ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Baik yang Tersimpan dalam Taoge Bagi Kesehatan Tubuh

Bagi masyarakat Asia, taoge bukanlah jenis sayuran yang sulit untuk ditemui. Sayuran yang berasal dari kacang hijau atau kacang kedelai ini biasa digunakan sebagai menu pelengkap dalam berbagai jenis kuliner. Selain memiliki cita rasa yang enak saat diolah dengan beragam bahan masakan lainnya, ternyata taoge juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sayuran ini memiliki kandungan kalori yang rendah, namun kaya akan serat, vitamin B, zat besi dan mendorong penyebaran vitamin C dan K di dalam tubuh.

Namun, perlu diperhatikan juga cara tepat dalam mengonsumsinya. Sayuran yang identik dengan mitos kesuburan ini sangat tidak dianjurkan dikonsumsi dalam keadaan mentah. Taoge yang mentah dipercaya memiliki kandungan bakteri seperti salmonella dan tidak baik jika dikonsumsi ibu hamil, balita dan mereka yang memiliki sistem imun rendah. Maka dari itu, selalu pastikan taoge yang Anda konsumsi sudah dicuci bersih dan dimasak dengan matang, agar bisa memperoleh 5 manfaat berikut ini.

Memperkuat Struktur Tulang

Tidak hanya sinar matahari pagi saja yang baik dalam membentuk kepadatan tulang, ternyata sayuran ini juga kaya akan kandungan mangan yang mampu membantu tubuh wanita dalam mengatasi osteoporosis. Kandungan mangan saat dikombinasikan dengan kalsium, vitamin D, magnesium serta zinc akan meningkatkan massa tulang pada tubuh. Nah, bagi Anda yang menginginkan kondisi tubuh tetap kuat di usia lanjut, tak ada salahnya untuk mulai rutin mengonsumsi taoge dalam berbagai jenis kuliner.

Baca Juga: Waduh, 5 Kebiasaan Ini Dapat Membuat Anda Kehilangan Massa Otot!

Meningkatkan Imun Tubuh

Seperti yang kita tahu, vitamin C memiliki peran penting dalam mendukung sistem imun tubuh. Tidak hanya vitamin C, zat besi juga memiliki fungsi yang serupa dalam pembentukan sistem imun tubuh. Taoge dalam takaran satu mangkuk sudah cukup dalam memenuhi kebutuhan zat besi bagi pria maupun wanita dewasa. Selain menjaga kekuatan sel tubuh, zat besi ini juga mampu menangkal berbagai infeksi yang mungkin menyerang tubuh. Kalau Anda merasa tubuh mudah terserang penyakit ringan seperti flu, sebaiknya mulai rutin mengonsumsi buah dan sayuran terutama taoge untuk mengembalikan kekuatan sistem imun tubuh, ya.

Mampu Meredakan Stres

Kandungan vitamin C tak hanya efektif dalam menjaga imun tubuh, tapi juga mampu meredakan stres yang dialami wanita. Hal ini disebabkan karena kekurangan vitamin C dapat memengaruhi produksi neurotransmitter di otak yang memiliki efek langsung dengan mood dan rasa kantuk. Maka, memastikan tubuh selalu memenuhi kebutuhan vitamin C tidak hanya baik untuk mencegah penyakit ringan seperti flu, tapi juga mampu menjaga mood dan pikiran tetap sehat. Selain kaya kandungan vitamin C, taoge juga memiliki kandungan bioflavonoid yang berfungsi melindungi otak dari rasa stres. Saat mengonsumsinya, tubuh akan meningkatkan produksi melatonin yang berperan besar dalam mengontrol mood.

Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi dalam taoge juga efektif dalam mengatasi anemia. Zat besi disebut berperan penting dalam membentuk hemoglobin yang merupakan protein pada sel darah merah. Jadi selain mengonsumsi makanan seperti jenis buah-buahan dan daging seperti hati ayam, daging merah dan telur, Anda juga bisa menambahkan menu taoge untuk menambah darah dalam tubuh.

Memperbaiki Kualitas Penglihatan

Kandungan folat juga ditemukan dalam sayuran taoge. Hal ini tentu saja menambah daftar manfaat taoge bagi kesehatan tubuh. Dengan rutin mengonsumsinya, kesehatan mata akan lebih terjaga sehingga Anda tidak mudah mengalami berbagai masalah seperti sakit mata hingga degenerasi makula atau penurunan penglihatan di usia senja. Taoge yang menyimpan kandungan folat atau vitamin B9 juga dapat menurunkan risiko gangguan penglihatan mata.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Luar Biasa Minum Air Hangat Bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

PREVIOUS ARTICLE

Wah, Selebriti Hollywood Ini Pernah Mengalami Gangguan Mental! Ini Cara Mereka Mengatasinya

NEXT ARTICLE

Fakta yang Jarang Diketahui Orang Tentang Chairil Anwar, Sang Penulis Puisi “Aku”

RELATED ARTICLES

comments