ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Lifestyle

Yuk, Coba Lakukan Hal Ini di Pagi Hari untuk Meringankan Rasa Cemas

Kecemasan bisa dirasakan oleh siapa saja dan kapan saja. Di saat-saat tertentu, mungkin saja rasa cemas sudah mulai melanda sejak Anda bangun tidur di pagi hari. Hal ini biasanya terjadi jika ada kejadian tidak mengenakkan di hari sebelumnya atau ada sesuatu yang harus Anda hadapi di hari tersebut sehingga membuat Anda merasa cemas. Jika hal ini terjadi berulang kali, tentunya akan mengganggu ketenangan jiwa dan produktivitas Anda. Rasa cemas tak seharusnya menjadi penghalang bagi diri Anda sendiri. Untuk meringankan rasa cemas agar tak selalu datang setiap hari, cobalah lakukan hal-hal di bawah ini. Jika dilakukan dengan rutin setiap pagi, Anda akan bisa menjalani aktivitas dengan lebih tenang dan lebih fokus sepanjang hari.

Bersyukur

Ketika perasaan Anda sudah digeluti dengan rasa cemas, akan sulit untuk mengubah pikiran dan perasaan menjadi positif. Oleh sebab itu, pikirkanlah satu hal untuk disyukuri dari hidup Anda setiap hari. Lakukan ini sebagai hal yang pertama Anda lakukan setelah bangun tidur. Anda bisa mensyukuri apa saja mulai dari keberadaan keluarga dan teman-teman yang mendukung Anda hingga hal sederhana seperti mensyukuri tubuh yang sehat atau cuaca yang cerah. Dengan bersyukur, Anda jadi bisa terus menemukan sesuatu yang baik dalam hidup Anda. Pikiran juga akan lebih mudah terisi oleh hal-hal yang lebih positif.

Latihan Pernapasan

Untuk menenangkan pikiran dan perasaan Anda, sempatkanlah beberapa menit sebelum memulai aktivitas untuk melatih pernapasan. Ada beberapa macam teknik pernapasan yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa cemas, tetapi ini merupakan salah satu yang paling mudah dilakukan. Tarik napas dalam-dalam selama 10 detik lewat hidung, kemudian hembuskan lewat mulut selama 10 detik. Lakukan beberapa kali sampai Anda merasa cukup tenang dan fokus. Teknik pernapasan ini juga bisa Anda lakukan kapan pun kecemasan tiba-tiba melanda.

Baca Juga: Buat Tubuh dan Pikiran Anda Lebih Segar Hanya Dengan Mengubah Teknik Pernapasan

Olahraga Ringan

Berolahraga di pagi hari memang bukan kegiatan yang terasa gampang dilakukan saat perasaan sedang tidak baik. Namun, sebetulnya kegiatan olahraga yang ringan saja sudah cukup untuk bisa mengurangi perasaan cemas dan negatif dari pikiran kita. Anda bisa melakukan yoga, jogging, atau sekadar jalan pagi selama 30 menit hingga 1 jam. Dengan melakukan olahraga ringan, asupan oksigen ke otak jadi lebih baik, aliran darah pun semakin lancar sehingga tubuh lebih mudah untuk rileks dan mengurangi rasa tegang.

Tentukan Hal yang Ingin Anda Capai

Seringkali salah satu penyebab munculnya rasa cemas adalah dari perasaan terbebani untuk bisa mencapai segalanya. Pada akhirnya, jika Anda tidak berhasil mencapai segala tujuan atau tidak maksimal, Anda akan merasa gagal. Untuk membuat diri menjadi jauh lebih tenang, tentukan satu hal saja yang ingin Anda capai setiap harinya. Dengan memiliki tujuan yang lebih spesifik dan realistis, Anda akan lebih fokus dan tenang dalam mencapainya. Dengan begini, Anda juga akan lebih mudah merasa senang dan puas terhadap diri Anda sendiri.

Baca Juga: Sering Mengalami Rasa Cemas Berlebihan? Mungkin Anda Mengidap Gangguan Anxiety Disorder

 

Tingkat dan frekuensi rasa cemas yang dirasakan oleh orang-orang pasti berbeda. Namun, tak ada salahnya bagi Anda untuk selalu berusaha menciptakan kedamaian dalam diri Anda sendiri. Jangan lupa untuk selalu mengabarkan orang terdekat ketika mengalami kesulitan dan mencari bantuan profesional jika kecemasan Anda terasa sudah mengganggu.

(Sumber Foto Cover)

PREVIOUS ARTICLE

Punya Bentuk Tubuh Ideal, Ternyata Ini Rahasia Diet Selebriti Korea Dalam Menjaga Berat Badan

NEXT ARTICLE

Ingin Jadi Travel Blogger Profesional? Ini Dia Langkah-Langkah yang Harus Anda Ketahui

RELATED ARTICLES

comments