Guide

Berbagai Manfaat yang Bisa Anda Rasakan jika Rutin Melakukan Flossing

Apakah Anda rutin melakukan flossing? Kalau tidak, tenang saja karena Anda tidak sendiri! Flossing sepertinya belum menjadi hal yang umum di lakukan orang untuk menjaga kebersihan gigi dan mulutnya. Banyak orang yang merasa kebersihan gigi dan mulut sudah cukup terjaga hanya dengan menggosok gigi dan berkumur saja. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan jika rutin melakukan flossing, lho! Apa saja?

Lebih Efektif Menghilangkan Plak

rutin melakukan flossing

Gosok gigi akan membersihkan plak pada permukaan gigi. Namun, untuk area belakang dan sela-sela gigi biasanya tidak dapat terjangkau dengan baik oleh sikat gigi. Padahal tidak butuh waktu lama bagi plak untuk menumpuk dan mengeras menjadi tartar. Dengan rutin melakukan flossing, Anda bisa mencegah terbentuknya tartar yang menyebabkan gigi berlubang dan gusi meradang.

Menjaga Kesehatan Mulut

rutin melakukan flossing

Jutaan bakteri dan kuman bisa Anda temukan pada rongga mulut. Jika Anda tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik, berbagai penyakit gigi dan mulut bisa menyerang dengan mudah. Flossing dapat membantu mengangkat sisa makanan dan bakteri dari area yang tidak terjangkau sikat gigi, sekaligus menjaga kesehatan mulut dengan lebih baik.

Baca juga: Menjadi Tidak Percaya Diri karena Bau Mulut? Berikut 5 Bahan Alami yang Dapat Mengatasinya

Mengurangi Risiko Diabetes

rutin melakukan flossing

Meskipun tidak berhubungan langsung, rutin melakukan flossing dapat memiliki dampak besar bagi penderita diabetes, lho! Bakteri dalam mulut dapat berkembang biak dengan cepat. Jika tidak dibersihkan dengan baik, bakteri ini dapat memengaruhi kadar gula pada darah dan membawa masalah bagi penderita diabetes. Untuk membantu menstabilkan kadar gula pada darah, Anda bisa melakukan flossing setidaknya sehari sekali.

Menjaga Aroma Napas Lebih Segar

rutin melakukan flossing

Punya masalah dengan aroma napas tidak sedap? Itu bisa menandakan bahwa Anda kurang menjaga kebersihan mulut Anda. Sisa makanan yang terjebak di antara gigi dan gusi dapat menimbulkan bakteri yang menyebabkan aroma tidak sedap. Rutin melakukan flossing dapat membantu mengurangi aroma tidak sedap dari mulut dan membuat napas lebih segar.

Baca juga: Selain Menggosok Gigi, Cegah Bau Mulut Dengan 5 Cara Berikut Ini

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

rutin melakukan flossing

Pernah mengalami gusi berdarah? Ini bisa menjadi ciri gingivitis, sebuah penyakit peradangan gusi yang disebabkan menumpuknya plak pada garis gusi. Penyakit ini bisa menyebabkan mikroorganisme masuk ke dalam aliran darah dan menyerang organ tubuh. Jika daya tahan tubuh sedang lemah, mikroorganisme ini juga dapat merusak sel pembuluh darah arteri dan meningkatkan senyawa penyebab tersumbatnya pembuluh darah.

Baca juga: Jangan Dianggap Sepele, Masalah Gigi dan Mulut Ternyata Bisa Menjadi Pertanda Penyakit Serius

PREVIOUS ARTICLE

7 Series Korea yang akan Memanjakan para Pencinta K-Drama di Bulan Juli

NEXT ARTICLE

5 Alasan yang Membuat Anda Perlu Melakukan Dating Detox

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

COMMENTS

1comment


  • Dean Piagio2 weeks ago

    nice info