ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Manfaatkan Dinding untuk Melakukan 5 Gerakan Olahraga Berikut Ini

Meskipun sudah mengetahui betapa pentingnya berolahraga, baik untuk kesehatan fisik maupun mental, dan juga untuk kesehatan kulit, tetap saja terkadang terasa berat untuk berolahraga, ya? Jangankan olahraga, membayangkan harus melakukan perjalanan ke lapangan atau studio olahraga-nya saja sudah malas 😅. Padahal, sebenarnya banyak juga lho gerakan-gerakan olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Jika Anda kerap merasa berat untuk melakukan gerakan olahraga tanpa adanya ‘sandaran’ atau ‘bantuan’, mungkin Anda bisa mencoba 5 gerakan olahraga yang memanfaatkan dinding berikut ini, nih! Yuk, dicoba!

1. Wall Push Up

Jika biasanya Anda kesulitan untuk menaikkan tubuh setelah menurunkan tubuh pada gerakan push up, coba variasi push up yang satu ini, deh! Dengan menumpukan berat Anda pada dinding dalam posisi berdiri, beban push up dalam wall push up akan terasa lebih ringan. Caranya, posisikan diri Anda kurang lebih satu langkah kaki dari dinding, buka kaki Anda selebar bahu, lalu tempelkan telapak tangan Anda pada dinding dan mulailah melakukan gerakan push up seperti biasanya.

Baca juga: Malas Berolahraga karena Mager? Coba Lakukan 5 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan di Tempat Tidur Berikut

2. Legs-Up-the-Wall Crunch

Alternatif gerakan olahraga yang memanfaatkan dinding berikutnya adalah wall crunch. Pada dasarnya, crunch adalah gerakan olahraga yang menggerakan bahu ke arah panggul. Terdapat beberapa variasi gerakan crunch yang bisa Anda coba, salah satunya adalah legs-up-the-wall-crunch dimana kaki Anda bersandar tegak lurus pada dinding. Jika Anda masih merasa kaku untuk meluruskan kaki, Anda juga bisa melakukan wall crunch dengan posisi kaki bertekuk lutut bersandar ke dinding.

3. Sprint Against The Walls

Untuk memulai gerakan olahraga yang satu ini, Anda dapat bersandar pada dinding dengan posisi awal yang sama dengan wall push up, hanya saja, berikan jeda yang lebih jauh antara diri Anda dan dinding. Condongkan tubuh Anda ke arah depan, lalu mulailah berlari di tempat. Gerakan sederhana ini dapat Anda lakukan selama 5-10 set sebagai latihan cardio yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Hati-hati jangan sampai lutut Anda membentur dinding, ya!

Baca juga: 5 Hal yang Menjadi Alasan Mengapa Olahraga Tidak Menunjukkan Hasil pada Tubuh

4. Wall Bridge

Melanjutkan posisi Anda dari wall crunch, gerakan wall bridge dimulai dengan posisi tubuh yang sedikit terangkat dari lantai, dengan kedua kaki bertekuk lutut bersadar pada dinding. Lalu, tekuk lutut Anda lebih dalam dan condongkan panggul serta perut Anda ke arah luar sejauh-jauhnya dengan posisi bahu tetap menyentuh lantai, tahan beberapa saat, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini secara rutin untuk membantu membentuk otot bokong, kaki, dan perut Anda.

5. Foot-up Split Squats

Gerakan olahraga mengandalkan dinding lainnya yang bisa Anda lakukan adalah foot-up split squats. Mengombinasikan posisi split dan squat, mulailah gerakan ini dengan posisi kaki kanan menjulur ke belakang, dan kaki kiri ke depan. Langkah kedua adalah mengangkat kaki kanan hingga menempel ke dinding, lalu turunkan tubuh sambil menekuk kedua lutut untuk melakukan squat dengan posisi kaki kanan tetap menempel di dinding. Ulangi gerakan ini beberapa kali, lalu ganti kaki kanan dengan kaki kiri untuk membantu membentuk otot bokong.

Baca juga: 4 Tips Olahraga di Rumah Menggunakan Bantal yang Efektif untuk Membentuk Otot Perut dan Bokong

PREVIOUS ARTICLE

Mau Meditasi Tapi Masih Bingung Caranya? Yuk, Ikuti Langkah-langkahnya Berikut Ini

NEXT ARTICLE

Yuk, Sambut Hari Kunjung Perpustakaan dengan Menyambangi Perpustakaan Nasional Indonesia

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

2comments


  • Meira Sari Dewi2 months ago

    thank youu

  • Riska Hariyadi2 months ago

    Masukkin ke bookmark, semoga terealisasi deh exercise ala ini! Semangat

    • Devina Ellora2 months ago

      @rskhryd waah, semangaat! 💪