ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Masih Bingung dengan Tujuan Liburan Akhir Tahun? Yuk, Kunjungi 5 Negara dengan Biaya Hidup Termurah Ini!

Tiba di penghujung tahun 2018, banyak orang yang mulai merencanakan perjalanan untuk menghabiskan waktu liburan Natal serta Tahun Baru. Tidak sedikit yang memilih untuk bepergian ke berbagai destinasi wisata dalam negeri karena beranggapan bahwa traveling ke luar negeri akan memerlukan anggaran yang sangat besar.

Ternyata, bepergian ke luar negeri tidak selamanya menguras kantong, lho. Meski harus menyisihkan biaya ekstra untuk tiket pesawat round trip, memilih negara dengan biaya hidup yang terjangkau dapat membantu menekan pengeluaran Anda saat berlibur di luar negeri. Yuk, simak deretan negara dengan biaya hidup termurah yang dapat menjadi pilihan Anda untuk liburan akhir tahun.

India

Biaya Hidup Termurah

Mulai dari situs bersejarah di daerah pinggiran hingga beragam gedung pencakar langit, New Delhi, India sering disebut-sebut sebagai destinasi wisata menyenangkan dengan bujet yang relatif murah. Tidak heran jika negara ini merupakan salah satu dari destinasi wisata favorit bagi para backpacker. Ada beragam kota yang bisa Anda kunjungi di India, di antaranya adalah Agra, dimana Taj Mahal yang ikonik itu berada, dan Rajasthan yang terkenal dengan aneka pasar yang berwarna-warni. Tergantung pada kelas kereta dan bus apa yang Anda ambil, berkeliling India masih tergolong sangat terjangkau, karena biaya transportasinya berkisar antara sekitar Rp3.000 per km. Anda juga dapat mencicipi aneka kari khas India lengkap dengan roti prata yang sangat populer itu hanya dengan sekitar Rp20.000 saja. Belum lagi, tarif sewa kamar penginapan, baik hotel maupun hostel, mulai dari Rp300.000 saja. Terjangkau, bukan?

Hungaria

Biaya Hidup Termurah

Benua Eropa seringkali dicap sebagai destinasi wisata yang termasuk menguras kantong bagi para wisatawan. Namun, lain ceritanya dengan Hungaria. Negara yang memiliki danau termal terbesar di dunia sekaligus padang rumput alam terbesar di Eropa ini masih tergolong terjangkau jika dibandingkan dengan negara lainnya di Eropa. Apalagi, ibu kotanya, yaitu Budapest, termasuk sebagai salah satu kota bersejarah di Benua Eropa. Bangunan yang tersebar di Budapest hampir seluruhnya memiliki arsitektur neoklasik yang megah, salah satunya yang paling populer adalah Buda Castle Hill.

Saat berkunjung ke Budapest, Anda dapat menginap di hotel dengan harga mulai dari Rp200.000 saja. Tak hanya itu, Budapest juga memiliki sistem transportasi umum yang efisien serta terbilang lebih murah daripada sebagian besar kota di Eropa Barat lainnya. Jika bepergian menggunakan transportasi umum, Anda dapat membeli single ticket untuk bus atau metro train sekitar Rp17.000 sekali jalan atau membeli travel card yang dikhususkan bagi para wisatawan dengan harga mulai Rp82.000 yang berlaku untuk semua jenis moda transportasi.

Laos

Biaya Hidup Termurah

Negara di Asia Tenggara ini mungkin tidak sepopuler Thailand, Singapura, atau Malaysia. Namun, Laos dikelilingi oleh keindahan alam seperti pegunungan yang memiliki banyak candi serta bangunan bersejarah yang sangat menakjubkan. Anda dapat mengunjungi ibukota Laos, yaitu Vientiane yang memiliki banyak tempat wisata menarik untuk para wisatawan. Salah satu di antaranya adalah Pha That Luang atau Golden Stupa, serta kuil-kuil kecil yang tersebar di sekitarnya.

