ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Lifestyle

Niat Menabung Selalu Gagal? Coba Praktikkan 5 Hal Berikut Ini Yuk!

Menabung merupakan kebiasaan baik yang sering diajarkan oleh orangtua sedari kita kecil. Harus diakui, meski kelihatannya sepele, menabung ternyata tak semudah yang dibayangkan, lho. Buktinya, masih banyak tuh orang-orang di luar sana yang sudah bekerja namun tabungannya tetap saja nihil. Biasanya, gaji pas-pasan cenderung jadi alasan sulit menabung. Besarnya gaji memang dapat menentukan porsi tabungan Anda. Namun, seberapa pun besarnya gaji yang Anda peroleh, jika tak pandai menabung, ya pasti akan habis juga ujungnya. Nah, agar niat menabung tak lagi gagal, coba deh praktikan lima trik berikut ini.

1. Buat Daftar Pengeluaran Bulanan

Demi tak menghambat niat menabung, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat daftar pengeluaran bulanan. Kemudian, jangan lupa catat segala sesuatu yang menjadi keperluan Anda dalam sebulan. Lalu, atur bujet pengeluaran sesuai dengan penghasilan bulanan Anda. Satu lagi, usahakan jangan mudah ‘lapar mata’ dan tergoda untuk belanja barang-barang diskon, ya. Selain dapat menggagalkan niat menabung, mudah tergoda diskon juga membuat Anda menjadi orang yang konsumtif dan impulsif.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Belanja Bulanan Yang Bikin Anda Boros

2. Sisihkan Uang Setiap Hari

Meski jumlah yang disisihkan tidaklah besar, cobalah untuk konsisten melakukan kebiasaan baik ini. Tak perlu terlalu dipaksakan, lakukan sesanggupnya saja. Jika kapasitas Anda bisa menabung sehari Rp5.000, dalam waktu sebulan Anda sudah bisa mengumpulkan Rp150.000. Tanpa terasa, dalam setahun bahkan Anda bisa mengumpulkan uang sebanyak Rp1.800.000. Nah, agar uang yang sudah disisihkan ini tak mudah terpakai, sebaiknya simpan uang pada celengan yang tak mudah dikorek atau dibongkar, celengan ayam yang terbuat dari tanah liat misalnya.

3. Kurangi Window Shopping

Jika niat menabung Anda mudah goyah saat melihat promo potongan harga di sebuah pusat perbelanjaan atau di salah satu situs belanja, jangan ragu untuk segera menghindarinya. Selain menghalangi niat menabung, sering cuci mata di tempat-tempat tersebut juga bisa membuat Anda lebih boros dalam pengeluaran, lho.

Baca Juga: Tips Pintar Belanja Online Produk Kecantikan

4. Selipkan Uang di Tempat-Tempat Tertentu

Tanpa disadari, kebiasaan menyelipkan uang di tempat-tempat tertentu ternyata bisa jadi cara menabung yang cukup efektif, lho. Selipkanlah uang di tempat-tempat yang mudah Anda ingat, misalnya laci meja, selipan buku atau kantung celana. Hal ini akan berguna suatu saat ketika Anda sedang membutuhkan uang. Selain itu, uang simpanan ini ternyata juga bisa menjadi kejutan yang menyenangkan di akhir bulan. Anda pun dapat menggunakannya untuk menabung atau sekedar membeli barang yang diperlukan.

Baca Juga: Kiat Praktis untuk Menghemat Ongkos Transportasi ke Kantor

5. Lakukan Tabungan Berencana

Jika Anda masih juga susah menanamkan niat untuk rajin menabung, membuat tabungan berencana sepertinya menarik juga untuk dicoba. Cara yang mengandung unsur ‘paksaan’ ini akan mengharuskan nasabahnya untuk menabung dalam nominal tertentu setiap bulannya. Selain praktis karena sifatnya autodebet, jangka waktu menabung juga bisa disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan Anda, lho.

Baca Juga: Agar Tak Boros, Coba Sesuaikan Strategi Menabung Dengan Kepribadian Anda!

PREVIOUS ARTICLE

Tak Usah Khawatir Jika Pacaran Beda Usia. Ini Keuntungan Pacaran Dengan Pria yang Lebih Muda!

NEXT ARTICLE

5 Pelajaran Hidup Yang Bisa Dipetik Dari Film Animasi "Despicable Me"

RELATED ARTICLES

comments