Guide

Jangan Sepelekan Penyakit Gusi! Cari Tahu Dahulu Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Apa yang Anda lakukan saat menemukan sedikit darah pada tubuh? Anda pasti akan sedikit panik dan mencari penyebab dari munculnya darah tersebut. Sayangnya, hal ini tidak dipedulikan banyak orang jika darah tersebut berasal dari gusi saat sedang menggosok gigi. Padahal, gusi yang berdarah dapat menjadi tanda Anda mengidap penyakit gusi, lho! Penyakit gusi sangat beragam tingkatannya, mulai dari radang ringan, hingga penyakit serius yang dapat menyebabkan rusaknya jaringan pengikat gigi dan menyebabkan gigi menjadi tanggal. Penyakit ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Akibatnya, seseorang belum tentu menyadari jika ia mengidap penyakit gusi.

Penyebab Penyakit Gusi

Penyakit Gusi

Pada dasarnya, mulut kita dipenuhi oleh bakteri. Bakteri-bakteri ini akan terkumpul dan membentuk lapisan lengket tak berwarna yang biasa disebut dengan ‘plak’. Plak dapat dihilangkan dengan sikat gigi yang disertai dengan flossing. Namun, terkadang ada sisa plak yang tertinggal dan lama-kelamaan membentuk lapisan karang gigi. Jika sudah membentuk karang gigi, Anda membutuhkan bantuan profesional untuk membersihkannya.

Semakin lama plak dan karang gigi dibiarkan, semakin buruk dampak yang diakibatkannya. Bakteri yang terkandung dapat menyebabkan radang pada gusi yang disebut dengan gingivitis. Penyebab utama dari penyakit pada gusi memang berasal dari bakteri pada mulut, namun ada faktor lain yang dapat memicu terjadinya pernyakit ini. beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab penyakit gusi antara lain adalah kebiasaan merokok, faktor genetik, gigi yang berantakan, diabetes, dan pengaruh obat-obatan.

Baca Juga: Selain Menggosok Gigi, Cegah Bau Mulut Dengan 5 Cara Berikut Ini

Gejala Penyakit Gusi

Penyakit Gusi

Penyakit gusi umumnya diidap seseorang yang berada pada usia 30-40 tahun dan lebih umum diidap oleh pria dibandingkan dengan wanita. Namun, bukan berarti orang yang berada di usia tersebut tidak memiliki risiko terkena penyakit gusi. Pada usia-usia muda, seseorang mungkin mengalami gingivitis terlebih dahulu sebelum akhirnya berubah menjadi semakin parah. Ada banyak ciri yang dapat menunjukkan bahwa seseorang mengidap penyakit gusi. Jika Anda mengalami hal-hal di bawah ini, segera hubungi dokter, ya! Berikut ini adalah beberapa gejalanya.

  • Bau mulut yang tidak bisa hilang
  • Gusi yang berwarna merah dan membengkak
  • Gusi yang menjadi lunak dan berdarah
  • Timbul rasa sakit saat mengunyah
  • Gigi berubah menjadi sensitif

Cara Mencegah Penyakit Gusi

Penyakit Gusi

Tujuan utama dalam menangani dan mencegah penyakit gusi adalah berhasil mengontrol infeksi agar tidak semakin parah. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan, mulai dengan yang bisa Anda lakukan sendiri hingga yang membutuhkan tangan profesional. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menangani penyakit pada gusi.

  • Pelajari cara menggosok gigi dan flossing dengan baik dan benar. Hal ini mungkin terdengar sederhana, tetapi kebersihan mulut dan gigi memanglah kunci agar Anda terhindar dari penyakit gusi. Coba lebih peka lagi dengan cara Anda menggosok gigi agar gigi benar-benar bersih. Selain itu, mulailah kebiasaan flossing atau membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi.
  • Rajin memeriksakan diri ke dokter gigi. Sejak kecil, Anda pasti sudah dianjurkan untuk memeriksakan gigi dengan rutin setidaknya 6 bulan sekali. Hal ini memang sangat penting untuk mencegah segala penyakit yang mungkin terjadi. Jika Anda sudah terlanjur mengidap penyakit gusi, kunjungan sebaiknya lebih sering misalnya 3 bulan sekali, atau sesuai kebutuhan.
  • Pembersihan secara mendalam oleh dokter. Mulai menyadari adanya lapisan plak dan karang gigi? Segera lakukan pembersihan secara mendalam oleh ahlinya. Dengan rutin melakukan deep cleaning, karang gigi akan hilang dan pembentukannya juga dapat dicegah.

Baca Juga: 3 Cara Memutihkan Gigi yang Bisa Anda Coba

PREVIOUS ARTICLE

5 Trik Efektif Membuat Anggaran Keuangan Untuk Anda yang Bergaji Pas-Pasan

NEXT ARTICLE

Mau Lebih Cerdas Finansial Di 2018? Follow Dulu 5 Perencana Keuangan Muda Ini

RELATED ARTICLES

  • Waspadai Bahaya Difteri yang Mengancam Keselamatan Anda! Ketahui Penyebab dan Cara Penularannya di Sini

    […] Baca Juga: Jangan Sepelekan Penyakit Gusi! Cari Tahu Dahulu Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya […]

COMMENTS1 comments