ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Punya Kulit Leher Gelap? Yuk, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya di Sini!

Memiliki kulit yang cerah, halus, dan juga mulus merupakan dambaan setiap wanita. Oleh karena itu, jangan heran jika para wanita kerap memiliki bujet khusus setiap bulannya untuk melakukan perawatan kulit atau sekedar berbelanja produk skin care guna menunjang penampilan. Sayangnya, sebagian besar wanita terlalu fokus merawat area wajah, sehingga kerap mengabaikan area kulit lainnya. Sebut saja leher, area tubuh yang seringkali terabaikan sehingga terlihat menua, kusam, dan juga lebih gelap dari area kulit lainnya. Selain disebabkan oleh tumpukan sel kulit mati, kulit leher yang menggelap ternyata juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor lain. Yuk, cari tahu apa saja penyebab kulit leher menggelap dan bagaimana cara mengatasinya lewat artikel berikut ini!

Penyebab Kulit Leher Gelap

Kulit Leher yang Gelap

Secara umum, kulit leher yang menghitam biasanya disebabkan oleh tumpukan sel kulit mati, debu, serta kotoran yang menempel pada kulit atau yang biasa dikenal dengan sebutan daki. Jika tidak dibersihkan secara berkala, tentunya daki semakin lama akan semakin menumpuk, sehingga menyebabkan kulit tampak gelap dan menghitam. Meski begitu, rupanya daki bukanlah satu-satunya penyebab kulit leher jadi gelap dan menghitam. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit leher yang menghitam, antara lain:

  • Faktor kebersihan yang buruk: Yakni dengan tidak membersihkan leher secara teratur sehingga menghasilkan kulit leher yang gelap.
  • Sering terpapar sinar matahari dalam waktu lama: Paparan sinar matahari dalam jangka panjang dapat menyebabkan kulit jadi terbakar. Jika terlalu lama dibiarkan, kulit leher akan menghitam akibat hiperpigmentasi.
  • Efek samping dari penggunaan obat tertentu:  Kulit leher yang gelap juga bisa diakibatkan oleh efek samping dari penggunaan obat tertentu.
  • Penyakit: Beberapa jenis penyakit rupanya juga bisa membuat tampilan kulit leher jadi lebih gelap. Misalnya saja, obesitas atau obesitas. Pada penderita diabetes, bercak kulit berwarna gelap yang muncul di area belakang leher terjadi pada lapisan epidermis kulit. Kondisi yang biasa disebut dengan istilah medis Acanthosis Nigricans umumnya disebabkan oleh adanya gangguan insulin pada penderita diabetes tipe 2.

Baca Juga: Kerutan Pada Leher Semakin Terlihat Jelas? Faktor Berikut Ini Dapat Menjadi Penyebabnya!

Cara Mengatasi Kulit Leher yang Gelap

Kulit Leher yang Gelap

Meski tidak terlalu terekspos layaknya wajah, kulit leher yang lebih gelap tentunya dapat mengganggu penampilan. Apalagi, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, kondisi kulit leher yang gelap kini dapat diatasi dengan perawatan tertentu. Misalnya saja melalui pengobatan yang menggunakan bahan-bahan alami atau produk skin care tertentu yang diformulasikan khusus untuk mengatasi hiperpigmentasi. Jika tertarik untuk mencerahkan kulit dengan cara tradisional, Anda dapat mengoleskan perasan buah lemon yang dicampur dengan air mawar. Sebagaimana yang telah diketahui, lemon kaya akan vitamin C yang bermanfaaat untuk mencerahkan kulit.

Jika perawatan dengan menggunakan bahan alami sudah dilakukan, jangan lupa juga untuk memerhatikan bagian leher saat mandi. Bersihkan area tersebut dengan sabun secara teliti saat mandi. Kemudian, gunakan scrub yang lembut untuk mengeksfoliasi leher dari tumpukkan sel kulit mati minimal satu hingga dua kali dalam seminggu. Sebagai bentuk perlindungan maksimal, aplikasikan sunscreen pada area leher sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan. Namun, jika kulit leher gelap disebabkan oleh kelebihan berat badan atau obesitas, tentunya Anda perlu mengontrol berat badan sebagai upaya utama untuk mencerahkan kulit sekaligus menjaga kesehatan. Anda dapat memulai dari mengatur pola makan yang lebih sehat, berolahraga secara teratur, serta menghindari untuk mengonsumsi makanan yang tinggi lemak.

Baca Juga: Mengalami Jerawat Leher? Ketahui Lebih Lanjut Mengenai Penyebab dan Cara Menanganinya

PREVIOUS ARTICLE

Ini Dia! 5 Tips Belanja Lebih Hemat yang Harus Diketahui para Shopaholic!

NEXT ARTICLE

3 Konsep Pernikahan Unik yang akan Membuat Pesta Pernikahan Anda Berkesan Tanpa Menguras Tabungan

RELATED ARTICLES

QC Content at BeautyJournal

COMMENTS

4comments


  • Umay Azizah1 week ago

    Cocok buat kulit indonesia

  • Hilda Amanah2 months ago

    👍👍

  • Sharon Priskila Adi Kusuma3 months ago

    makasih infonyaa

  • Siti Nafatul Marwah3 months ago

    wew