Guide

Merasa Mudah Lelah dan Sering Marah? Jangan-Jangan Anda Punya 3 Pola Pikir Penyebab Stres

Setiap hari selalu ada saja ya yang membuat kita stress, mulai dari jalanan macet, ulah rekan kerja, sampai masalah keluarga. Apalagi saat semua masalah datang bersamaan, wah rasanya badan jadi mudah lelah, tidak semangat, dan akhirnya aktivitas malah jadi terhambat. Tapi, apakah Anda tahu kalau pola pikir kita dalam merespon dan mengatasi masalah juga ternyata sangat mempengaruhi tingkat stres? Artinya, kalau Anda sering merasa stres, ada kemungkinan Anda memiliki pola pikir penyebab stres tersebut. Hmm…. Anda pasti mau dong hidup terasa lebih ringan dan aktivitas berjalan lancar tanpa stres? Yuk, cari tahu 3 pola pikir penyebab stres dan cara menghilangkannya.

Baca Juga: Tak Perlu Stres, Ini Tips Menyikapi Atasan yang Gemar Menguji Kesabaran Anda

1. Pola Pikir Sibuk

Pola Pikir Penyebab Stres 1

Coba diingat-ingat deh. Saat ada yang bertanya apa yang sedang Anda lakukan, apa biasanya jawaban Anda? Apa Anda lebih sering menjawab dengan “saya sedang sibuk nih” meski hanya dalam perjalanan dari rumah ke kantor atau sedang melakukan hal yang tidak jelas tujuannya? Dengan pola pikir seperti ini, Anda akan perlahan membentuk diri Anda menjadi manusia sibuk yang selalu tertekan. Bahkan hal kecil pun bisa membuat Anda stres, karena Anda merasa tidak punya waktu untuk mengurusi hal lain. Banyak yang akan rugi dengan pola pikir ini, mulai dari diri Anda sendiri hingga hubungan Anda dengan orang lain, termasuk dengan keluarga dan pasangan,

Jadi, sebelum membuat orang terdekat kecewa dan membuat Anda tambah stres, lakukan hal berikut. Saat Anda merasa sibuk, coba berhenti sejenak dan lihat apa yang Anda kerjakan. Mulailah untuk membuat jadwal berdasar skala prioritas, agar hidup lebih teratur dan stres berkurang. Pada akhirnya Anda bisa melihat kalau sebenarnya Anda tidak sesibuk yang dibayangkan, dan ternyata memiliki cukup banyak waktu luang untuk melakukan hal lain.

2. Pola Pikir Perfeksionis

Pola Pikir Penyebab Stres 2

Ini juga menjadi salah satu penyebab stres kronis. Dari kacamata psikologi, perfeksionisme didefinisikan sebagai “sifat multi-dimensional yang dimiliki seseorang dalam mengejar kesempurnaan dan standar performa yang sangat tinggi, dan biasanya dibarengi dengan evaluasi hasil yang berlebihan”. Sebuah penelitian sudah membuktikan adanya hubungan antara sifat perfeksionisme tinggi dengan tingkat stres yang sangat tinggi. Mereka yang memiliki pola pikir perfeksionis biasanya mudah stres, gampang marah, dan sulit menerima kegagalan. Ups.

Pertanyaannya, apakah Anda tipe orang yang bisa stres karena melihat sesuatu tidak berjalan 100% sempurna sesuai dengan keinginan? Apakah kekurangan kecil bisa menjadi masalah besar yang membuat Anda kepikiran terus sampai tidak bisa fokus mengerjakan pekerjaan atau aktivitas lain? Lain kali saat Anda merasa seperti ini, ingatlah kalau kenyataan seringkali datang dengan berbagai kekurangan. Coba lihat kekurangan itu sebagai peluang untuk berimprovisasi dan menjadikan sesuatu lebih baik dari sebelumnya. Perlahan tapi pasti, Anda akan mulai menghadapi hidup dengan lebih ringan.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Pola Makan Seimbang Agar Tetap Cantik dan Ceria Untuk Anda Si Sibuk

3. Pola Pikir Kebal Stres

Pola Pikir Penyebab Stres 3

Merasa stres tak akan pernah hinggap di pikiran Anda? Tunggu dulu. Pemikiran seperti ini ternyata akan membuat Anda lebih sering terkena stres parah, lho. Jadi, daripada menganggap diri Anda kebal stres, lebih baik terapkan 3 langkah ampuh untuk menghilangkan stress ini. Pertama, Anda harus menyadari bahwa stres bisa memengaruhi siapa saja, serta punya risiko merusak fisik dan psikis. Kedua, Anda harus sadar bahwa stres muncul akibat respon Anda terhadap suatu masalah, dan ketahui bahwa Anda punya kemampuan untuk mengendalikan respon negatif menjadi energi positif. Terakhir, gunakan energi positif tersebut untuk mencari solusi untuk masalah yang dihadapi.

 

Nah, apakah Anda memiliki pola pikir seperti yang telah disebutkan di atas? Ayo mulai basmi pola pikir penyebab stress ini dan mulai nikmati hidup dengan perasaan senang dan pikiran tenang 🙂

PREVIOUS ARTICLE

Singkirkan Gejala PMS Yang Bikin Bete Dengan 7 Cara Sehat Ini!

NEXT ARTICLE

5 Aplikasi yang Wajib Ada di Smartphone Wanita. Sudah Download, Belum?

RELATED ARTICLES

comments