ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

4 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menjadi Pemilih Cerdas Jelang Pemilu

Dalam hitungan hari, Pemilu 2019 akan segera dilaksanakan secara serentak di Indonesia. Sudah menentukan pilihan Anda? Atau masih bingung karena belum kenal dengan para calon? Agar hak suara Anda tidak sia-sia, pastikan kesempatan memilih ini digunakan dengan sebaik mungkin. Caranya adalah dengan menjadi pemilih yang cerdas! Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menjadi salah satunya.

Gunakan Hak Pilih Anda

Pemilu

Jangan meremehkan suara Anda. Perbedaan satu suara pun bisa membawa pengaruh yang sangat besar, lho! Pemilu merupakan kesempatan bagi Anda untuk memilih calon pemimpin dan pejabat pemerintahan negara. Artinya, masa depan kita dan negara berada di tangan kita sendiri. Jika memilh untuk bersikap apatis, bisa-bisa tanggung jawab ini jatuh ke orang yang salah. Tidak mau kan hal ini terjadi?

Kenali Para Calon Berikut dengan Visi Misinya

Pemilu

Kalau untuk calon presiden, kebanyakan dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan riwayat dan visi misi calon pasangan. Lalu, bagaimana dengan para calon legislatif? Kebanyakan dari kita mungkin kurang familiar atau bahkan sama sekali tidak mengenal para calon legislatif. Ujung-ujungnya, malah memilih untuk mencoblos dengan asal dan satu suara pun terbuang sia-sia.

Untungnya, sekarang sudah ada beberapa situs yang memungkinkan kita untuk mengecek profil dan rekam jejak para calon legislatif yang mengikuti Pemilu. Beberapa di antaranya adalah Pintarmemilih.idJariungu.comCalegpedia.id, dan Iklancapres.id.

Teliti dalam Menerima Informasi

Pemilu

Seperti yang dikatakan pada poin sebelumnya, kita memang perlu mengenal para calon eksekutif dan legislatif yang mengikuti Pemilu 2019. Namun, bukan berarti Anda dapat menelan informasi secara mentah-mentah. Di era digital seperti ini, berita bohong atau hoax sangat mudah sekali beredar. Tak jarang juga berita tersebut berisikan keburukan para calon. Maka itu, sebelum menerima informasi, pastikan untuk cek kebenarannya terlebih dahulu, ya!

Ketahui Mekanisme Pemilu

Pemilu

Yang terakhir, tetapi tak kalah penting adalah ketahui mekanisme Pemilu. Jangan sampai, proses pemilihan jadi terhambat atau suara menjadi tidak sah hanya karena Anda kurang memahami meknismenya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan:

  • Pastikan nama Anda terdaftar sebagai pemilih.
  • Cari tahu cara mencoblos yang benar, yaitu satu kali dan di dalam garis.
  • Ketahui lima jenis surat suara yang Anda dapat, abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden, kuning untuk DPR RI, biru untuk DPRD Provinsi, hijau untuk DPRD Kota/Kabupaten, dan merah untuk DPD RI.
  • Terakhir, jangan lupa untuk datang ke TPS pada tanggal 17 April 2019, ya!

Baca juga: Najwa Shihab: 17 April 2019 Generasi Muda Harus Menentukan Keberpihakan. Jangan Main Aman apalagi Netral

PREVIOUS ARTICLE

Kelebihan Memiliki Pasangan dengan Karakter INTP yang Cerdas dan Kreatif

NEXT ARTICLE

Segera Tayang, Ini 5 Fakta Menarik Film 'Avengers: Endgame' yang Tak Boleh Anda Lewatkan

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

comments