ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Sering Menggunakan Produk Berbahan Plastik? Yuk, Kenali Simbol-Simbol pada Produk Plastik!

Plastik merupakan salah satu material yang umum kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Mulai dari wadah makanan, hingga pipa air yang kita gunakan di rumah pun terbuat dari bahan plastik. Untuk menghasilkan produk yang berbeda, tentu jenis plastik yang digunakannya pun berbeda. Apakah Anda pernah memerhatikan bahwa semua produk yang terbuat dari plastik memiliki sebuah simbol dibawahnya? Ternyata simbol ini memiliki makna tertentu dan dapat menunjukkan tingkat keamanan dari kemasan produk yang Anda gunakan, lho! Berikut ini adalah pengertian simbol-simbol pada produk plastik.

#1 – PETE or PET (Polyethylene Terephthalate)

Plastik dengan nomor 1 mungkin menjadi salah satu jenis plastik yang paling sering Anda temui. Jenis plastik ini bersifat transparan dan umum digunakan untuk bahan botol soda atau air mineral. Sebenarnya plastik dengan golongan ini tergolong aman, tetapi rawan menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Maka dari itu, botol yang terbuat dari plastik no 1 hanya boleh digunakan satu kali.

#2 – HDPE (High Density Polyethylene)

Berbeda dengan PETE yang memiliki sifat transparan, HDPE memiliki sifat buram. Bahan ini dapat sering Anda temui pada botol kemasan susu, sampo, oli, dan bahan-bahan pembersih lainnya. HDPE juga tergolong sebagai plastik yang aman untuk digunakan.

#3 – V or PVC (Vinyl)

Jenis plastik nomor 3 akan Anda temukan pada pembungkus makanan, pipa air, botol detergen, hingga botol minyak goreng. Sejak dulu, PVC sudah dikenal memiliki kandungan phthalates yang dikatakan bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada janin, bahkan hingga menyebabkan keguguran.

#4 – LDPE (Low Density Polyethylene)

LDPE merupakan jenis plastik yang fleksibel dan paling umum digunakan pada benda sehari-hari. LDPE biasa ditemukan pada botol plasik yang bisa di-squeeze, plastik belanja, pakaian, bungkus roti, dan bungkus makanan lainnya. Jenis plastik ini juga masih tergolong aman untuk digunakan.

#5 – PP (Polypropylene)

Diantara jenis lainnya, PP merupakan salah satu jenis plastik yang paling aman digunakan. Anda bisa menemukan jenis plastik ini pada botol yogurt, botol saus tomat, botol sirup, atau botol obat-obatan. PP memiliki titik leleh yang tinggi sehingga sering digunakan untuk mewadahi isi produk yang panas.

#6 – PS (Polystyrene)

PS merupakan jenis plastik yang sering digunakan pada alat makan sekali pakai, styrofoam pembungkus makanan, atau alas daging di supermarket. Sebenarnya, jenis plastik ini sudah dilarang penggunaannya karena bisa sulit untuk didaur ulang dan bisa menimbulkan masalah kesehatan, terutama bila mengalami kontak dengan suhu panas.

#7 – Lainnya

Jenis-jenis plastik yang tidak masuk dalam 6 golongan di atas, masuk dalam kategori ini. Benda-benda seperti galon air, kacamata hitam, case handphone, dan beberapa wadah makanan merupakan beberapa contoh penggunaan dari jenis plastik nomor 7. Salah satu jenis plastik yang tergolong kategori ini adalah polycarbonate yang bersifat keras dan dapat membawa masalah hormon pada anak-anak jika digunakan secara terus menerus lebih dari satu kali penggunaan.

Baca juga: Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Danone Aqua Siapkan 3 Cara Bantu Mengurangi Sampah Plastik

PREVIOUS ARTICLE

Memiliki Banyak Manfaat, Ini Sederet Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Butuh Waktu Menyendiri

NEXT ARTICLE

Selain Peran Captain America, Ini 5 Film Bergenre Drama dan Romance yang Sempat Diperankan Chris Evans

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

COMMENTS

2comments


  • Dean Piagio2 months ago

    nice info

  • Tri Rahmawati3 months ago

    thanks infonya