ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Merasa Mulai Mengalami Depresi Ringan? Pastikan 5 Hal Ini Ada Dalam Resolusi Tahun Baru Anda

Merasa hidup mulai tidak terkontrol? Beberapa bulan terakhir ini, apakah Anda hidup bagaikan zombie dan kini Anda mempertanyakan kewarasan diri sendiri? Meski Anda belum menyadari, sebenarnya mungkin Anda tengah mengalami depresi ringan. Dengan kata lain, kesehatan mental Anda mungkin tengah terganggu. Nah, mumpung hal ini belum masuk ke tahap serius (semoga tidak!), yuk atasi dengan segera. Jangan langsung berpikir kalau Anda harus menemui psikolog atau psikiater dan minum obat anti-depresi. Karena ada kemungkinan hal ini masih ringan, coba masukkan beberapa hal berikut sebagai bagian dari resolusi tahun baru Anda.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Ini Tanda-Tanda Anda Mengalami Depresi Ringan

Keluarkan Isi Kepala Anda

Stres pasti dialami tiap orang, namun yang membuatnya bertambah parah adalah ketika Anda menyimpannya sendiri dan tidak minta bantuan orang lain. Satu hal yang perlu Anda ingat, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Karena itu, perlakukan hal ini dengan setara. Ketika Anda merasa sedang mengalami masalah, ceritakan pada sahabat atau keluarga dekat. Meski mungkin kalian belum menemukan solusi, setidaknya beban pikiran sedikit berkurang. Kalau masih segan untuk bercerita, Anda bisa membeli buku khusus agar Anda tetap bisa menuangkan keluh kesah Anda.

Buat Rencana yang Realistis

Mungkin ada di antara Anda yang cenderung perfeksionis. Nah, tahukah Anda, kadang sifat atau pemikiran seperti ini yang membuat kesehatan mental Anda terganggu. Ketika mereka gagal mewujudkan rencananya yang sempurna, maka mereka biasanya menyalahkan diri sendiri dan tenggelam dalam stres mendalam. Jangan salah, bukan berarti punya pribadi perfeksionis bukannya buruk kok. Tak perlu mengubah diri, Anda hanya perlu memperbaiki rencana tahunan Anda. Dibanding target “punya tabungan 100 juta dalam setahun” namun gaji hanya 5 juta Rupiah sebulan, lebih baik Anda mengubah rencana dengan pendekatan berbeda. Buatlah target realistis, seperti “menabung minimal 30% dari gaji dalam sebulan” atau “punya penghasilan tambahan dari freelance atau investasi logam mulia”. Kalau target ini tercapai, Anda tak lagi terbebani secara pikiran. Nah, kalau mau lebih termotivasi dalam menyelesaikan target, Anda bisa cobe membuat Bullet Journal.

Baca Juga: Bullet Journal, Cara Kreatif Untuk Membuat Hidup Anda Lebih Teratur

Tidur yang Cukup

Tidur

Jangan tertawa dulu. Tidur merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh psikolog dari University of Hertfordshire bahwa rasa lelah dapat mengurangi kontrol diri. Jika hal ini terjadi, Anda memang lambat laun akan kesulitan dalam bidang pengaturan (entah itu dalam pekerjaan atau mengurus diri) karena daya konsentrasi yang berkurang. Rasa lelah dan hidup yang berantakan tentu akan membuat Anda stres bukan?

Baca Juga: Sulit Tidur dan Cenderung Insomnia? Coba 5 Tips Ini Agar Anda Bisa Tidur Lebih Cepat

Bergerak, Bergerak, dan Bergerak

Olahraga dan Diet Meghan Markle

Jalan kaki ke depan rumah dan menjemur baju jangan dimasukkan dalam hal ini ya. He he he… Maksud kami lebih kepada olahraga. Sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau berolahraga bisa mengurangi depresi. Bahkan, menurut American Journal of Psychiatry, berolahraga minimal satu jam seminggu sudah bisa mengurangi efek depresi. Hal ini terjadi karena adanya pasokan oksigen ke seluruh tubuh (termasuk otak) yang membuat pikiran lebih jernih. Lalu, adanya hormon endorfin yang sering disebut sebagai hormon happy. Yes, hormon ini membuat Anda senang! Jangan lupa juga untuk mendampinginya dengan makanan yang sama sehatnya ya.

Baca Juga: Malas Bergerak? Coba Dulu Tahapan Olahraga Berikut yang Hanya Butuh Waktu Kurang Dari 10 Menit!

Paksakan Diri Untuk Punya Me Time

Resolusi Tahun Baru Untuk Kesehatan Mental

Tak harus berlibur kok. Tiap orang punya konsep me time yang berbeda. Ada yang wajib liburan ke pantai, ada yang senang kalau bisa bermalas-malasan di rumah seharian, ada juga yang senang kalau bisa membersihkan rumah, ada juga yang bahagia ketika ke spa. Nah, beda-beda kan? Intinya sih, me time harus bisa membuat Anda santai, senang, dan membuat pikiran rileks. Coba ingat-ingat deh, berapa kali Anda melakukan me time tahun lalu? Sudah sepadan dengan kerja keras Anda? Hmmm… Karena ini masih tahun baru, yuk periksa kalender Anda dan rencanakan me time lebih banyak dari tahun lalu!

PREVIOUS ARTICLE

Ingin Mendapat Penghasilan Tambahan? Yuk, Mulai Bisnis Online Dengan 5 Langkah Mudah Berikut!

NEXT ARTICLE

Ethical Shopping, Belanja Cerdas Untuk Mewujudkan Dunia yang Lebih Baik

RELATED ARTICLES

COMMENTS

1comment


  • putri disa afiah1 month ago

    ????????