ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Beragam Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dengan Mengambil Cuti Kerja

Kesibukan dan deadline pekerjaan yang selama ini dijalani mungkin membuat Anda harus bekerja, bahkan saat akhir pekan. Memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan untuk mendapatkan masa depan yang cemerlang adalah hal positif. Namun, bekerja terlalu keras tanpa memerhatikan kondisi kesehatan tentu saja bukanlah hal baik karena akan memengaruhi kondisi fisik sekaligus psikologi Anda.

Selain memanfaatkan waktu akhir pekan untuk beristirahat, Anda juga dapat memanfaatkan hak cuti tahunan yang diberikan oleh perusahaan dengan pergi liburan. Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengambil cuti kerja? Keep scrolling!

Kesehatan Fisik dan Mental Terjaga

Kondisi fisik yang lelah karena pekerjaan dan deadline yang menumpuk bisa saja memberi pengaruh juga pada kondisi psikologis dan mental Anda. Orang yang bekerja terlalu keras tanpa memperhatikan kondisi fisik dan emosional dikatakan lebih rentan mengalami stres dan mudah sakit.

Hak cuti tahunan dari tempat Anda bekerja bisa digunakan untuk mengistirahatkan fisik dan pikiran sejenak dari aktifitas padat yang biasanya Anda jalani. Mengunjungi tempat-tempat yang menarik dan bertemu dengan orang baru akan membuat hati dan pikiran Anda menjadi lebih fresh. Kembali bekerja dengan hati yang bahagia tentu saja akan membuat Anda lebih bersemangat.

Mendapatkan Inspirasi Baru

Persaingan di dunia kerja saat ini menuntut setiap karyawan untuk bisa bekerja dengan inovasi dan ide-ide baru yang kreatif demi perkembangan perusahaan. Bila merasa sedang kehabisan ide, sepertinya Anda membutuhkan liburan untuk bisa mendapatkan inspirasi baru dan mengambil cuti kerja.

Mengunjungi tempat dan bertemu orang baru saat liburan akan membuat Anda menemukan perspektif baru dalam bentuk ide dan inovasi. Banyak entrepreneur mengatakan bahwa mereka mendapatkan banyak ide cemerlang dan inspirasi baru yang belum pernah terpikirkan dengan melakukan liburan. Dengan memanfaatkan cuti kerja untuk liburan, Anda bisa meningkatkan kemampuan dan daya kreasi sekaligus mengembangkan diri.

Meningkatkan Soft Skill

Kemampuan secara kognitif memang penting serta dibutuhkan dalam melakukan tugas dan pekerjaan Anda. Namun, kemampuan emosional dan juga soft skill juga dapat memengaruhi dan mendukung Anda meraih kesuksesan dalam karir. Selain memberi manfaat untuk menjadikan hati bahagia dan pikiran menjadi fresh kembali, liburan ternyata juga dianggap mampu meningkatkan kualitas Anda sebagai seorang individu.

Saat berlibur dan mengunjungi tempat baru dan menarik, Anda bisa bertemu dengan orang baru dengan latar belakang dan budaya yang berbeda. Membangun hubungan dengan orang baru secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan Anda dalam berkomunikasi. Selain itu, saat liburan Anda juga bisa mempelajari hal-hal baru yang menarik dan selama ini belum Anda ketahui untuk mengembangkan diri.

Baca Juga: Berbagai Trik Psikologi yang Bisa Anda Terapkan di Tempat Kerja

Menghilangkan Jenuh

Melakukan aktivitas pekerjaan dan rutinitas yang sama setiap hari, pasti seringkali membuat Anda merasa jenuh dan bosan. Bila Anda sedang merasa bosan dan jenuh dengan pekerjaan, jangan buru-buru berpikiran untuk resign. Anda hanya membutuhkan waktu untuk bisa bersantai dan mengistirahatkan pikiran Anda dari aktifitas perkerjaan sehari-hari.

Dengan mengambil cuti kerja, Anda bisa memiliki waktu untuk berlibur dan memilih destinasi yang cocok untuk membuat pikiran menjadi fresh kembali. Anda bisa menghabiskan waktu di tepi pantai, menikmati kuliner di tepi hamparan sawah yang hijau, atau melakukan beragam aktivitas menarik seperti mendaki gunung dan arung jeram.

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Seperti yang telah dijelaskan dalam poin-poin sebelumnya, menggunakan hak cuti tahunan dari perusahaan tempat Anda bekerja dapat memberi banyak manfaat. Selain dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental, liburan akan membuat pikiran Anda menjadi lebih fokus dan kreatif.

Aktifitas dan tuntutan pekerjaan yang harus dijalani setiap hari tak jarang membuat Anda merasa lelah dan jenuh. Berlibur akan membantu Anda mendapatkan energi yang baru saat kembali bekerja. Perasaan bahagia, pengalaman baru dan pikiran yang jernih akan membantu Anda mendapatkan semangat baru dalam bekerja.

Baca Juga: Mengenal Karoshi, Fenomena Gila Kerja yang Memicu Kematian di Jepang

PREVIOUS ARTICLE

Bukan Fisik, Ini 5 Hal yang Membuat Wanita Terlihat Cantik dan Percaya Diri

NEXT ARTICLE

Pilihan 5 Destinasi Wisata di Riau yang Menarik untuk Dikunjungi

RELATED ARTICLES

COMMENTS

16comments


  • Titis Welingsari4 weeks ago

    Soo true 👍

  • Yemima Isc1 month ago

    iya kalo bisa sering2 cuti, enak wkwk

  • mega remadhani1 month ago

    paling ditunggu kalau lagi kerja...ya cuti..hahhaha

  • Rida Fadilah2 months ago

    haloo, followback yaa

  • Annida Sherina2 months ago

    nice

  • Prima aprilia2 months ago

    Bener banget

  • Eugenie Ng2 months ago

    Wah lumayan tipsnya hehehe

  • Elik Alviani2 months ago

    wohoooo

  • Rizka Suranti2 months ago

    Jenuh yang bikin kepikiran buat ambil cuti ..

  • Rika Monita2 months ago

    Jadi tiba2 pengen cuti :'))

  • Ria Merlita2 months ago

    bisa rehat ????

  • Maharatu Juliachandra Savitri2 months ago

    good

  • Luisca Ruzilla2 months ago

    kadang nggak habis pikir ma org yg mikir cutinya dganti uang, pdhl cuti itu berhargaa banget, wlopun libur cuti dirumah aja tp brrkumpul dgn keluarga jg bs bikin bahagia.

  • Mutia Nurfadillah2 months ago

    Sering banget nih ngerasain bosen sama kerjaan yang gitu gitu aja hmm.

  • Rizky Ashyanita2 months ago

    belom apa-apa pengen cuti huhu

  • Sherviana Lie2 months ago

    great article!