ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Ragam Fakta Menarik Mengenai Bikram Yoga. Anda Pernah Mencobanya?

Belakangan, olahraga bikram yoga semakin populer saja di Indonesia. Bahkan, tak sedikit selebriti tanah air yang turut mencobanya. Sebut saja Marshanda, Kelly Tandiono, dan masih banyak lagi. Namun, tahukah Anda bahwa bikram yoga ternyata berbeda dengan yoga biasa? Lantas, apa yang membuat keduanya berbeda? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

Yoga yang tidak untuk semua orang

Manfaat yoga bikram

Bikram yoga atau yang sering disebut juga dengan hot yoga ini merupakan salah satu bentuk yoga yang dipraktikkan di sebuah ruangan dengan temperatur 35-42°C dan level kelembapan yang dijaga sebanyak 40%. Satu sesi yoga bikram berlangsung selama 90 menit dan terdiri atas 26 pose yoga. Fokus dari yoga bikram adalah untuk menjaga durasi dan mengontrol kontraksi otot-otot utama. Kombinasi antara level kesulitan dari pose-pose bikram yoga dengan suhu yang tinggi dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja jantung dan memaksimalkan potensi otot.

Meski begitu, jenis yoga ini tidak dapat dilakukan semua orang. Jika Anda memiliki riwayat penyakit yang berkaitan dengan jantung, intoleransi dengan panas, atau hamil, maka yoga bikram ini sebaiknya tidak dilakukan. Anda yang melakukan bikram yoga juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air sebanyak mungkin, baik sebelum maupun sesudah melakukan bikram yoga.

Memiliki ragam manfaat untuk kesehatan psikologis

Manfaat yoga bikram

Pada sebuah studi yang dilakukan tahun 2011 silam oleh Journal of Exercise Science & Fitness, rutin melakukan yoga bikram selama 8 minggu dapat mengurangi stres dan mempermudah individu untuk mempraktikkan kesadaran dan ketenangan pikiran secara optimal. Tak hanya itu, sebuah surat kabar Center Washington University di Ellensburg pun melakukan survei terhadap 700 orang dan ditemukan bahwa 48% di antara mereka mengakui adanya perubahan mood yang lebih baik setelah melakukan yoga bikram.

Situasi saat melakukan yoga bikram juga dapat dilihat sebagai sebuah latihan bagi kondisi mental seseorang. Melakukan aktivitas dalam kondisi suhu ruangan sepanas itu tentu saja membutuhkan kekuatan mental dan tingkat fokus yang tinggi. Oleh karena itulah, rutin melakukan yoga ini juga dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi Anda.

Menurunkan berat badan tanpa menimbulkan masalah

Manfaat yoga bikramSesi yoga bikram yang cukup berat menyebabkan tubuh berkeringat. Terutama saat otot memanas, proses pembakaran lemak terjadi. Pada saat yang sama, detak jantung yang meningkat juga membantu membakar kalori. Potensi otot yang didorong oleh yoga bikram dapat memperkuat otot dan membuatnya lentur, sementara suhu yang tinggi dan durasi yoga akan mengurangi lemak berlebih dan toksin yang mengendap di tubuh. Sistem metabolisme tubuh dan sirkulasi darah yang lebih lancar akan membawa harmoni ke tubuh Anda yang mengarah pada pengurangan lemak pada tubuh.

Baca juga: Ingin Tidur Lebih Nyenyak dan Pikiran Lebih Tenang? Yuk, Coba Yoga Nidra!

PREVIOUS ARTICLE

Review Film: Us, Karya Kedua Jason Peele yang Membawa Horor ke Tingkat Berbeda

NEXT ARTICLE

Jenis Sepatu yang Berdampak Buruk untuk Kesehatan Jika Dipakai Secara Terus Menerus

RELATED ARTICLES

A future corgi and shibe Momma. A patata in a human form.

comments