ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Tak Sekadar Mencegah Pilek, Berikut 5 Alasan Mengapa Penting untuk Melakukan Vaksinasi Flu

Rata-rata, paling tidak seseorang mengalami sakit flu selama dua kali selama setahun. Kalau sudah flu, pasti tubuh rasanya tidak karuan! Tenggorokan sakit, hidung tersumbat, mudah pusing, dan tubuh jadi terasa lemas. Untuk menanggulangi penyakit yang disebabkan oleh virus ini, telah tersedia vaksin influenza, yaitu vaksin dalam bentuk suntik yang dikembangkan untuk melindungi manusia dari influenza.

Di Indonesia, pemberian vaksin flu belum diwajibkan. Akan tetapi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan vaksinasi tahunan untuk hampir semua orang yang berusia di atas enam bulan, terutama mereka yang berisiko tinggi terjangkit flu. Selain tentunya membantu melindungi tubuh dari pilek, berikut 5 alasan lain mengapa Anda perlu mendapatkan vaksin ini:

1. Virus influenza di Indonesia ada sepanjang tahun

manfaat vaksin flu

Pemberian vaksin flu umumnya dilakukan sebelum musim flu dimulai. Nah, pada negara-negara dengan 4 musim, pemberian vaksin flu dilakukan pada awal musim gugur atau sekitar akhir bulan Oktober, sebelum musim flu (yang biasanya terjadi pada akhir musim gugur dan musim dingin) dimulai. Akan tetapi, pada negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, virus influenza mengancam kesehatan masyarakatnya sepanjang tahun. Itulah mengapa sangat penting untuk mendapatkan vaksin flu demi mencegah penyakit ini. Namun, baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui jenis vaksin apa yang tepat sesuai strain virus yang beredar, ya!

2. Influenza dapat menyebabkan kematian

Dalam beberapa kasus, mungkin influenza ‘hanya’ sekadar mengakibatkan seseirang menderita batuk dan bersin. Meski demikian, tak sedikit pula kasus flu yang berujung komplikasi dan berujung pada kematian. Hal ini disebabkan oleh daya tahan dan kondisi tubuh orang yang berbeda-beda. Ada yang menerima infeksi influenza dengan reaksi ringan, ada pula yang bereaksi berat hingga komplikasi. Dilansir dari HelloSehat, dalam periode 31 musim di antara tahun 1976 dan 2007, perkiraan kematian yang terkait dengan flu berkisar mulai dari 3.000 – 49.000 orang.

3. Membantu mencegah masalah kesehatan serius

manfaat vaksin flu

Kalau mendengar kata flu, mungkin yang langsung terbayangkan adalah sakit batuk dan pilek yang seolah bisa ‘sembuh dengan sendirinya’ tanpa memerlukan vaksin. Padahal, manfaat vaksin flu tak hanya sebatas mencegah flu saja, lho! Beberapa studi menyebutkan bahwa vaksin flu juga memengaruhi rendahnya kasus serangan jantung pada penderita penyakit jantung, terutama mereka yang telah mengalami serangan jantung sebelumnya. Studi lainnya juga menyebutkan bahwa vaksin flu berkontribusi menurunkan angka risiko masalah kesehatan pada penderita diabetes dan radang paru-paru.

Baca juga: Kampanye Ayo #StopFlu! Untuk Cegah Penyebaran Virus Influenza

4. Menjaga kesehatan tubuh wanita saat dan setelah melahirkan

manfaat vaksin flu

Dilansir dari CDC, vaksin flu dapat membantu menjaga kesehatan tubuh wanita hamil hingga setelah melahirkan. Pasalnya, vaksin akan mengurangi risiko infeksi pernafasan akut karena flu pada ibu hamil hingga 1,5 kali. Tak hanya itu saja, studi di tahun 2018 juga menunjukkan bahwa vaksin flu mengurangi risiko wanita hamil untuk dirawat di rumah sakit karena flu hingga 40%. Tentunya, kesehatan tubuh sang ibu yang terjaga juga akan berpengaruh pada antibodi sang bayi ketika dilahirkan, sehingga turut membantu mengurangi risiko bayi terkena flu.

5. Mengurangi risiko penularan flu pada orang lain

manfaat vaksin flu

Menurut sebuah studi, di tahun 2016-2017 vaksin flu diestimasi berhasil mencegah 85.000 pasien di rumah sakit terkait penyakit flu. Tak hanya itu saja, dalam studi lainnya yang dilakukan di tahun 2014, data menunjukkan bahwa vaksin flu mengurangi kasus flu pada anak-anak hingga 74% selama musim flu dari tahun 2010-2014. Data terakhir di tahun 2018 menunjukkan bahwa dari tahun 2012-2015, vaksin flu mengurangi risiko kasus terkait flu di ICU hingga 82%.

Pada intinya, mendapatkan vaksin tak hanya melindungi Anda, namun juga melindungi orang-orang di sekitar Anda yang lebih rentan terhadap virus flu seperti bayi, anak-anak, orang lanjut usia, serta pemilik kondisi kesehatan tertentu. Vaksin flu bisa Anda dapatkan dengan harga kurang lebih Rp200.000 – Rp500.000 untuk satu kali suntik. Untuk melihat apakah Anda termasuk golongan orang yang perlu mendapatkan vaksin influenza, silakan cek di sini.

Baca juga: Jangan Lengah, Halau Penyakit dengan 5 Vaksin Untuk Wanita Dewasa Ini

PREVIOUS ARTICLE

Moms, Sudah Tahu Belum? Memiliki Hewan Peliharaan Ternyata Menyimpan Manfaat bagi Si Kecil!

NEXT ARTICLE

Review Film: The Instant Family, Perjuangan Mengadopsi Anak yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

1comment


  • Ani Widiastuti3 weeks ago

    nice share... folback ya kak, makasih