ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Tak Sekadar Sehat, Berikut 5 Manfaat Olahraga Lari di Luar Ruangan yang Perlu Anda Ketahui

Kesibukan sering membuat banyak orang malas untuk beraktivitas di luar ruangan, termasuk dalam urusan berolahraga. Dengan menjamurnya pusat kebugaran dengan program dan fasilitas menarik serta kehadiran video tutorial workout di Youtube untuk melakukan olahraga di rumah, maka makin sedikit orang yang memilih untuk berolahraga di luar ruangan. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan berlari di alam terbuka, sseperti halnya 5 manfaat berikut ini.

Mendapatkan manfaat vitamin D

Sudah bukan rahasia lagi kalau sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang paling mudah didapat. Namun ternyata, masih banyak orang yang tidak mendapatkan asupan vitamin D dengan baik. Padahal, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk mengalami kelelahan, melemahnya sistem imun tubuh, berkurangnya kepadatan tulang, dan depresi. Jadi, jangan ragu untuk mengatur waktu dengan sahabat untuk berlari ringan di luar ruangan, terutama di pai hari untuk mendapat asupan vitamin D yang cukup.

Baca juga: Waspada, Ciri-Ciri Berikut Bisa Jadi Pertanda Tubuh Kekurangan Vitamin D!

Lebih banyak melakukan gerakan otot

Lari di atas treadmill memang lebih praktis. Namun Anda tidak akan bisa melatih otot sebanyak seperti ketika Anda lari di alam terbuka. Treadmill memiliki permukaan yang datar, sehingga gerakan otot pun terbatas. Beda halnya ketika Anda berlari di atas tanah yang permukaannya lebih tidak rata, sehingga akan membuat otot lebih banyak bekerja ketika berlari. Apalagi jika Anda berlari di area perbukitan. Selain kaki jadi lebih kuat, hal ini juga akan meningkatkan kelenturan lutut Anda dibandingkan dengan berlari di atas treadmill.

Baca juga: Mau Olahraga Kok Malah Cedera? Ini Nih Kesalahan Treadmill yang Kerap Dilakukan Pemula

Menikmati pemandangan sekaligus mengurangi stres

Tak ada yang bisa menggantikan sensasi berlari di ruangan terbuka karena Anda bisa menikmati pemandangan indah secara langsung dan menghirup udara luar yang menyegarkan. Berdasarkan sebuah studi, berlari di lingkungan alami akan menghadirkan perasaan positif, mengurangi stress, kemarahan dan depresi, serta menambah energi. Berlari di alam terbuka membawa lebih banyak kepuasan dan kebahagiaan dibandingkan berolahraga di dalam ruangan. Selain itu, berada di alam terbuka juga dapar meningkatkan memori dan fokus Anda.

Membakar kalori lebih banyak

Salah satu alasan orang berolahraga adalah untuk membakar kalori sebanyak mungkin, dan berlari di luar ruangan merupakan salah satu cara terbaik untuk melakukannya. Berlarian di permukaan tanah yang bergelombang, melompati trotoar, ataupun melawan kencangnya angin tidak akan bisa Anda alami di dalam ruangan. Padahal hal-hal tersebut justru yang membuat Anda mampu membakar lebih banyak kalori karena tantangan yang dihadapi juga lebih berat.

Lebih lama berolahraga

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang berolahraga di luar ruangan cenderung untuk berolahraga lebih lama dan lebih sering dibandingkan mereka yang berolahraga di dalam ruangan. Mungkin karena lebih banyak “gangguan positif” yang ditemui. Atau bisa juga karena faktor Anda tak akan bisa dengan mudah menekan tombol stop seperti di treadmill ketika berlari di luar ruangan. Mau tak mau Anda harus berlari atau berjalan untuk bisa kembali ke rumah, jika berolahraga di luar ruangan, bukan?

Baca juga: Demi Hidup Sehat, Yuk Buat Resolusi Olahraga Sederhana yang Mudah untuk Dijalankan

PREVIOUS ARTICLE

Beragam Manfaat Minyak Buah Baobab bagi Kecantikan Kulit, Kuku, dan Rambut

NEXT ARTICLE

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Anda Peroleh dari Acara Netflix “Tidying Up With Marie Kondo”

RELATED ARTICLES

comments