ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Telinga Terasa Sakit Setelah Berenang? Cegah dengan Melakukan 5 Hal Berikut, Yuk!

Tak ada yang lebih menyenangkan daripada berenang di cuaca panas. Baik itu di kolam renang, danau, atau pun pantai, cukup banyak orang yang menjadikan renang sebagai olahraga favoritnya. Tak heran sih, selain memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, berenang juga dapat meringankan stres dan depresi, lho! Apakah Anda setuju dan juga menjadikan renang sebagai olahraga favorit Anda?

Dibalik manfaat baiknya, berenang juga memiliki risikonya tersendiri. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah telinga sakit setelah berenang. Kondisi yang dikenal dengan sebutan swimmer’s ear ini merupakan infeksi atau radang yang terjadi pada lubang telinga. Hal ini biasanya disebabkan oleh air yang terjebak di antara gendang telinga dan bagian luar telinga. Nah, agar terhindar dari masalah ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di bawah ini.

1. Gunakan earplug saat berenang

Telinga Sakit Setelah Berenang

Salah satu cara terbaik untuk mencegah telinga sakit setelah berenang adalah dengan menggunakan earplug khusus untuk berenang. Benda ini berfungsi untuk mencegah masuknya air–yang merupakan penyebab utama swimmer’s ear–kedalam telinga. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah earplug elastis dan memiliki ukuran pas dengan lubang telinga Anda, ya!

2. Ketahui bahwa air kotor meningkatkan risiko infeksi

Telinga Sakit Setelah Berenang

Baik itu di kolam renang, pantai, atau danau, pastikan Anda memerhatikan kondisi air terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk terjun dan berenang. Bakteri yang terdapat pada air dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi pada telinga. Memang sih, sulit untuk mengetahui kadar bakteri yang terdapat pada air. Namun, setidaknya Anda bisa melihat dari tampilan kolam dan warna airnya. Bila warnanya keruh dan terdapat banyak kotoran seperti daun atau benda lainnya, sebaiknya urungkan niat Anda untuk berenang, ya!

Baca juga: Waspada! Terlalu Sering Mengorek Telinga Ternyata Bisa Menimbulkan 5 Hal Buruk Ini, Lho!

3. Segera keringkan telinga sehabis berenang

Telinga Sakit Setelah Berenang

Untuk mencegah adanya air yang terjebak pada gendang telinga, sebaiknya segera mengeringkan telinga setelah berenang. Mulailah dengan memiringkan kepala Anda ke kanan dan ke kiri untuk membuat air keluar dengan sendirinya. Kemudian, keringkan lubang telinga menggunakan handuk bersih atau bisa juga dengan bantuan hair dryer.

4. Gunakan obat tetes telinga

Telinga Sakit Setelah Berenang

Jika sudah terlanjur ada air yang masuk ke dalam telinga, Anda dapat mengatasinya menggunakan obat tetes telinga. Beberapa obat tetes yang bisa Anda gunakan adalah rubbing alcohol, white vinegar, atau perpaduan keduanya. Rubbing alcohol akan membantu air yang terjebak mengalami evaporasi, sedangkan white vinegar membantu memperbaiki pH dalam telinga. Nah, sebelum menggunakan obat tetes, pastikan telinga berada pada kondisi yang baik, tidak terluka, dan tidak mengalami pecah gendang, ya!

Baca juga: Jangan Sepelekan, Menjaga Kebersihan Earphone Itu Penting, Lho! Ini Alasan dan Cara Membersihkannya

5. Jaga kesehatan dan kebersihan telinga

Telinga Sakit Setelah Berenang

Terlepas dari rutin berenang atau tidak, kita perlu menjaga kesehatan dan kebersihan telinga. Cara terbaik untuk menjaganya adalah dengan rutin mengunjungi dokter THT. Hindari untuk membersihkan telinga sendiri karena berisiko merusak kulit atau lapisan gendang telinga. Selain itu, hindari juga membersihkan telinga secara berlebihan karena telinga kita juga membutuhkan ear wax untuk membantu mencegah terjadinya infeksi.

PREVIOUS ARTICLE

Deretan Film dan Series Adaptasi Game Siap Tayang yang Wajib Ditonton Para Gamers

NEXT ARTICLE

5 Sikap Calon Pasangan di Media Sosial yang Patut Anda Waspadai

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

comments