ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Mengenal Batu Ginjal, Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Gaya Hidup Tak Sehat

Tidak bisa dipungkiri bahwa gaya hidup manusia selalu berubah seiring dengan perkembangan zaman. Gaya hidup yang dimaksud bisa terkait dengan makanan yang dikonsumsi, aktivitas fisik, serta kebiasaan yang biasa dilakukan sehari-hari. Jika seseorang terbiasa dengan gaya hidup yang tidak sehat, maka tidak menutup kemungkinan bahwa berbagai penyakit dapat mengintai di masa depan. Salah satu penyakit yang bisa diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat adalah batu ginjal. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh faktor asupan makanan dan kebiasaan yang sering disepelekan banyak orang. Sebetulnya, apa itu batu ginjal dan bagaimana cara untuk mencegahnya?

Penyebab dari Penyakit Batu Ginjal

Batu Ginjal

Penyakit yang memiliki istilah medis nefrolitiasis ini bisa diartikan sebagai munculnya endapan berupa material keras yang terbentuk di dalam ginjal. Endapan batu ginjal tersebut berasal dari sisa-sisa zat di dalam darah yang disaring oleh ginjal, lalu mengkristal seiring dengan berjalannya waktu. Penyakit batu ginjal biasanya terjadi karena munculnya ketidakseimbangan antara kadar air, garam, dan mineral di dalam tubuh. Berdasarkan bahan pembentuknya, batu ginjal dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu amonia (struvit), dan batu sistin.

Ketidakseimbangan kadar air, garam, dan mineral di dalam tubuh manusia bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya efek dari gaya hidup yang tidak sehat. Hal ini meliputi kurangnya asupan air putih, kurangnya aktivitas fisik, mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium dan lemak, serta kebiasaan menahan buang air kecil.

Baca Juga: Waduh, Ternyata Ada Penyakit yang Lebih Umum Diderita Wanita Dibandingkan Pria! Apa Saja?

Gejala yang Dialami Bila Seseorang Mengidap Batu Ginjal

Batu Ginjal

Secara umum, penyakit batu ginjal biasanya dialami baik pria maupun wanita yang berusia 30-60 tahun akibat mulai mengkristalnya endapan yang ada di dalam ginjal. Sebelum mencapai usia ini, biasanya gejala dari penyakit batu ginjal masih belum terlihat sehingga sering terlambat diketahui. Menurut data dari Kementerian Kesehatan Indonesia (Kemenkes) pada tahun 2013, banyaknya penderita penyakit batu ginjal adalah sebesar 0,6 persen atau 6 per 1000 penduduk Indonesia. Gejala yang akan ditimbulkan bila seseorang menderita batu ginjal antara lain:

  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil yang disertai nyeri dengan jumlah yang sedikit
  • Sering merasa sakit di bagian punggung samping, di bawah tulang rusuk
  • Urine berwarna keruh atau mengandung darah
  • Merasa mual, menggigil dan demam tinggi

Gejala tersebut akan muncul saat kondisi batu ginjal sudah mulai membesar dan mulai menyebabkan infeksi serta tersumbatnya saluran kencing yang disebut ureter. Kristal batu ginjal yang sudah membesar tersebut akan bergesekan dengan lapisan dinding ureter sehingga tidak jarang menyebabkan luka dan membuat urine Anda mengandung darah. Jika ukuran batu ginjal masih terbilang kecil, biasanya masih bisa disembuhkan dengan pengobatan oral atau terapi sehingga masih bisa dikeluarkan melalui ureter.

Bagaimana Cara Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal?

Batu Ginjal

Karena gejala dari penyakit batu ginjal termasuk sulit untuk diketahui, maka penting bagi Anda untuk mulai mencegah terjadinya penyakit ini mulai sejak dini. Cara mencegahnya pun sebetulnya cukup sederhana. Hal yang terutama adalah perbanyak asupan air putih jika Anda termasuk memiliki aktivitas fisik yang cukup tinggi. Minumlah air putih setidaknya 8 gelas per hari untuk menurunkan risiko terbentuknya endapan batu di ginjal.

Baca Juga: Jangan Lengah, Halau Penyakit dengan 5 Vaksin Untuk Wanita Dewasa Ini

Tak hanya itu, Anda juga perlu membatasi asupan makanan yang tinggi akan garam. Hal ini disebabkan karena garam memicu tingginya jumlah kalsium yang tidak mudah larut di dalam urine Anda. Makanan tinggi akan garam ini termasuk fast food, mi instan, dan aneka produk makanan olahan lainnya. Menjaga berat badan tubuh tetap ideal juga dapat mencegah terjadinya batu ginjal, lho. Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko resistensi insulin serta jumlah kalsium pada urine yang berdampak pada pembentukan kristal batu ginjal. Oleh karena itu, mulai perbanyak olahraga dan aktivitas fisik lainnya ya, ladies!

PREVIOUS ARTICLE

Beragam Jenis Traveling yang Harus Dilakukan di Usia 20-an

NEXT ARTICLE

Gaya Hidup dari Berbagai Penjuru Dunia yang Menarik untuk Dipraktikkan

RELATED ARTICLES

QC Content at BeautyJournal

COMMENTS

8comments


  • Tanti Hardiyanti1 week ago

    thanks infonya kak berguna banget.

  • Weni Setiawati1 week ago

    Terimakasih infonya ❤

  • Navika Amanda Dewi1 week ago

    Berguna banget infonya. Stay healthy ❤

  • Katarina Karina1 week ago

    thanks infonya!

  • Anisa Odina1 week ago

    ❤️

  • Adinda Sekarwangi1 week ago

    Hati hati juga sama batu empedu. Kantong empeduku udah diangkat karena ada batu di dalemnya, sebesar jempol orang dewasa karena gaya hidup ga sehat. Walaupun kata dokter juga pembentukan batu bisa karena faktor genetik yang memudahkan tubuh seseorang membentuk batu

  • Martha Angela1 week ago

    Nice info. Stay healthy!

  • Diniar Savica Hendriansya1 week ago

    infonya bergunaaa. thank uu