Guide

Berkegiatan Sambil Berdiri Katanya Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan, Benarkah?

Kabar baik bagi Anda pekerja kantoran yang sedang ingin menurunkan berat badan. Ternyata, berkegiatan sambil berdiri bisa membantu membakar kalori lebih banyak, lho! Tak hanya itu, ada banyak manfaat kesehatan fisik dan mental yang bisa Anda rasakan juga dengan melakukan beragam kegiatan sambil berdiri. Melihat fakta ini, belakangan tren standing desk pun tengah populer di kalangan pekerja kantoran yang memiliki jam kerja 8-9 jam.  Meja dengan desain yang mengharuskan Anda untuk berdiri selama bekerja ini disebut menjadi solusi yang baik untuk mencegah berbagai efek buruk dari kebiasaan terlalu lama duduk. Untuk tahu apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memilih berkegiatan sambil berdiri, coba simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Perbandingan Kalori yang Terbakar

Berkegiatan Sambil Berdiri

Berdiri termasuk ke dalam NEAT atau non-exercise activity thermogenesis, yaitu kegiatan sehari-hari yang dapat membantu membakar kalori. Sebenarnya sih perbedaannya tidak terlalu signifikan, tetapi jika diakumulasikan selama berjam-jam, lumayan juga lho perbedaan yang dihasilkan. Seorang wanita dengan berat badan 60 kg akan membakar 78 kalori per jam saat beraktivitas sambil duduk, sedangkan saat beraktivitas sambil berdiri, kalori yang dibakar bisa mencapai 109 kalori. Selain faktor intensitas dan durasi dari aktivitas dilakukan, hal ini juga dipengaruhi oleh berat massa tubuh seseorang. Semakin besar berat badan seseorang, semakin besar pula kalori yang terbakar saat berkegiatan sambil berdiri.

Manfaat Kesehatan yang Akan Dirasakan

Berkegiatan Sambil Berdiri

Berkaitan dengan pembakaran kalori yang lebih banyak, ada beberapa manfaat kesehatan tubuh dan mental yang bisa Anda rasakan melalui berkegiatan sambil berdiri. Ini beberapa diantaranya:

  • Menurunkan Kadar Gula Darah. Kadar gula darah dapat meningkat setelah makan siang. Hal ini akan berbahaya bagi Anda yang mengidap diabetes tipe 2. Dengan bekerja sambil berdiri, setidaknya selama 180 menit akan mengurangi kadar gula darah hingga 43%
  • Mengurangi Nyeri Punggung. Timbul rasa nyeri pada punggung merupakan salah satu keluhan utama dari para pekerja yang duduk sepanjang hari. Namun, ada sebuah studi yang menyatakan bahwa menggunakan sit-stand desk dapat mengurangi nyeri punggung akibat terlalu lama duduk sebanyak 54% dalam waktu 4 minggu.
  • Meningkatkan Mood dan Energi. Dari sebuah studi yang sama dengan poin sebelumnya, dinyatakan bahwa 87% pekerja yang menggunakan standing desk mengalami stres dan rasa lelah yang lebih rendah.
  • Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung. Terlalu lama duduk memiliki dampak buruk bagi sistem peredaran tubuh. Ada sebuah studi yang menyatakan bahwa seseorang yang duduk selama lebih dari 2 jam perharinya akan mengalami peningkatan risiko terkena penyakit jantung hingga 125%.

Satu hal yang penting untuk diingat, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Meskipun berkegiatan sambil berdiri memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, ada dampak buruk yang dapat ditimbulkan jika kebiasaan ini dilakukan dengan tidak benar. Berdirilah dengan postur yang baik, gunakan sepatu yang nyaman, dan jangan menumpu beban tubuh pada satu kaki saja. Selingi juga dengan istirahat duduk selama 10 menit, setiap berdiri selama 50 menit.

Baca juga: Leher Mudah Pegal? Coba Gerakan Workout yang Bisa Dilakukan Pekerja di Balik Meja!

PREVIOUS ARTICLE

Manfaat Mengejutkan dari Kebiasaan Rutin Mengonsumsi Earl Grey Tea

NEXT ARTICLE

Jenis Olahraga yang Mampu Membentuk Betis Jadi Lebih Kencang dan Indah

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

comments