Guide

Sudah Tahu Belum? Ini Beragam Manfaat Baik Merajut Bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Ada berbagai macam aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu luang. Dari mulai aktivitas berat yang mengeluarkan keringat, hingga kegiatan yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Nah, menyinggung soal aktivitas yang perlu dilakukan dalam kondisi tenang dan penuh rasa sabar, kali ini Beauty Journal ingin mengajak Anda untuk lebih mengenal aktivitas merajut. Identik dengan kegiatan yang biasa dilakukan wanita usia lanjut, kenyataannya aktivitas yang satu ini juga banyak digeluti oleh wanita dari berbagai usia. Karena tidak hanya hasil rajutannya saja yang bisa memberikan nilai kepuasaan bagi diri sendiri. Dari sisi kesehatan, ternyata kegiatan merajut banyak memberi efek positif bagi tubuh dan pikiran, lho. Apa saja manfaat dari merajut? Coba simak pemaparannya melalui artikel di bawah ini, yuk.

Sebagai Meditasi dan Pereda Stres

Enggan beranjak dari rumah untuk melakukan aktivitas yoga? Tak perlu khawatir, Anda juga bisa mendapatkan efek meditasi yang serupa dengan melakukan aktivitas merajut. Karena menurut Dr. Herbert Benson, penulis buku “The Relaxation Response”, aktivitas merajut yang melakukan pola berulang disebut dapat memberi efek meditasi pada tubuh Anda. Selain itu Jika aktivitas ini rutin dilakukan, kondisi tubuh akan menjadi lebih rileks, seperti menurunkan tekanan darah, denyut jantung, serta mengurangi kadar hormon Kortisol yang jadi pemicu stres.

Mencegah Demensia dan Alzheimer

Manfaat merajut

Ingin daya ingat tetap terjaga hingga usia senja? Anda bisa mengandalkan aktivitas merajut sebagai salah satu metode yang cukup efektif. Kordinasi otak dan otot tangan dalam mengingat pola rajutan yang sama berulang-ulang tidak hanya mengasah fungsi kerja otak tapi juga membuat Anda lebih rileks. Bahkan sebuah penelitian di Perancis menunjukkan hasil, dimana mereka yang berusia lanjut dapat terhindar dari gejala demensia dan penyakit Alzheimer jika rutin melakukan aktivitas crafting, terutama merajut.

Baca juga: Cara Untuk Selalu Belajar dan Melatih Otak Secara Mudah, Bahkan Untuk Anda yang Mager Sekalipun!

Memperkuat Otot Tungkai Tangan

Manfaat merajut

Aktivitas merajut yang tidak menuntut kecepatan juga bisa memberi efek positif bagi otot tungkai. Ritme dalam kegiatan merajut dapat melatih kekuatan lengan tanpa mengeluarkan kekuatan yang berlebih. Sehingga otot tungkai lengan dapat menjadi lebih kuat tanpa menyebabkan kerusakan muskuloskeletal, atau kerusakan pada otot sendi. Selain itu kegiatan merajut juga memberi efek positif yang bisa menghindarkan Anda dari radang sendi dan tendinitis.

Mengatasi Berbagai Gangguan Psikologis

Melalui sebuah studi yang dilakukan Universitas British Colombia pada tahun 2009, ditemukan fakta jika kegiatan merajut mampu meredam berbagai gangguan psikologis pada wanita. Mereka yang memiliki masalah Anoreksia Nervosa diajari merajut dan hasilnya 74% dari mereka menunjukkan perbaikan yang signifikan. Hal ini terjadi karena kegiatan merajut dapat mengurangi ketakutan dan mengalihkan pikiran mereka dari kekhawatiran pada masalah yang dihadapi.

Dalam kasus lain juga ditemukan efek yang serupa dari merajut, bagi para penderita yang mengalami masalah sakit kronis. Melalui akun stitchlinks, diketahui 60 orang yang mengalami masalah sakit kronis mampu meredakan rasa sakit mereka berkat kegiatan merajut. Hal ini terjadi karena kegiatan merajut dapat mengalihkan fokus, dan mengurangi kesadaran akan rasa sakit. Selain itu aktivitas otak yang difungsikan untuk aktivitas merajut juga dapat meredam sinyal rasa sakit.

Baca juga: Terjebak Dengan Kesibukan? Lakukan Hal Ini Agar Lebih Semangat dan Tidak Berujung Depresi

PREVIOUS ARTICLE

Yuk, Atasi Stres Dengan Menyantap Makanan-Makanan Berikut

NEXT ARTICLE

Rekomendasi 5 Toko Roti Legendaris di Kota Bandung yang Cocok Jadi Hantaran Oleh-oleh

RELATED ARTICLES

comments