Guide

Hati-Hati, Masalah Rambut Ini Bisa Menjadi Tanda Adanya Masalah Pada Kesehatan Tubuh

Rambut yang indah dan sehat tentunya menjadi idaman banyak orang, khususnya para wanita. Untuk menjaga kesehatan dan keindahannya, bagian tubuh yang dikatakan sebagai mahkota wanita ini tentunya juga membutuhkan perawatan. Mulai dari perawatan rambut DIY di rumah, hingga perawatan di salon yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lalu bagaimana ya kalau sudah melakukan perawatan namun permasalahan rambut tak kunjung hilang? Bisa jadi penyebabnya ada pada kesehatan tubuh Anda. Berikut ini adalah masalah rambut yang bisa menjadi tanda adanya masalah pada kesehatan tubuh.

Rambut Mudah Patah

permasalahan rambut

Menemukan banyak rambut pada sarung bantal di pagi hari? Rambut pada bantal bukanlah rambut rontok, melainkan masalah rambut patah. Biasanya, rambut menjadi rapuh dan mudah patah akibat proses kimia pada rambut seperti pengecatan. Meski begitu, ternyata kondisi ini juga bisa menandakan adanya masalah kesehatan pada tubuh, salah satunya adalah cushing’s syndrome atau biasa dikenal juga dengan sebutan hypercortisolism. Kondisi ini disebabkan oleh adanya kelainan pada kelenjar adrenal yang memproduksi hormon kortisol secara berlebihan. Gejala cushing s syndrome lainnya antara lain tekanan darah tinggi, kelelahan, dan sakit punggung. Jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut.

Baca Juga: Punya Rambut Tipis? Pilih Makanan Berikut yang Bisa Bikin Rambut Sehat Sekaligus Cepat Tumbuh

Rambut Kering dan Menipis

permasalahan rambut

Banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering, misalnya karena produk hair styling seperti pengering rambut, pengeriting rambut, hingga cat rambut. Namun ternyata, perubahan tekstur rambut yang signifikan dapat menjadi tanda adanya masalah pada kelenjar tiroid. Kelainan yang menandakan bahwa kelenjar tiroid tidak bekerja dengan baik ini dikenal juga dengan istilah hypothyroidism. Selain rambut yang yang menjadi kering dan menipis, penderita hypothyroidism akan mengalami gejala berupa lemas, penambahan berat badan, detak jantung yang menurun, serta merasa kedinginan setiap saat. Kalau merasakan gejala ini, segera ke dokter untuk mengecek kadar hormon tiroid Anda, ya!

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Ketidakseimbangan Hormon Tanpa Harus ke Dokter

Rambut Rontok

permasalahan rambut

Manusia rata-rata mengalami kerontokan rambut sebanyak 100-150 helai per harinya akibat pembaharuan sel tubuh. Jika Anda menyadari adanya peningkatan jumlah rambut yang tertinggal di sisir atau lantai kamar mandi Anda, bisa jadi itu bukan karena masalah rambut rontok biasa. Rambut yang rontok secara berlebihan bisa disebabkan oleh pikiran yang stres, anemia, hingga diabetes. Untuk mengetahui apakah kerontokan tersebut hanya bersifat sementara atau akan menuju kebotakan, hal ini dapat diketahui dari adanya titik putih pada ujung rambut. Keberadaan titik putih tersebut menandakan bahwa kerontokan rambut bersifat sementara. Untuk mengurangi kerontokan, coba atasi dulu penyebabnya dengan berkonsultasi ke dokter. Setelah itu, konsumsi suplemen biotin yang dapat memperkuat dan menebalkan rambut. Konsumsi vitamin D juga dipercaya dapat membantu penumbuhan rambut baru.

Baca Juga: Hati-Hati, 5 Kebiasaan Ini Dapat Membuat Rambut Jadi Tipis!

Yellow Flakes

permasalahan rambut

Pernah mengalami ketombe? Munculnya serpihan kulit kepala yang seringkali diiringi rasa gatal ini dapat dialami semua orang dan jarang diasosiasikan dengan masalah yang serius. Namun, jika serpihan ini memiliki warna kekuningan, itu bisa menjadi tanda penyakit kulit yang lebih serius. Seborrheic dermatitis adalah kondisi inflamsi kronis yang menyebabkan kulit kepala menjadi bersisik, kemerahan, dan berketombe. Sebenarnya penyakit ini bisa terjadi pada area tubuh lainnya yang sering berminyak seperti wajah, alis, dada, maupun kelopak mata. Tidak ada penyebab pasti dari seborrheic dermatitis. Namun, hal ini umumnya berhubungan dengan jamur malassezia yang terdapat pada minyak di kulit atau terjadi kelainan dengan sistem imun kita.

PREVIOUS ARTICLE

Galau Karena Tiba-Tiba Bertemu Mantan? Jaga Akal Sehat Anda Dengan Cara Ini

NEXT ARTICLE

Kok Dihitung-Hitung Malah Anda yang Rugi? Ini Nih Aturan Sharing Dengan Teman!

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

comments