Guide

Mempengaruhi Kebahagiaan dan Kesehatan Mental, Ini Nih Pentingnya Anda Memaafkan Diri Sendiri

Pernahkah Anda merasa menyesali sesuatu dan tak bisa memaafkan diri Anda sendiri karena hal tersebut? Perasaan bersalah sebenarnya adalah hal yang wajar dan perlu agar kita tidak melakukan kesalahan yang sama. Namun, hal itu bisa berdampak negatif jika terlalu berlarut-larut. Tak hanya merusak diri sendiri, rasa bersalah yang berlebihan pada diri sendiri juga akan berpengaruh pada orang-orang yang kita cintai karena kita menjadi lebih tertutup, menarik diri, dan terlalu kritis. Bahkan, hal itu juga bisa memicu gangguan kesehatan, seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, serta depresi. Jadi, segera atasi rasa bersalah Anda dengan cara-cara berikut ini.

Lakukan Dua Tahap Memaafkan Diri Sendiri

Pertama, maafkanlah diri kita sendiri atas kesalahan yang sudah kita lakukan. Jika Anda pernah melukai perasaan orang lain atau melakukan kesalahan di tempat kerja, maafkanlah diri sendiri terlebih dahulu. Lalu, kita juga harus bisa menerima bahwa kita adalah manusia dengan berbagai perasaan yang rumit yang tidak selalu bisa kita kontrol. Jika Anda bisa melatihnya, Anda tidak akan terjebak lagi di dalam rasa bersalah.

Belajar Empati Pada Diri Sendiri 

Teman Selingkuh 2

Berempati kepada orang lain seringkali lebih mudah dibandingkan berempati pada diri sendiri. Padahal hal itu tak kalah pentingnya. Anda perlu melihat kesalahan sendiri dan menyadari bahwa saat itu Anda sudah mengusahakan yang terbaik dengan segala yang Anda miliki.

Perbaiki Kesalahan

Daripada terus menerus merasa bersalah, lebih baik Anda melakukan hal baik pada mereka yang telah Anda sakiti. Misalnya, Anda merasa bersalah karena tidak memiliki waktu untuk keluarga, Anda bisa menebusnya dengan memasak makanan spesial seminggu sekali. Begitu juga dengan kegagalan dalam menyelesaikan tugas kantor, Anda bisa menebusnya dengan melatih skill Anda agar lebih andal lagi. Bukannya menyesal terus-menerus.

Realistislah

Perasaan bersalah juga sering datang karena kita kurang realistis. Menyesal tidak bisa membelikan mainan idaman si kecil yang harganya mahal tidaklah realistis ketika ada kebutuhan lain yang lebih penting. Anda harus bisa mengenali harapan-harapan Anda sendiri yang kurang realistis agar tidak terperangkap pada rasa bersalah.

Gunakan Kata-Kata Positif

Memaafkan Diri Sendiri

Penting juga untuk selalu memberikan kata-kata yang positif pada diri kita sendiri. Misalnya saja, “aku memang salah, tapi aku sudah berusaha memperbaikinya,” atau “manusia tempatnya salah, tidak apa-apa menjadi manusia biasa.” Anda pun bisa membuat kata-kata positif versi Anda sendiri.

Baca Juga: Bikin Salah dan Takut Minta Maaf? Tenang, Zodiak Berikut Punya Karakter yang Sangat Pemaaf!

PREVIOUS ARTICLE

Bebas Junk Food, Ini 3 Rekomendasi Tempat Makan Enak Tanpa 'Rasa Bersalah'

NEXT ARTICLE

Mengenal Pre-Eclampsia, Kasus Kelainan Plasenta yang Menimpa Kim Kardashian

RELATED ARTICLES

comments