Guide

Galau Karier Setelah Lulus Kuliah? Hati-Hati, Anda Mungkin Terkena Post-Graduate Syndrome

Lulus kuliah adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu mahasiswa. Anda kini bebas dari mata kuliah, belajar, skripsi, dosen, masa bimbingan, hingga magang. Anda kini siap terjun ke dunia nyata sebagai fresh graduate. Tapi tunggu, bukannya bersemangat, kok Anda mendadak jadi galau ya? Jika hal ini terjadi, mungkin saja Anda sedang terserang Post-Graduate Syndrome.

Sindrom ini memang terjadi tatkala Anda lulus kuliah dan dihadapkan pada kemungkinan yang terjadi di luar dunia perkuliahan. Sebenarnya, sindrom ini adalah salah satu bentuk stres, karena tuntutan hidup yang mungkin saja belum siap dihadapi oleh mahasiswa. Para mahasiswa ini dipaksa keluar dari zona nyaman dan berhadapan dengan kerasnya kehidupan, seperti masalah keuangan dan mencari pekerjaan yang tepat. Kekhawatiran berlebihan terhadap dunia setelah kuliah ini yang mengakibatkan stres yang menjurus pada Post-Graduate Syndrome. Di bawah ini adalah indikasi utama saat seseorang terkena Post-Graduate Syndrome. Cari tahu yuk, jangan-jangan Anda sedang mengalami sindrom ini?

1. Doyan Mampir ke Kampus

Post-Graduate Syndrome 1

Jika biasanya seseorang gagal move on dengan mantannya, kalau Anda punya sindrom ini, Anda gagal move on pada kampus Anda. Selalu saja ada alasan untuk mengunjungi kampus. Anda tak sengaja lewat daerah kampus atau Anda mengunjungi teman yang belum lulus dan mencari kesempatan untuk ngobrol. Kadang, Anda juga sengaja datang ke kampus dan membawakan camilan atau parsel khusus untuk dosen-dosen Anda.

2. Obrolannya Selalu Berkisar Kehidupan Kuliah

Sadar atau tidak, tiap kali Anda nongkrong bersama teman, obrolan Anda tak jauh-jauh dari kehidupan kuliah Anda yang dulu. Jika topiknya sudah ganti, Anda selalu mengaitkannya dengan teman kampus atau dosen di kampus atau kejadian seru saat Anda kuliah dulu.

3. Malas dan Takut Mencari Pekerjaan

Interview Kerja - Cover

Setelah lulus kuliah, idealnya seseorang harus mencari pekerjaan. Orang tua mungkin sudah selesai membiayai Anda dan kini Anda dituntut mandiri. Kenyataannya, hal ini tidak terjadi pada Anda. Selalu ada rasa enggan atau malas tiap kali Anda memikirkan kehidupan perkantoran. Kadang, ada rasa takut yang melanda karena Anda membayangkan ngerinya lingkungan pekerjaan. Ketakutan yang tak perlu ini jadi membuat Anda malas mencari pekerjaan dan tak bisa menentukan bidang pilihan Anda.

Baca Juga: 5 Jurus Jitu yang Akan Membuat Interview Kerja Anda Berakhir Sukses

 

Tenang, Post-Graduate Syndrome ini tak akan berlangsung selamanya. Ketakutan ini akan hilang dengan sendirinya ketika Anda memaksa diri Anda untuk terjun langsung ke dunia pekerjaan. Adaptasi yang dilakukan akan membuat Anda lebih percaya diri dan mengikis Post-Graduate Syndrome ini. Yuk, jangan bermalas-malasan jika Anda baru lulus kuliah. Sibukkan diri dengan mencari pekerjaan dan berbagai aktivitas lainnya.

PREVIOUS ARTICLE

Seminggu Diet, Seminggu Berhenti. Hati-Hati, Kebiasaan Diet Yoyo Ini Punya Efek Buruk Bagi Tubuh!

NEXT ARTICLE

5 Faktor Penyebab Kanker Leukimia Yang Tak Anda Sadari

RELATED ARTICLES

comments