Guide

Mengenal Pre-Eclampsia, Kasus Kelainan Plasenta yang Menimpa Kim Kardashian

Kim Kardashian lagi-lagi mendapat sorotan dari media. Kali ini bukan karena style atau gebrakannya di dunia entertainment, melainkan karena bocornya foto surrogate mother atau ibu pengganti dari anak ketiganya. Kim Kardashian dan Kanye West memang sedang menantikan kelahiran anak ketiga mereka. Berbeda dari kedua anaknya yang lain, kali ini Kim dan Kanye memutuskan untuk menggunakan surrogate mother. Dengan program surrogacy, sang ibu penggantilah yang akan mengandung janin Kim dan Kanye hingga melahirkan. Namun, kenapa sih Kim dan Kanye sampai melakukan hal itu? Rupanya Kim memiliki masalah kesehatan yang cukup serius pada kehamilan pertama dan keduanya. Salah satunya adalah karena kondisi Pre-Eclampsia yang bisa mengancam keselamatan diri dan janinnya jika dia harus hamil lagi. Eh, tunggu, apa sih pre-eclampsia itu?

Apa Itu Pre-Eclampsia?

Pre-Eclampsia Kim Kardashian

Pre-eclampsia merupakan kondisi pada wanita hamil dan di saat tersebut, tekanan darah menjadi tinggi, kandungan protein di dalam urine tinggi, serta terjadi pembengkakan. Kondisi ini biasanya terjadi pada saat kehamilan mencapai usia lebih dari 20 minggu. Pre-eclampsia bisa berbahaya bagi ibu dan bayi jika tidak ditangani dengan baik. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi, seperti gagal ginjal, pendarahan otak, keguguran, pembengkakan paru-paru, kelahiran prematur, bayi kekurangan asupan oksigen dan makanan, bahkan bayi meninggal ketika dilahirkan.

Penyebab Pre-Eclampsia

Pre-Eclampsia Kim Kardashian

Penyebab pasti Pre-eclampsia belum benar-benar ditemukan. Meski begitu, ada beberapa hal yang cukup berpotensi memicu kondisi ini, termasuk faktor keturunan, diet, masalah pada pembuluh darah, serta penyakit auto-imun. Pre-eclampsia juga lebih sering terjadi jika kehamilan terjadi pada usia di atas 35 tahun atau justru terlalu muda, pada kehamilan dengan janin lebih dari 1, serta pada wanita dengan obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, dan masalah ginjal.

Gejala Pre-Eclampsia

Pre-Eclampsia Kim Kardashian

Wanita hamil yang menderita Pre-eclampsia mungkin ada yang tidak menunjukkan gejala-gejala khusus. Namun, ada juga yang memperlihatkan tanda-tanda, seperti pusing yang tak kunjung sembuh, pembengkakan pada wajah, kaki, dan tangan yang berlebihan, kenaikan berat badan secara tiba-tiba, gangguan penglihatan, urine yang sedikit, muntah darah, demam, buang air kecil disertai darah, mual dan muntah berlebihan, serta denyut jantung cepat. Untuk memastikannya, dokter perlu memeriksa tekanan darah, melakukan tes urine untuk mellihat kandungan protein di dalam urine, serta tes darah untuk mengetahui kadar enzim di dalam hati.

Cara Mengatasi Pre-Eclampsia

Pre-Eclampsia Kim Kardashian

Ketika kondisi Pre-eclampsia cukup serius, dokter biasanya akan menganjurkan untuk melahirkan jika umur janin sudah cukup. Namun jika belum, maka ibu hamil yang mengalami Pre-eclampsia harus bed rest, mengurangi asupan garam, lebih banyak minum air putih, dan rutin memeriksakan diri ke dokter. Dokter mungkin juga akan memberikan obat tertentu untuk membantu kondisi ini.

Jika Anda sedang mengandung dan mulai mengalami beberapa gejala seperti di atas, jangan dibiarkan saja dan meminum obat-obat standar atau melakukan terapi tradisional. Segeralah memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Baca Juga: Tubuh Kerap Alami Berbagai Masalah Pada Masa Kehamilan? Ini 5 Produk Perawatan yang Sebaiknya Anda Miliki

PREVIOUS ARTICLE

Mempengaruhi Kebahagiaan dan Kesehatan Mental, Ini Nih Pentingnya Anda Memaafkan Diri Sendiri

NEXT ARTICLE

5 Film Ini Bisa Memberikan Pelajaran Sekelumit Pahit Manisnya Kehidupan Pernikahan

RELATED ARTICLES

comments