ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Disebut Sebagai Penulis Lintas Zaman, Ini Rekomendasi 5 Novel Karya Nh. Dini yang Penuh Inspirasi

Dunia sastra Indonesia kembali kehilangan sosok sastrawan sekaligus novelis kebanggaannya. Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin, atau yang lebih dikenal dengan nama Nh. Dini, meninggal dunia di usianya yang ke 82 tahun akibat kecelakaan pada Selasa (4/12) di Semarang, Jawa Tengah.

Selain dikenal sebagai seorang penulis Novel, wanita yang pernah mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Award Ubud Writers and Readers Festival pada tahun 2017 lalu ini, juga dikenal sebagai salah satu tokoh feminis Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sejumlah karya yang ditulisnya kerap mengangkat persoalan-persoalan serta keresahannya mengenai isu feminisme dan kesetaraan gender. Seperti beberapa novel karya Nh. Dini berikut ini yang penuh inspirasi.

Pertemuan Dua Hati

Pertemuan Dua Hati merupakan novel karya Nh. Dini yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1986. Novel ini mengisahkan hubungan antara seorang guru bernama Suci, dengan muridnya bernama Waskito yang dikenal suka berbuat onar di sekolah dan dijauhi oleh teman-temannya. Sifat keibuan dan tanggung jawab yang besar sebagai seorang pendidik membuat Bu Suci ingin membimbing kembali Waskito untuk menjadi seorang anak yang baik. Singkat cerita, ternyata sifat nakal Waskito disebabkan oleh permasalahan yang dialami Waskito di dalam keluarganya, sehingga ia pun kerap melampiaskan amarahnya di sekolah.

Dalam novel ini terdapat dua pesan tersirat yang sangat penting untuk kehidupan masa kini. Pertama pesan kepada para pendidik untuk tidak hanya mengajari para muridnya dengan materi-materi pelajaran, tapi juga perlu lebih peduli dengan kepribadian para siswanya. Pesan kedua ditujukan pada orang tua, di mana seharusnya sebagai orang tua perlu menciptakan hubungan yang harmonis dalam keluarga karena hal tersebut dapat memberikan pengaruh positif terdapat emosional anak.

La Barka

La Barka adalah salah satu novel terbaik Nh. Dini yang pertama kali terbit pada tahun 1975. Menceritakan kehidupan seorang perempuan Indonesia bernama Rina yang menikah dengan lelaki Prancis. Rina yang sejak kecil tinggal di panti asuhan mendambakan kehidupan indah setelah menikah. Namun sayang karena berbagai hal dalam rumah tangga mereka, akhirnya Rina memutuskan untuk bercerai dengan suaminya. La Barka merupakan novel yang isinya sarat dengan permasalahan-permasalahan yang kerap dialami seorang wanita. Mulai dari kehidupan pernikahan yang tak selalu berjalan mulus, bahkan berakhir dengan perceraian. Kemudian kehidupan yang harus di lalui oleh para wanita pasca perceraian dan menjadi orang tua tunggal, hingga proses menjadi seorang ibu, dan keraguan terhadap lembaga pernikahan.

Namaku Hiroko

Salah satu keunggulan yang dimiliki Nh. Dini dalam menghasilkan karya-karyanya terletak pada kepekaannya terhadap masalah yang muncul di lingkungan sekitar tempat ia tinggal. Namaku Hiroko adalah salah satu hasil karya tulis yang mengangkat permasalahan kehidupan yang dialami beberapa wanita di kawasan Kobe, Jepang. Novel ini mengisahkan perjalanan hidup yang penuh perjuangan dari seorang gadis desa dengan latar keluarga tidak mampu. Ia harus bekerja sebagai pelayan hingga menjadi penari kabaret di sebuah klub hiburan malam. Hal ini membuat kehidupan Hiroko dipenuhi dengan cerita yang penuh lika-liku. Novel ini memberikan pelajaran agar tidak mudah menyerah dengan keadaan, sesulit apapun itu.