Jika Anda ingin menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, Anda dapat mengunjungi kota terkenal lainnya di Laos yaitu Luang Prabang. Kota Warisan Dunia yang telah diakui UNESCO pada tahun 2015 ini memiliki pedesaan yang berada di puncak bukit, serta dikelilingi oleh kuil-kuil indah yang berada di tepi sungai. Secara keseluruhan, biaya akomodasi di Laos lebih murah jika dibandingkan dengan akomodasi di Indonesia. Bayangkan saja, dengan bujet Rp250.000 Anda sudah bisa menyewa hostel yang nyaman, makanan, serta transportasi untuk satu hari, lho!

Nepal

Biaya Hidup Termurah

Rasanya sulit mencari negara lainnya yang dapat menyamai keindahan dari negara yang diapit oleh India dan Tibet ini. Dikelilingi oleh pemandangan pegunungan Himalaya yang tertutup oleh salju, hutan yang lebat, beragam pedesaan di puncak bukit, serta memiliki 10 Situs Warisan Dunia yang diakui oleh UNESCO, sulit dipercaya bahwa Nepal termasuk dalam salah satu negara dengan biaya hidup termurah. Kathmandu, ibu kota Nepal, tersusun seperti labirin dengan beragam bangunan bersejarah yang dapat memanjakan mata Anda.

Selain itu, di Kathmandu Anda dapat berkunjung ke Swayambhunath, sebuah kuil Buddha yang didiami oleh ratusan monyet, Boudhanath, stupa Buddha yang sangat besar, dan kota abad pertengahan Bhaktapur. Jika Anda menginginkan petualangan yang lebih menantang, Anda dapat mengunjungi Taman Nasional Chitwan. Disini, Anda dapat bersafari dengan mobil jeep sambil melihat badak dan harimau di habitat mereka. Untuk penginapan, Anda bisa mendapatkan hostel dengan tarif mulai Rp100.000 per malam saja, lho. Anda cukup mengeluarkan dana sebesar Rp20.000 hingga Rp50.000 untuk sekali makan di Nepal. Makin tidak sabar untuk berwisata ke negara ini, ya?

Bolivia

Biaya Hidup Termurah

Meskipun terletak di kawasan Amerika Selatan, biaya hidup di Bolivia rupanya tidak semahal negara-negara tetangganya, lho. Malah, Bolivia mendapatkan predikat sebagai negara termurah di Amerika Selatan. Negara ini terbilang unik karena memiliki dua ibu kota sekaligus. Sucre, ibukota resmi Bolivia, dikenal akan arsitektur kolonialnya. Sementara itu, La Paz terletak di dataran Altiplano yang dikelilingi oleh pegunungan Andes yang spektakuler. Di dekatnya ada Danau Titicaca yang berkilau seperti kaca, danau terbesar di benua itu, yang membentang di perbatasan dengan Peru.

Salah satu kekayaan alam yang dimiliki Bolivia adalah dataran garam terluas di dunia yang bernama Salar de Uyuni. Dengan luas sekitar 4.086 kilometer persegi, keajaiban alam ini terbilang unik karena terletak di salah satu puncak tertinggi di dunia, yaitu Pegunungan Andes. Untuk mengeksplorasi semua keindahan alam ini, Anda hanya membutuhkan biaya sekitar Rp250.000 per malam untuk menginap di sana, lho!

Baca Juga: 5 Negara dengan Biaya Hidup Tertinggi di Dunia, yang Jadi Tujuan Wisata Impian Para Traveler

PREVIOUS ARTICLE

5 Hal Tentang Ayurveda, Tradisi Pengobatan Holistik Tertua yang Perlu Anda Ketahui

NEXT ARTICLE

Ingin Pertemuan Pertama dengan Orang Tua Pasangan Berjalan Lancar? Ini 5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan

RELATED ARTICLES

QC Content at BeautyJournal

COMMENTS

10comments


  • Corry Hapsari2 weeks ago

    nice article

  • Mia Iffariani Syafitri2 months ago

    terimakasih infomasi nyaa!

  • Evi Finarti2 months ago

    Wah recommend

  • Fathiyah Maulidah2 months ago

    ???

  • firda destiana2 months ago

    good idea!

  • Adelia Fatikha2 months ago

    Nice

  • Reffa Novianti Sari2 months ago

    that gave me idea

  • Dini Kusumastuti2 months ago

    Kereen

  • Vania Setyawan2 months ago

    mari menabung biar bisa keliling dunia

  • Wahyu Pertaminingsih2 months ago

    tetep harus menabung ya qaqaaa :3