Guide

Sering Melupakan Sesuatu? Waspada Alzheimer, Penyakit yang Akan Membuat Anda Lupa Segala Hal

Jika Anda adalah penggemar berat serial televisi “Grey’s Anatomy”, mungkin Anda sudah familier dengan penyakit Alzheimer yang diidap ibu dari Meredith Grey. Penyakit ini membuat sang ibu tidak bisa mengingat dan mengenali putrinya sendiri. Tentu sangat menyedihkan jika orang yang Anda sayangi tidak bisa mengingat dan mengenali Anda, bukan? Padahal, penyakit Alzheimer tidak hanya ada di film-film, melainkan benar-benar ada pada kehidupan nyata. Gejala awalnya pun cukup sepele, lho, yaitu sering melupakan sesuatu! Sebenarnya, Alzheimer itu penyakit apa, sih?

Mengenal Alzheimer dan Penyebabnya

(SUMBER FOTO) Allie, karakter dalam film “The Notebook” yang mengalami Alzheimer dan melupakan pujaan hatinya.

Alzheimer adalah kondisi kelainan, yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara (demensia), serta adanya perubahan perilaku akibat gangguan di otak yang bersifat progresif, atau perlahan-lahan. Mulanya, penderita Alzheimer akan mengalami gangguan daya ingat, seperti melupakan nama benda, tempat, atau kejadian atau percakapan yang belum lama ini terjadi. Namun, seiring berjalannya waktu, gejala Alzheimer akan semakin meningkat. Beberapa contohnya meliputi sulit berbicara, sulit mengingat dan mengenali orang, disorientasi atau tersesat karena lupa jalan dan tempat, hingga mengalami gangguan kecemasan dan penurunan suasana hati. Kepribadian penderita Alzheimer pun akan berubah menjadi mudah curiga, menuntut, bahkan agresif.

Baca Juga: Mulai Sering Lupa? Duh, Jangan Dibiarkan Saja. Ayo Siasati dengan Tips Berikut!

Nah, yang menjadi penyebab penyakit Alzheimer sebenarnya adalah faktor pembawaan gen. Seseorang dengan keturunan gen Alzheimer memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengidap Early Onset Alzheimer atau Alzheimer dini pada usia 30, 40, atau 50 tahun. Selain gen, ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer, di antaranya adalah usia di atas 65 tahun, pola makan yang kurang sehat, merokok, memiliki tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi serta mengidap diabetes. Hingga saat ini, belum ada penelitian pasti apakah Alzheimer dapat menular atau tidak. Sayangnya, hingga saat ini juga Alzheimer belum ditemukan penyembuhannya.

Diagnosis, Pencegahan, dan Film yang Mengisahkan Penderita Alzheimer

(SUMBER FOTO) Alice, karakter dalam film “Still Alice” yang mengidap Alzheimer dan tidak bisa mengingat jalan pulang ke rumahnya.

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui apakah seseorang yang sering lupa memiliki Alzheimer atau tidak? Untuk memastikan adanya penyakit Alzheimer pada seseorang, dapat dilakukan pemeriksaan melalui CT Scan atau MRI. Meskipun memang belum ditemukan obatnya, namun penderita Alzheimer dapat berusaha memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dengan menjaga pola makan dan rutin melakukan olahraga otak. Menurut riset, makanan yang banyak mengandung Omega-3 dapat membantu mengurangi perkembangan Alzheimer, contohnya adalah salmon, tuna, ikan kembung, serta rumput laut dan minyak ikan.

Untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, di antaranya adalah mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, berhenti merokok, serta menjaga agar otak tetap aktif bekerja. Beberapa hal simpel seperti bermain sudoku, teka-teki silang, atau origami dapat membantu agar otak tetap aktif, lho! Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter. Jika Anda ingin melihat lebih jauh mengenai Alzheimer, Anda bisa menonton beberapa film yang menceritakan penyakit ini, seperti “Still Alice”, “The Notebook”, “Away From Her”, serta serial televisi “Grey’s Anatomy”.

(SUMBER FOTO COVER)

PREVIOUS ARTICLE

Ngefans Dengan Aktor Muda Jefri Nichol? Ini 5 Fakta yang Harus Anda Ketahui!

NEXT ARTICLE

Jenis Diet yang Sedang Happening: Diet CICO. Bagus Untuk Menurunkan Berat Badan?

RELATED ARTICLES

  • Cara Melatih Otak Secara Mudah, Bahkan Untuk Anda yang Mager Sekalipun!

    […] Meskipun tidak benar-benar tumpul secara harfiah, tapi beberapa penyakit terkait otak seperti Alzheimer dapat dicegah jika otak Anda tetap aktif bekerja, lho! Agar otak aktif bekerja, tidak berarti Anda […]

COMMENTS1 comments