Dari Parangakik ke Kampuchea

Di usia yang sudah lanjut, ibunda dari kreator film Despicable Me dan Minions ini tetap terus berkarya. Salah satu novelnya yang ditulis di saat usia Nh. Dini sudah mulai lanjut adalah novel yang berjudul Dari Parangkik ke Kampuchea. Novel yang diterbitkan pada tahun 2003 ini mengisahkan tentang kehidupan pernikahan yang penuh kejutan dan di bumbui dengan jatuh bangun dalam mempertahankan rumah tangga. Novel ini menyimpan pesan moral jika kehidupan pernikahan tidak pernah menjanjikan kehidupan yang selalu bahagia. Justru, pernikahan adalah proses panjang mengenali diri sendiri, dan seberapa tangguh Anda memperjuangkan komitmen dan kesetiaan terhadap pasangan. Melalui novel Dari Parangkik ke Kampuchea ini, banyak orang yang berpendapat jika kisah ini terinspirasi dari kisah rumah tangga Nh Dini sendiri dengan mantan suaminya.

Gunung Ungaran: Lerep di Lerengnya, Banyumanik di Kakinya

Tak heran jika Nh. Dini disebut sebagai penulis lintas zaman yang karyanya tak lekang oleh waktu. Terbukti walau telah berusia 85 tahun, Nh. Dini masih produktif, dengan meluncurkan novel di bulan Maret 2018 lalu. Berjudul Gunung Ungaran: Lerep di Lerengnya, Banyumanik di Kakinya, karya ini sekaligus menjadi karya terakhir sang sastrawan. Novel yang diterbitkan oleh Media Pressido, Yogyakarta ini sebenarnya lebih kepada otobiografi novelis yang juga pernah mendapatkan penghargaan SEA Write Award di bidang sastra dari Pemerintah Thailand di tahun 2003 ini.

Dalam karya terakhirnya ini, Nh. Dini menuliskan sebuah pepatah jawa yang berbunyi “Wong urip iku mung mampir ngombe” (orang hidup itu ibarat hanya singgah untuk minum). Nh. Dini juga mengatakan jika semua yang ada di dunia ini tidak ada yang abadi. Dengan bertambahnya usia, berpikir praktis yang didasari kegunaan sesuatu barang lebih menguasai pikirannya daripada kehendak memiliki. Dari novel Gunung Ungaran: Lerep di Lerengnya, Banyumanik di Kakinya ini kita pembaca juga dapat belajar dari kegigihan, kerja keras, dan ketabahan yang dimiliki oleh Nh. Dini semasa hidupnya.

Baca Juga: Tutup Usia Akibat Kecelakaan di Ruas Tol Tembalang, Berikut 5 Fakta tentang Sastrawan Nh. Dini

Sumber Cover

PREVIOUS ARTICLE

Review: Menikmati Korean BBQ Hotplate dalam Kebersamaan di Seoul Yummy Puri Indah Mall

NEXT ARTICLE

Akustik hingga Acapella, 5 Cover Lagu Berikut Mendapat Banyak Pujian dari Penonton Youtube

RELATED ARTICLES

QC Content at Beauty Journal

COMMENTS

10comments


  • Ulia lya3 months ago

    bagus :")

  • destiya rahmadanti4 months ago

    wow

  • Paulina Butar Butar4 months ago

    :)

  • Dina Kartika4 months ago

    inspiring syekaliiii

  • Rizki Pangkuwati4 months ago

    ?

  • Wida Amelia4 months ago

    Sangat menginspirasi bgt ❤

  • Della Azaria4 months ago

    Inspiring person all around

  • Dwi O4 months ago

    ??

  • erni khoyimah4 months ago

    noted untuk dibaca

  • Ayu Laraswati4 months ago

    Sangat menginspirasi ?