ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Payudara Terasa Sakit? 5 Hal Ini Dapat Menjadi Penyebabnya!

Munculnya rasa sakit pada payudara pasti pernah dialami oleh para wanita. Jika pernah mengalaminya, Anda tak perlu cemas karena rasa sakit tersebut sebenarnya merupakan hal yang wajar. Apalagi payudara wanita telah mengalami banyak hal dan perubahan bentuk, seperti pada masa kehamilan dan menyusui. Namun, masih banyak wanita yang memiliki persepsi bahwa ‘jika mengalami rasa sakit di payudara, berarti mengidap kanker payudara’. Padahal, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit pada payudara. Berikut ini adalah lima di antaranya.

1. Memasuki siklus menstruasi

Payudara Terasa Sakit

Payudara terasa sakit menjelang siklus menstruasi? Tak perlu khawatir, hal ini wajar kok! Naik turunnya jumlah hormon pada saat menstruasi, dapat menyebabkan rasa nyeri pada beberapa area tubuh, termasuk juga di bagian payudara. Sampai saat ini, belum diketahui pasti hormon apa yang dapat menimbulkan rasa nyeri tersebut. Namun, beberapa hormon yang berkaitan dengan datangnya siklus menstruasi, seperti estrogen, progesteron, dan prolactin, dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening. Nah, hal inilah yang membuat Anda mengalami rasa sakit di bagian payudara.

2. Ukuran payudara yang besar

Ukuran payudara yang besar juga dapat menjadi penyebab Anda mengalami breast pain. Hal ini terjadi karena tertariknya salah satu jaringan, yaitu ligament, yang disebabkan oleh ukuran payudara Anda yang cukup besar atau berat. Saat tertarik, jaringan yang berfungsi untuk menjaga bentuk payudara agar tidak mudah kendur ini membuat payudara, leher, hingga pundak Anda terasa nyeri atau sakit. Untuk meminimalisir kemungkinan timbulnya rasa sakit tersebut, gunakanlah bra yang sesuai dengan bentuk dan ukuran payudara Anda.

3. Infeksi payudara

Payudara Terasa Sakit

Infeksi virus, bakteri, atau jamur juga dapat menjadi penyebab payudara terasa sakit. Beberapa contoh infeksi yang paling umum terjadi adalah Shingles dan MastitisPayudara yang terinfeksi dapat dikenali dari kondisi yang merah, bengkak, atau mengalami ruam, sehingga akan menimbulkan rasa gatal dan panas yang tidak nyaman. Jika mengalami hal tersebut, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan.

4. Kista pada payudara

Hal lain yang dapat membuat Anda mengalami rasa sakit di bagian payudara adalah kista. Umumnya, kista payudara kerap terjadi pada wanita berusia 35 tahun ke atas. Kista merupakan sebuah benjolan berisikan cairan yang terbentuk karena terjadinya penyumbatan dalam suatu jaringan di payudara. Semakin banyak cairan yang terdapat dalam kista, semakin besar pula ukuran benjolan payudara Anda. Nah, besarnya benjolan tersebut, dapat menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada payudara Anda.

5. Kanker Payudara

Payudara Terasa Sakit

Walaupun memiliki kemungkinan yang kecil dan sangat jarang terjadi, rasa sakit pada payudara juga dapat disebabkan oleh kanker payudara. Namun, bukan berarti hal ini menjadi satu-satunya ciri dari kanker payudara, ya! Ada beberapa hal lain, seperti terjadinya perubahan pada bentuk dan ukuran payudara, munculnya ruam di sekitar payudara, hingga keluarnya susu dengan lumuran darah yang lebih patut dicurigai sebagai ciri kanker payudara.

Baca Juga: Tidak Boleh Asal! Ini yang Bisa Terjadi pada Tubuh Jika Melakukan Diet Karbo Secara Berlebihan

PREVIOUS ARTICLE

Yuk, Cari Tahu Karakter Gebetan Anda dari Genre Musik Favoritnya!

NEXT ARTICLE

4 Tes Kesehatan yang Perlu Dilakukan Secara Rutin oleh Para Wanita

RELATED ARTICLES

comments