dari kehangatan keluarga besar.

Kisah Rom-Com Berkelas yang Segar dan Menghibur

Jika hanya menyimak premis utama film tentu kisah yang disajikan Crazy Rich Asians bukanlah kisah baru dan bisa Anda temukan dalam beberapa film asal Hollywood lainnya, sebut saja Why Him, Big Sick atau The Notebook yang mengangkat kisah soal hubungan percintaan yang tidak disetujui oleh orang tua salah satu pasangan. Namun tenang saja, Crazy Rich Asians memiliki berbagai formula lain yang pada akhirnya membuat kisah rom-com satu ini terasa lebih wow dan menarik.

Dimulai dari pemilihan para pemainnya, meskipun memasang nama Henry Golding yang tergolong baru di ranah Hollywood, tetapi Crazy Rich Asians memiliki beberapa nama aktor dan aktris besar berdarah Asia, seperti Michelle Yeoh (Crouching Tigger Hidden Dragon, Guardian of the Galaxy), Ken Jeong (Hangover, Transformer) Gemma Chan (Transformers: The Last Knight, Fantastic Beasts and Where to Find Them) serta Awkwafina (Ocean’s 8).

Selain pemain, dari segi kisah ada kultur Asia yang coba diangkat dalam film ini yang menjadikan Crazy Rich Asians sebagai tontonan menarik dan tampak segar bagi dunia perfilman Hollywood. Karena terakhir kali Hollywood coba mengangkat kisah keluarga Asia, kesuksesannya terjadi 25 tahun lalu saat film The Joy Luck Club rilis di tahun 1993.

Dengan modal yang mumpuni dari segi novel yang sudah lebih dulu sukses, deretan pemain hingga budaya Asia dan gaya hidup kaum jetset yang ditampilkan, membuat film ini bisa menjadi tontonan ringan berkelas yang berhasil mengubah stigma film rom-com sebagai kisah itu-itu saja yang rentan mengalami flop di saat rilis, karena dianggap punya kelas sebatas film televisi.

Bagi saya pribadi Crazy Rich Asians layak diberi nilai 7/10 karena berhasil menampilkan kisah romantis, tawa dan haru yang dikemas dalam sajian yang pas. Sebuah film yang sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: Review Film: The Meg, Teror Hiu Raksasa Megalodon yang Mendebarkan

PREVIOUS ARTICLE

Tips Mempersiapkan Liburan Babymoon yang Bebas Stres bagi Anda dan Pasangan

NEXT ARTICLE

Beragam Jenis Investasi yang Bisa Menjadi Pilihan Para Pemilik Gaji 1 Digit

RELATED ARTICLES

COMMENTS

9comments


  • Aulia Rizki1 month ago

    bagus banget filmya.. aku sukaa T_T

  • Risma Muppy1 month ago

    Belum nonton hiks

  • Celina Clarissa1 month ago

    Ga sabar pengen nontonn

  • Nabila Eflianda1 month ago

    wajibbb nnonton <3

  • adinda hermambang1 month ago

    mau nonton bangeettttt

  • Anisa Vitriana1 month ago

    aahhh, pengen nonton!!

  • Calvina Adrilia1 month ago

    wajib nntn!

  • Rachmadani Nurlaila Dewi1 month ago

    gasabar mau nonton!

  • Safira Irtika1 month ago

    asiiik banget