Guide

Memperbaiki Postur Tubuh Itu Penting, Lho! Berikut Manfaat yang Dapat Anda Rasakan

Anda tentu sudah sering dengar, kalau postur tubuh yang baik akan membuat Anda terlihat lebih percaya diri. Namun, sebenarnya ada banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan memperbaiki postur tubuh. Lebih dari sekadar penampilan, postur tubuh yang baik juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan badan dan mental Anda! Bermanfaat sekali, bukan? Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan dengan memperbaiki postur tubuh.

Menurunkan Tingkat Stres

Memperbaiki Postur Tubuh

Duduk dengan postur yang tegak ternyata dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi stres. Sebuah studi yang dilakukan Harvard menyatakan bahwa postur tubuh yang bungkuk bisa mengurangi hormon testosterone (hormon kepercayaan diri) sebanyak 10% dan meningkatkan hormon kortisol (hormon penyebab stres) sebanyak 15%. Anda juga dapat menurunkan tingkat stres dengan melakukan power posture selama 2 menit dalam sehari. Pose termudah yang bisa Anda lakukan adalah bertolak pinggang dengan tubuh yang tegak layaknya Wonder Woman. Bila rutin melakukan pose ini, stres dapat menurun dan kepercayaan diri juga meningkat.

Baca juga: Ingin Karier yang Lebih Sukses? Coba Latih Kemampuan Bahasa Tubuh Anda!

Membakar Lebih Banyak Kalori

Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang baik juga dapat membantu membakar lebih banyak kalori pada tubuh. Terutama saat Anda sedang berolahraga. Sirkulasi darah pada tubuh akan menjadi lebih lancar dan tubuh dapat menyerap lebih banyak oksigen, sehingga membuat olahraga yang sedang Anda jalani menjadi terasa lebih mudah. Tak hanya itu, postur tubuh yang baik juga akan membuat sendi-sendi berada pada posisi yang seharusnya. Saat sedang melakukan gerakan workout seperti yoga, hasil kalori yang terbakar pun akan menjadi lebih maksimal.

Membantu Meningkatkan Produktifitas

Memperbaiki Postur Tubuh

Merasa tidak produktif saat bekerja? Anda dapat meningkatkannya dengan cara memperbaiki postur tubuh. Bekerja dengan postur tubuh yang baik akan memberi sinyal pada otak bahwa Anda sedang berada pada posisi siap. Sinyal tersebut akan meningkatkan kadar hormon testosterone dan dapat meningkatkan produktivitas. Memang sih, posisi duduk yang menyender tidak karuan kadang terasa lebih nyaman. Namun, akan lebih banyak dampak buruknya bagi diri Anda.

Baca juga: Bekerja Seharian di Depan Komputer? Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Agar Tetap Sehat dan Produktif!

Meningkatkan Energi

Memperbaiki Postur Tubuh

Saat jam-jam sore setelah makan siang, Anda yang bekerja di kantor biasanya mengalami jam malas. Sudah mulai sulit berkonsentrasi, tubuh terasa lelah, belum lagi rasa mengantuk yang sulit untuk ditahan. Umumnya, jam 3 sore adalah jam dimana seseorang membutuhkan boost energy. Nah, sebelum kembali menenggak kopi, coba cek dahulu posisi duduk Anda. Peregangan dan perbaikan postur tubuh saat duduk dapat meningkatkan energi berkat lancarnya asupan oksigen dalam tubuh.

Baca juga: Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk di Kantor ini Bisa Mengancam Pekerjaan Anda!

Meningkatkan Kesehatan Sendi

Memperbaiki Postur Tubuh

Kesehatan sendi sangat dipengaruhi oleh postur tubuh. Jika Anda mulai merasakan ada rasa sakit atau tidak nyaman pada sendiri, cobalah untuk segera memperbaiki postur tubuh. Misalnya, Anda mempunyai postur tubuh yang sangat menunduk saat bermain telepon genggam. Hal ini tidak baik untuk kesehatan sendi pada bahu, leher, dan otot-otot sekitarnya. Bahkan, kebiasaan ini dapat berujung dengan cedera, lho! Dengan membiasakan diri berkegiatan dengan postur tubuh yang benar, Anda bisa menyeimbangkan kesehatan otot dan sendi yang nantinya akan menyelamatkan Anda dari berbagai penyakit otot dan tulang.

Baca juga: Duh, Punggung Terasa Berat. Apa Penyebabnya Ya?

PREVIOUS ARTICLE

Melihat Keindahan dan Pesona Wisata Indonesia, dari Mata 5 Travel Blogger Dunia

NEXT ARTICLE

Manfaat Mengejutkan dari Kebiasaan Rutin Mengonsumsi Earl Grey Tea

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

comments