Guide

Nikah Tamasya, Konsep Pernikahan Anti Mainstream yang Banyak Dilirik Pasangan Muda

Sebagai momen istimewa yang diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup, banyak calon mempelai yang memikirkan secara matang konsep pernikahan mereka. Di antara sekian banyak konsep pernikahan yang muncul, belakangan nikah tamasya atau destination wedding, kembali dilirik pasangan muda karena anti-mainstream dan memberikan pengalaman yang berbeda bagi pasangan maupun tamu yang hadir. Penasaran dengan konsep pernikahan yang satu ini? Yuk, coba simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Nikah Tamasya?

Jika pernikahan pada umumnya dilakukan di gedung atau lokasi yang dekat dengan tempat tinggal mempelai dengan mengundang banyak orang, nikah tamasya dilakukan di destinasi wisata yang jauh dari asal mempelai dan tidak mengundang banyak orang. Bahkan ada juga yang hanya mengundang keluarga inti dan sahabat dekat, sehingga acara pernikahan benar-benar terasa seperti sebuah liburan.

Konsep pernikahan ini sebenarnya sudah lama menjadi tren di Amerika dan mulai banyak ditiru di Indonesia selama beberapa tahun belakangan. Serupa dengan pernikahan umumya, konsep pernikahan pada nikah tamasya juga sangat luas dan tidak terbatas. Ada yang memilih menikah di tengah hutan belantara, ada juga yang menikah dengan konsep camping. Biasanya pasangan-pasangan tersebut memiliki kenangan dan makna tersendiri sehingga memilih konsep pernikahan yang unik.

Bagi yang memiliki bujet lebih memilih menikah di lokasi yang eksotis seperti negara lain di Asia atau bahkan eropa bisa menjadi pilihan terbaik. Namun bagi Anda yang punya bujet terbatas tidak perlu mundur duluan. Karena Anda juga bisa memilih area yang masih berada di Indonesia, dan tentunya ada banyak pilihan tak terbatas. Misal pulau Bali, Lombok, Makassar maupun area lain yang punya pemandangan alam indah.

Konsep Sederhana Sesuai Keinginan Mempelai

Nikahnya harus jalan-jalan, kok dibilang lebih terjangkau? Secara teori nikah Tamasya memang disebut jauh lebih murah dibandingkan pernikahan dengan resepsi pada umumnya karena berbagai faktor. Mulai dari jumlah tamu undangan yang dibatasi, hingga memanfaatkan paket yang disediakan berbagai resort yang menjadi tujuan, sehingga Anda bisa memangkas bujet honey moon.

Selain itu berbagai kegiatan menarik selama acara membuat Anda tidak memerlukan bujet untuk suvenir, karena tamu undangan bisa menikmati berbagai kegiatan selepas akad pernikahan. Umumnya untuk nikah tamasya mempelai tidak menanggung biaya perjalanan para tamu undangan, melainkan hanya kegiatan selama acara saja. Makanya nikah tamasya sangat cocok diaplikasikan pada pesta yang intim dan hanya mengundang orang terdekat saja.

Tak ketinggalan, urusan gaun pernikahan juga bisa disesuaikan dengan lokasi acara. Karena lebih mengutamakan momen yang terjadi, Anda bisa tampil jadi diri sendiri tanpa perlu terlihat super glamor bak putri kerajaan. Anda bisa mengenakan gaun yang cantik dan penampilan makeup pernikahan ala Meghan Markle dengan aksesoris berupa kebahagiaan yang terpancar dari mata dan senyum Anda.

Secara keseluruhan pernikahan Tamasya bisa disesuaikan dengan bujet mempelai tanpa mengurangi keseruan acara. Karena Anda bisa menentukan lokasi dan kegiatan sesuai keinginan dan kemampuan keuangan. Selain itu rencana mempersiapkan nikah tamasya dianggap lebih praktis karena Anda tidak harus berebut dengan pasangan lain dalam menyewa gedung.

Tips Merencanakan Nikah Tamasya

Mulai tertarik mengikuti gaya pernikahan satu ini? Meksipun dikenal praktis dan memiliki kesan casual, tapi Anda juga tetap perlu membuat persiapan yang matang agar acara berlangsung dengan baik.

  • Pilihlah lokasi yang bermakna bagi Anda dan pasangan, tapi tetap pertimbangkan kenyamanannya, jika Anda berniat mengundang tamu.
  • Pertimbangkan dengan teliti berapa bujet yang bisa Anda keluarkan untuk pernikahan ini. Dan pikirkan apakah Anda mampu menanggung biaya para tamu yang hadir.
  • Beritahu tamu yang ingin diundang jauh hari sebelumnya. Karena bisa menghabiskan waktu lebih dari sehari, maka penting untuk memberitahu tamu undang sejak jauh hari, agar mereka bisa mengatur jadwal atau mempersiapkan bujet.
  • Siapkan akomodasi. Pastikan Anda mendapatkan kamar untuk tamu-tamu Anda sebelum memastikan tanggal pernikahan
  • Kunjungi lokasi terlebih dahulu. Lihatlah lokasi secara langsung sebelum melakukan booking untuk pernikahan Anda nantinya.

Baca juga: 3 Artis Hollywood ini Memilih Melangsungkan Pernikahannya di Indonesia

PREVIOUS ARTICLE

Rekomendasi Film dan Series Korea Berdasarkan Kisah Nyata untuk Mengisi Waktu di Libur Lebaran

NEXT ARTICLE

Inilah Alasan Mengapa Orang Suka Selfie. Yang Manakah Anda?

RELATED ARTICLES

comments