ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Dapatkan Ketenangan dan Kebahagiaan Hidup dengan Konsep JOMO alias Joy of Missing Out

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah FOMO atau Fear of Missing Out. Istilah ini dipakai untuk menggambarkan kondisi kekhawatiran berlebih karena ketinggalan berbagai info akibat absen beraktivitas di dunia maya. Apa yang terjadi di dunia maya, terutama di media sosial, kerap kali mengatur kehidupan seseorang. Bagaimana kita menjadi berusaha melakukan sesuatu karena sesuatu tengah menjadi tren atau bagaimana kita kerap membandingkan kehidupan diri sendiri dengan orang lain. Kondisi FOMO ini membuat Anda terikat atau tertekan dengan standar media sosial dan tidak bisa menikmati hidup dengan tenang.

Tanpa sadar, kondisi FOMO ini bisa mengurangi tingkat kebahagiaan seseorang. Kebiasaan digital seseorang yang terlampau tinggi berkebalikan dengan tingkat kepuasaan mentalnya yang cenderung rendah. Kebiasaan ini perlahan akan menekan rasa empati terhadap sesama dan juga membuat Anda kehilangan rasa untuk menikmati atau menghargai momen yang terjadi sekarang.

Apakah Anda sedang mengalami hal ini? Nah, kondisi FOMO ini bisa Anda atasi dengan menerapkan konsep JOMO atau Joy of Missing Out. Kondisi JOMO akan mengembalikan kekuasaan pada diri sendiri, tanpa diatur tren dunia maya atau media sosial. Kebahagiaan dan kepuasaan diri akan meningkat jika Anda melakukan hal yang ingin Anda lakukan, bukan sesuatu yang harus Anda lakukan. Untuk menerapkan JOMO, coba ikuti langkah berikut.

Buat jadwal kegiatan harian tanpa ‘melirik’ kegiatan orang lain

Mumpung masih awal tahun, saatnya Anda memiliki planner. Anda bisa memiliki jurnal fisik atau memanfaatkan aplikasi yang bisa diunduh di ponsel. Mulailah membuat jadwal kegiatan harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Targetkan diri Anda untuk memenuhi semua jadwal tersebut. Usahakan membuat prioritas kegiatan berdasarkan hal-hal yang ingin dilakukan, seperti bertemu dengan teman lama sepulang kerja, mampir ke toko buku untuk membeli novel baru, dan lainnya. Buatlah jadwal kegiatan ini tanpa terinspirasi atau sekadar ikut-ikutan kegiatan orang lain.

Lakukan digital detox

Saatnya menikmati JOMO dengan membatasi diri Anda terpapar internet. Lihat isi inbox email Anda, apakah Anda terlalu banyak berlangganan email yang kurang penting sehingga notifikasi berbunyi tiap saat? Unsubscribe yang tak perlu. Cek ponsel Anda, uninstall aplikasi yang tak sering dipakai. Selanjutnya, cek following media sosial Anda. Apakah ada beberapa akun yang membuat aktivitas digital Anda meningkat dan membuat Anda tanpa sadar tertekan dengan isi unggahannya? Yuk, di-unfollow. Setelah itu, terapkan batas waktu harian Anda untuk bebas berselancar di dunia maya dan menggunakan media sosial. Namun, hal ini tidak berlaku untuk urusan pekerjaan yang membutuhkan internet dan media sosial ya.

Baca juga: Kecanduan Beraktivitas di Dunia Maya? Ini 5 Tanda Anda Perlu Melakukan Digital Detox

Belajar bilang ‘tidak’

Hanya karena banyak orang melakukannya, tidak berarti Anda harus ikut melakukannya, bukan? Nikmati hidup dengan mengikuti keinginan Anda, bukan karena keinginan orang lain. Yuk, mulai belajar bilang “tidak” untuk ajakan teman berkunjung ke restoran baru (kalau Anda tidak ingin pergi). Kalau Anda tidak suka, katakan tidak suka. Kadang, berkata “tidak” adalah cara terbaik untuk menyayangi diri sendiri dan menikmati kehidupan dengan cara Anda.

Rutin menulis catatan harian atau blog

Salah satu cara untuk mendekatkan diri pada momen yang terjadi sekarang adalah dengan menghargai segala hal yang terjadi setiap harinya. Anda bisa mulai rutin menulis catatan harian atau blog. Ceritakan kejadian menarik yang terjadi hari ini. Kalau Anda tidak pintar merangkai kata-kata, Anda bisa mencoba menulis pada gratitude journal. Tidak perlu menceritakan kisah harian, Anda cukup menuliskan hal-hal sederhana yang Anda syukuri hari ini. Percaya, deh, tiap selesai menulis, Anda akan menutup jurnal dengan perasaan yang lebih bahagia.

Baca juga: Tak Sekadar Catatan, Berikut 5 Manfaat Memiliki Gratitude Journal yang Perlu Anda Ketahui

Lakukan kegiatan yang Anda sukai di waktu luang

Konsep utama JOMO adalah mengalihkan waktu Anda dari kegiatan online kepada kegiatan offline. Dengan melepaskan diri dari kecanduan digital dan tekanannya, Anda akan memiliki waktu offline yang lebih banyak. Ikuti jadwal harian Anda dan buat target untuk mencoba hobi baru, seperti membuat pastry, ikut kelas fotografi, atau melakukan liburan singkat saat weekend. Bagaimana? Siap menerapkan konsep ini mulai sekarang?

Baca juga: Memiliki Banyak Waktu Luang? Yuk, Buat Lebih Berkualitas dengan Menemukan Hobi yang Anda Sukai

PREVIOUS ARTICLE

Hati-Hati! Berikut Tantangan Finansial yang Diprediksi akan Dihadapi di Tahun 2019 Berdasarkan Zodiak

NEXT ARTICLE

5 Aplikasi yang Perlu Diunduh Agar Rutinitas Pagi Anda Menjadi Lebih Produktif

RELATED ARTICLES

comments