ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Pasangan Muda Sebelum Membeli Rumah

Rumah menjadi kebutuhan yang cukup penting ketika seseorang sudah berkeluarga. Siapapun pasti ingin memiliki rumah sendiri dibandingkan harus mengontrak rumah atau menumpang di rumah orang tua. Namun, ada hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah karena hal itu akan sangat berpengaruh pada keuangan. Membeli rumah secara KPR berarti Anda akan menanggung cicilan setiap bulannya selama bertahun-tahun ke depan. Jadi, pikirkan juga hal-hal berikut ini.

Ambil keputusan berdasarkan kemampuan finansial

Harga properti termasuk sebagai produk yang nilai pembeliannya akan terus melambung. kebutuhan untuk memiliki tempat tinggal sekaligus terbatasnya lahan membuat harga properti selalu meningkat setiap tahun. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus tergesa-gesa mengajukan KPR tanpa mempertimbangkan kemampuan finansial saat ini. Evaluasi pemasukan keluarga Anda hingga 3 atau 5 tahun ke depan. Berapa besar kemungkinan PHK atau salah satu dari pasangan tidak bisa bekerja (misal karena memiliki anak)? Apakah masih ada tanggungan hutang lain yang membebani? Apakah Anda sudah memiliki dana darurat? Tuliskan berbagai hal ini dan buat simulasinya agar Anda dan pasangan bisa mengetahui berapa besar biaya yang perlu dipersiapkan setiap bulan, serta berapa banyak pemasukan yang perlu dipersiapkan jika salah satu dari Anda tidak bisa memberikan penghasilan untuk sementara waktu.

Jangan membeli hanya karena harga murah

Ketika membeli rumah untuk pertama kalinya, banyak yang berpikir tidak apa-apa membeli rumah dengan harga yang lebih murah agar tidak membebani pengeluaran bulanan. Meskipun rumah tersebut mungkin tidak sesuai dengan yang diinginkan ataupun tidak ideal untuk keluarga mereka, yang penting memiliki rumah. Padahal, akan lebih menguntungkan kalau Anda mau menunggu sampai menemukan rumah yang ideal atau kondisi finansial mendukung. Tentukan rumah seperti apa yang ideal bagi keluarga Anda untuk saat ini dan beberapa tahun ke depan. Atau jika Anda ingin mendapatkan rumah murah tapi mendapatkan spesifikasi yang lebih baik, Anda bisa mencari rumah yang dilelang oleh bank karena kredit macet.

Tak ada salahnya memilih jangka waktu lama

Tak ada yang mau berlama-lama terbebani hutang. Lebih cepat lunas lebih baik. Daripada menanggung cicilan KPR 25 tahun, mendingan pilih 5 atau 10 tahun saja. Namun, bagaimana kalau ternyata kemampuan finansial Anda baru memungkinkan untuk jangka waktu yang lebih lama? Sebenarnya tidak apa-apa karena meskipun bunga yang dibayar lebih banyak, nilai propertinya pun akan naik. Apalagi, nilai uang saat ini pastilah berbeda dengan nilai uang 20 tahun lagi. Cicilan 3 juta yang sepertinya berat saat ini mungkin akan terasa jauh lebih ringan 15 tahun lagi. Tapi, perhatikan juga usia Anda karena biasanya bank memberi batasan maksimal usia kurang lebih 65 tahun sampai KPR lunas. Jadi, kalau Anda ingin memilih jangka waktu 25 tahun cicilan, usia Anda saat ini maksimal berada di angka 40 tahun.

Perhatikan lokasi

Lokasi tentunya juga hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah. Rumah di lokasi yang strategis pastinya akan mengalami peningkatan nilai yang signifikan. Namun bukan hanya itu alasannya. Pertimbangkan juga jarak antara rumah yang Anda pilih dengan tempat kerja atau lokasi sekolah anak-anak. Kalau jaraknya terlalu jauh, maka biaya dan waktu yang dihabiskan untuk transportasi pun juga semakin banyak.

Lakukan survei

Selain survei perumahan, lakukan juga survei produk-produk KPR dari berbagai macam institusi keuangan untuk menemukan skema yang cocok dan menguntungkan Anda. Perbedaan bunga, walau hanya sedikit, akan sangat berpengaruh mengingat Anda harus membayarnya setiap bulan selama bertahun-tahun.

Baca juga: Beli atau Kontrak Rumah? Yuk, Pertimbangkan Dahulu Sebelum Mengambil Keputusan

PREVIOUS ARTICLE

Cara Merayakan Hari Valentine untuk Anda yang Single Berdasarkan Zodiak

NEXT ARTICLE

Baru Saja Digelar, Berikut Ini 5 Fakta Menarik dari Ajang Grammy Awards 2019

RELATED ARTICLES

comments