ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Pembicaraan Tentang Uang yang Harus Dibahas Pasangan dalam Tiap Fase Hubungan

Dalam sebuah hubungan pembahasan tentang uang bisa menjadi hal yang sensitif untuk dibahas. Namun meski sering terjebak dalam situasi canggung, percakapan mengenai finansial tetap penting untuk dilaukan dalam setiap fase hubungan. Bahkan bagi Anda yang baru melakukan pendekatan, jangan ragu untuk memulai pembicaraan soal uang pada pasangan, dengan melihat pembahasan apa yang normal untuk dibicarakan dalam tiap fase hubungan berikut ini.

Membahas keuangan di kencan ke-3

membicarakan uang dengan pasangan

Kencan pertama dan ke-2 umumnya diisi dengan pengenalan lebih dalam antara Anda dan calon pasangan dan melihat sejauh mana ketertarikan yang timbul. Jika dua kali kencan memberikan hasil positif, maka biasanya di kencan ke-3 salah satu pihak akan mulai membahas pada hal-hal penting seperti rencana dalam hidup hingga masa depan. Di momen ini pula, jadi saat yang tepat bagi Anda untuk mengetahui bagaimana calon pasangan mengatur sekaligus menghabiskan uang yang dimiliki.

Anda tidak harus menanyakan tentang uang secara eksplisit. Kebiasaan si dia dalam mengelola uang bisa terlihat dari bagaimana gambaran keluarganya dan cara ia dibesarkan. Atau Anda bisa memberikan pertanyaan ringan seperti, apa yang akan ia lakukan jika berhasil memenangkan sejumlah uang? Dengan melihat ke mana ia memanfaatkan uang tersebut, sedikit banyak Anda sudah bisa melihat kepribadiannya dalam mengelola uang.

Membicarakan kondisi keuangan masing-masing di tahap pacaran serius

membicarakan uang dengan pasangan

Memasuki hubungan pacaran dalam tahap hubungan serius, tentunya Anda dan pasangan harus lebih terbuka mengenai masalah uang. Anda berdua bisa saling menceritakan mengenai aset masing-masing serta track record aktivitas keuangan. Tak harus dibahas secara mendetail, Anda bisa menceritakan jika memang memiliki hutang, serta berbagai penyesalan atau kebiasaan buruk saat mengelola uang. Dengan mengetahui kondisi keuanga pasangan dan karakteristiknya dalam mengelola uang, maka Anda berdua akan lebih mudah membayangkan masa depan serta bagaimana membagi peran dalam mengelola keuangan.

Mulai membicarakan masa depan di fase pertunangan

membicarakan uang dengan pasangan

Saat memutuskan untuk bertunangan maka secara tidak langsung Anda dan pasangan sudah bersiap untuk berkomitmen satu sama lain. Maka percakapan soal uang harus dibuat lebih luas dengan tak hanya membicarakan apa yang harus dilakukan saat ini, tapi juga di masa depan. Waktu yang tepat untuk mulai membicarakan berapa banyak anak yang diinginkan, serta berapa besar biaya yang dibutuhkan jika salah satu dari Anda memutuskan untuk pensiun dini.

Baca juga: Rentan Memicu Pertengkaran dengan Pasangan. Yuk, Hindari Berbagai Kesalahan Saat Mengelola Keuangan Berikut

Membuat rencana dana pendidikan anak saat berkeluarga

Saat hubungan sudah resmi dan tercatat oleh negara, maka Anda berdua harus semakin intens membicarakan mengenai keuangan keluarga. Seperti bagaimana mempersiapkan dana bagi kehamilan hingga kelahiran si kecil, sampai pada tahap mempersiapkan dana pendidikannya. Selain itu Anda juga harus membicarakan bagaimana perawatan si kecil, jika Anda berdua merupakan orang tua pekerja. Apakah salah satu dari Anda memilih untuk berhenti dari pekerjaan dan mengurus anak, atau menyiapkan budget untuk menyewa pengasuh? Tentu berbagai perubahan dalam rumah tangga akan ikut memengaruhi kondisi keuangan, maka jangan segan untuk saling terbuka dan hindari menyimpan rahasia yang bisa mengganggu kondisi keuangan keluarga.

Membicarakan peran Anda dan pasangan dalam mendukung keuangan keluarga dan masa depan

membicarakan uang dengan pasangan

Saat kehidupan rumah tangga sudah berjalan hingga belasan atau bahkan puluhan tahun, apakah pembahasan tentang uang akan berhenti? Tentu saja tidak. Anda berdua harus menduskusikan bagaimana mengatur keuangan dan mewariskannya pada anak-anak, atau bahkan membahas penting atau tidak untuk membantu finansial anggota keluarga lain (anak). Dalam urusan ini Anda bisa menyewa jasa financial planner agar rencana keuangan berjalan dengan baik. Dengan meminta bantuan financial planner akan ada berbagai pembahasan lain yang Anda temui, seperti bagaimana keberlangsungan hidup salah satu pasangan, jika pasangan lain meninggal lebih dulu, serta masalah biaya kesehatan jika salah satu pasangan sakit.

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Membicarakan Uang dengan Pasangan

PREVIOUS ARTICLE

Kembali dengan Memukau, Inilah Beberapa Fakta Menarik Tentang Album Terbaru Milik EXO

NEXT ARTICLE

Tertarik Menulis Jurnal? Ini Berbagai Jenis Jurnal yang Bisa Menjadi Inspirasi Anda!

RELATED ARTICLES

COMMENTS

3comments


  • Deshinta Savira1 week ago

    Waww nice info

  • Wahyuni Wahyuni1 week ago

    Hahha hal sensitif ni

  • Umay Azizah2 weeks ago

    Bermanfaat sekaliiii