Guide

Selain Menggemaskan, Ternyata Memelihara Kucing Juga Berdampak Baik untuk Kesehatan, Lho!

Jika Anda adalah seorang pemilik kucing, mungkin Anda pernah menghabiskan waktu berlama-lama hanya untuk bermain dengan binatang berbulu tersebut. Saya sih hampir setiap hari, he he he. Tingkah laku kucing rasanya tidak akan pernah membosankan untuk diamati. Bahkan, banyak juga, lho, yang menyebut kucing peliharaannya sebagai teman dan mood booster. Namun, tahukah Anda kalau ternyata ada alasan ilmiah di balik rasa senang dan nyaman yang kita rasakan saat memelihara kucing? Beberapa studi dan riset menunjukkan bahwa ada manfaat dari memelihara kucing untuk kesehatan Anda. Apa saja, ya? Yuk, simak di bawah!

Mengurangi Stres, Depresi, dan Anxiety

Salah satu manfaat memiliki hewan peliharan, termasuk di antaranya kucing, adalah membantu mengatasi stres, depresi, serta anxiety atau kecemasan. Memelihara kucing memiliki efek menenangkan pada manusia, apalagi saat Anda mengelus bulunya yang lembut. Saat dielus, kucing kerap mengeluarkan suara dengkuran yang berada dalam frekuensi 20-140 Hertz. Suara dengkuran ini memberi efek menenangkan yang juga akan menstimulasi produksi hormon oxytocin pada Anda, yaitu hormon yang membawa perasaan kasih sayang dan rasa percaya.

Hal inilah yang membuat seseorang yang memelihara kucing akan merasa tenang, bahkan dapat bercerita dan berkeluh kesah pada sang hewan. Efek menenangkan dan kehadiran ‘teman bercerita’ inilah yang akan membantu seseorang untuk mengatasi masa-masa berat ketika stres, depresi, dan anxiety menyerang. Menurut hasil riset, seorang anak yang mengidap autisme pun akan merasa lebih tenang saat mengelus kucing. Ssst, suara dengkuran kucing juga sering diasosiasikan dengan efeknya untuk mengurangi masalah pernapasan, risiko serangan jantung, hingga memperkuat tulang, lho!

Baca Juga: Benarkah Kucing Dapat Menyebabkan Kemandulan dan Keguguran? Yuk, Cari Tahu Lebih Lanjut Mengenai Toksoplasma!

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berdasarkan hasil dari beberapa riset, seseorang yang memelihara kucing memiliki risiko terserang masalah jantung maupun stroke yang lebih rendah. Dalam studi yang dilakukan oleh University of Minnesota Stroke Institute, seseorang yang tidak memelihara kucing memiliki 30-40% lebih banyak kemungkinan untuk meninggal karena serangan jantung, jika dibandingkan dengan seseorang yang memelihara kucing.

Selain mengurangi risiko penyakit jantung, memelihara kucing juga disebutkan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Menurut hasil studi, hal ini disebabkan karena efek menenangkan dari memelihara kucing yang dapat mengurangi stres yang merupakan salah satu faktor yang memicu atau memperparah suatu penyakit. Namun, tentu saja memelihara kucing tidak akan serta-merta membuat Anda sehat dan terhindar dari penyakit jika tidak diimbangi dengan asupan makanan dan pola hidup yang juga sehat.

Meningkatkan Imun Tubuh Terhadap Alergi

Sering medengar tentang seseorang yang alergi pada kucing? Meskipun terdengar kontradiktif, ternyata memelihara kucing sedari kecil justru dapat mengurangi kemungkinan seorang anak untuk memiliki alergi pada kucing, lho! Berdasarkan hasil studi The National Institutes of Health, anak berusia di bawah satu tahun yang terekspos dengan kucing sehari-hari memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengidap alergi.

Bahkan, memelihara kucing sedari kecil tidak hanya mengurangi kemungkinan alergi pada bulu binatang, melainkan juga alergi dan masalah kesehatan lainnya seperti alergi debu atau asma. Namun, jika Anda berencana membiarkan si kecil bermain dengan kucing, pastikan kucing tersebut dalam keadaan bersih dan sudah divaksin, ya! Jangan lupa juga untuk menjauhkan dan membersihkan litter box atau tempat kucing buang air secara berkala.

Oh, iya, jika kondisi rumah Anda tidak memungkinkan untuk memelihara kucing, ada solusinya, kok! Anda dapat mampir ke kafe yang memberikan pengalaman makan bersama kucing atau menonton video kucing di YouTube! Berdasarkan hasil studi dari Indiana University Bloomington, menonton video kucing di internet dapat memberikan dampak positif pada emosi penontonnnya sekaligus mengurangi perasaan negatif. Hmm, siapa nih yang suka menonton video kucing di Youtube atau Instagram?

Baca Juga: Bosan Makan Sendirian? Coba Sensasi Makan Bersama Binatang Lucu Di 5 Restoran Berikut!

(Sumber Foto Cover)

PREVIOUS ARTICLE

Ini Adalah Cara Terbaik Untuk Meredakan Stres Berdasarkan Zodiak. Sudah Pernah Coba?

NEXT ARTICLE

Berniat Memberi Bunga Mawar Pada Seseorang? Ketahui Dulu Masing-Masing Arti Warnanya

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

comments