Lifestyle

Ingin Membantu Teman Mengatasi Depresi? Jangan Lakukan Hal Ini

Harus diakui, keterbatasan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai masalah mental membuat banyak orang salah mengartikan depresi sebagai kegalauan, stres berat, negative thinking berlebihan, atau sedih berkepanjangan. Di sisi lain, orang yang menderita depresi juga bingung dengan apa yang dialaminya dan merasa segan meminta bantuan karena tak mau dicap ‘sakit jiwa’ kalau datang ke psikolog. Bila tidak diatasi, depresi bisa membuat penderita melakukan hal yang membahayakan keselamatan jiwanya sendiri. Jadi, kalau Anda merasa ada teman yang sedang mengalami depresi, coba deh berikan perhatian lebih dan tawarkan bantuan secara halus. Agar tak salah langkah dan semakin membuat sahabat Anda depresi, ikuti panduan ini untuk hal-hal yang sebaiknya dihindari dan dilakukan.

1. Geregetan dan Tak Sabar

Kalau sahabat atau keluarga dekat Anda mengalami depresi, jangan gregetan dan menganggap mereka aneh. Usahakan untuk menekan rasa tidak sabar dan tidak bisa menerima kenyataan bahwa mereka butuh waktu untuk kembali ceria seperti sedia kala. Nah, daripada Anda ikutan depresi menghadapi sahabat yang sedang depresi, ada baiknya Anda mencari tahu mengenai kondisi mental ini. Tak perlu jadi psikolog atau ahli syaraf untuk membantu teman mengatasi depresi. Dengan banyak membaca dan memiliki pengetahuan dasar mengenai depresi, Anda bisa lebih mengerti tentang apa yang mereka rasakan.

2. Mengatakan Kalau Mereka Lebay

Membantu Teman Mengatasi Depresi - Tertawa

Jangan pernah mengatakan “Kamu lebay deh” atau “Ah, itu cuma perasaan kamu saja” pada mereka yang tengah mengalami depresi. Pola pikir orang yang menderita depresi sedikit berbeda. Ketika mendengarkan perkataan seperti itu dari orang terdekat, mereka justru akan menyalahkan diri sendiri, cemas, atau sangat sedih. Apa yang sebaiknya dilakukan? Penelitian membuktikan bahwa tertawa adalah salah satu hal yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan mental. Tertawa juga bisa menghilangkan sebagian ketakutan dan rasa panik penderita depresi. Jadi, Anda bisa coba sesekali mengajak teman menonton film komedi atau melakukan hal menyenangkan lain yang akan membuat mereka santai dan tertawa.  

3. Memaksa Untuk Pergi ke Psikolog

Membantu Teman Mengatasi Depresi

Jika tak tahan atau habis akal dengan kondisi depresi seseorang, janganlah untuk menyuruh mereka untuk berkonsultasi dengan ahli.  Apabila tanggapan mereka kurang baik, jangan memaksa atau menekan. Hal ini justru akan membuat mereka semakin tidak mau. Ada baiknya, Anda mengarahkannya secara halus dan menawarkan bantuan saat mereka membutuhkan. Kalau perlu, tawarkan diri untuk menemani mereka berkonsultasi.

4. Menekan Rasa Percaya Diri

Jika seseorang tengah dilanda depresi, ada kalanya pola pikir tak bisa terbentuk dengan logis atau rasional. Ketika mereka sedang tak bisa berpikir jernih, hindari untuk menekan rasa percaya dirinya dengan memaksa untuk bisa segera memandang hal secara positif dan berpikir secara rasional. Jangan sampai Anda juga mencela mereka. Sebaliknya, Anda harus membangun rasa percaya diri mereka. Ceritakan kembali kuatnya mereka saat berhasil mengatasi masalah yang terjadi di masa lalu. Ingatkan mereka tentang atribut positif yang mereka miliki, atau minta mereka untuk mengingat berbagai pencapaian yang sudah diraih selama ini. Selain akan meningkatkan kepercayaan diri, hal ini juga akan memberikan harapan bahwa mereka bisa keluar dari cengkeraman depresi.

5. Menjauhkan Diri

Membantu Teman Mengatasi Depresi

Hal paling kuat dan mendasar untuk bisa terhubung dengan orang lain adalah dengan mendengarkan dan memberikan perhatian tulus. Bagi orang yang mengalami depresi, memiliki seseorang yang mau mendengarkan apa yang mereka rasakan atau pikirkan sangatlah berarti. Karena itu, janganlah menjauhkan diri di saat sahabat atau keluarga Anda tengah depresi dan butuh orang terdekat. Jika tak bisa berbuat apa-apa, cukup lakukan satu hal ini: mendengarkan. Tanpa judgment, tanpa interupsi, dan tanpa apapun kecuali perhatian penuh dan kontak mata.

 

PREVIOUS ARTICLE

Psst, Mau Tahu Rahasia Agar Long Distance Relationship Alias LDR Anda Lebih Awet?

NEXT ARTICLE

Masih Jomblo? Ini Alasan Penting untuk Mencoba Online Dating Sekarang Juga!

RELATED ARTICLES

COMMENTS

1comment


  • Ayu Kinasih1 week ago

    Topik kayak gini yg perlu banget diUp jaman sekarang.. penting bgt..