ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Ragam Manfaat Meminum Secangkir Kopi Sebelum Berolahraga. Sudah Tahu?

Di balik segala kontroversinya, kopi masih menjadi minuman yang banyak diminati oleh banyak orang. Tak hanya nikmat, kopi juga bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh asalkan diminum dalam jumlah yang tidak berlebihan dan dibuat dengan cara yang tepat. Selain bisa menjadi andalan untuk menghilangkan rasa kantuk, menurut Monica Auslander Moreno, MS, RD, LD / N, konsultan nutrisi di RSP Nutrition, meminum secangkir kopi sebelum workout atau berolahraga bisa mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh, lho. Wah, apa saja, ya?

Meminimalkan cedera otot

Berdasarkan penelitian dari University of Illinois, responden yang meminum kopi sebelum berolahraga akan lebih sedikit mengalami cedera atau nyeri otot. Kandungan kafein tinggi yang terdapat di dalam secangkir kopi akan meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot yang semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Membakar lemak lebih cepat dan efektif

Manfaat yang paling banyak dicari dengan meminum kopi sebelum melakukan workout atau olahraga adalah karena kandungan kafein di dalamnya yang dapat membantu proses pembakaran lemak lebih cepat dan efektif. Secangkir kopi yang diminum sebelum olahraga akan membuat sel-sel lemak dalam tubuh bekerja menjadi energi serta meningkatkan metabolisme untuk membuat tubuh membakar kalori lebih banyak.

Baca Juga: Mengenal Kopi Hijau, Minuman Dengan Kafein Rendah dan Anti-Oksidan Tinggi

Menambah stamina

Beberapa penelitian membuktikan bahwa, orang yang meminum kopi sebelum berolahraga akan memiliki stamina dan mampu melakukan workout lebih lama. Studi lain yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Science menemukan bahwa responden yang mengonsumsi kopi sebelum berlari 1.500 meter di atas treadmill menyelesaikan rata-rata kecepatan lari mereka 4,2 detik lebih cepat.

Membuat Anda lebih fokus

Selain meningkatkan stamina atau energi, meminum kopi sebelum berolahraga juga dapat membuat Anda menjadi lebih fokus. Penelitian yang dilakukan di Johns Hopkins University membuktikan bahwa kafein dalam jumlah tertentu dapat meningkatkan kemampuan otak dan daya ingat. Konsentrasi dan fokus saat berolahraga akan membuat latihan yang dilakukan menjadi lebih efektif.

Memperlancar peredaran darah

Kopi mengadung kafein tinggi yang diminum sebelum berolahraga dapat membantu peningkatan tekanan darah dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi dinding pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar saat berolahraga.

Namun meski memberikan beragam manfaat, Anda juga perlu mengetahui lebih dahulu, bagaimana reaksi tubuh dalam memproses kopi. Karena sejatinya setiap tubuh memiliki kemampuan metabolisme yang berbeda tak terkecuali kemampuan dalam memecah kafein di tubuh. Jika tertarik melakukan hal sebaiknya konsumsi kopi setidaknya 60 menit sebelum berolahraga. Atau jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ahli jika Anda ingin mengetahui kemampuan metabolisme tubuh dalam memproses kafein sebelum mencobanya.

Baca Juga: Coffee Shop Effect, Alasan Pekerjaan Bisa Cepat Beres Saat Dikerjakan di Kedai Kopi

PREVIOUS ARTICLE

Dari Syahrini hingga J.Lo, Begini Cara Memilih Cincin Pernikahan yang Tepat untuk Anda dan Pasangan

NEXT ARTICLE

Duduk Menyilangkan Kaki Ternyata Tak Baik untuk Kesehatan, Lho! Ini Penjelasannya

RELATED ARTICLES

comments