ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Lifestyle

Jangan Melakukan 5 Hal Ini di Media Sosial saat Anda Sedang Melamar Kerja

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Career Builder, lebih dari 70 persen perusahaan menyaring calon pekerja lewat media sosial. Lebih dari setengah dari perusahaan-perusahaan itu mengatakan, mereka tidak akan memilih kandidat yang kuat jika mereka melihat sesuatu yang tidak sesuai dengan visi dan misi perusahaannya.

Menyadari hal tersebut, ada baiknya Anda berpikir ulang sebelum mengunggah apapun di media sosial. Yuk, simak tips berikut mengenai hal-hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan di sosial media supaya bisa dipertimbangkan oleh perusahaan tempat Anda melamar!

1. Mengunggah sedang minum dan merokok

Tidak semua perusahaan ataupun HRD berpikiran terbuka dan membedakan antara kehidupan kantor dan di luar kantor. Apalagi kalau Anda sedang melamar di perusahaan pemerintahan yang cenderung konvensional. Sebaiknya kebiasaan minum dan merokok Anda tidak perlu diumbar ke media sosial agar tidak membuat Anda mendapatkan image buruk dari perusahaan tempat Anda melamar.

2. Mengumpat dan berkata-kata kasar

Banyak orang yang menjadikan media sosial sebagai tempat pelampiasan emosi yang dirasakan. Tapi tidak semua orang menganggap umpatan kasar adalah sesuatu yang keren dan sebagai bentuk luapan perasaan. Ada baiknya Anda menahan diri untuk tidak mem-posting kata-kata berupa umpatan meskipun Anda sangat ingin meluapkan perasaan Anda. Lebih baik curhat dengan teman dekat dibandingkan mengungkapkannya secara terbuka di media sosial.

3. Memberikan komentar diskriminasi

 

Hati-hati dalam memberikan komentar di sosial media orang lain ataupun punya sendiri. Rekam jejak online sangat mudah untuk dilacak. Jika Anda pernah meninggalkan komentar bernada diskriminasi, padahal maksudnya hanya bercanda, bisa jadi Anda tidak akan dipertimbangkan untuk diterima bekerja di perusahaan yang Anda inginkan.

4. Menggunakan nama alay

 

Zaman sekarang ini media sosial bukan lagi sesuatu yang dianggap hanya main-main saja. Media sosial sudah berkembang menjadi portfolio online yang akan menunjukkan kepribadian, ketertarikan, serta hobi Anda. Menggunakan nama alay hanya akan memberikan citra diri yang tidak dewasa. Yuk, mulai gunakan nama asli untuk akun media sosial profesional!

5. Berbohong soal kemampuan dan pengalaman bekerja

Mungkin tujuan awal Anda menambahkan kemampuan maupun daftar pekerjaan yang sudah pernah Anda jalani supaya Anda terkesan punya banyak pengalaman dan berpotensi. Padahal kejujuran sangat diutamakan saat Anda melamar pekerjaan. Tujuannya tentu saja untuk memberikan Anda pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan diri Anda. Untuk itu, tidak perlu berbohong mengenai kemampuan maupun pengalaman bekerja Anda karena perusahaan bisa saja mengecek langsung ke perusahaan fiktif yang Anda cantumkan dalam CV.

PREVIOUS ARTICLE

5 Bantuan Sederhana yang Bisa Anda Lakukan untuk Meringankan Perasaan Teman yang Memiliki Gangguan Kecemasan

NEXT ARTICLE

Berbagai Alasan Mengapa Seseorang Gemar Stalking Pacar Baru Mantan

RELATED ARTICLES

comments