ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ketika Stres Melanda

Pada saat stres, seringkali keputusan yang kita ambil asal-asalan. Sebagai kompensasi depresi yang sedang kita rasakan, biasanya makan jadi salah satu cara untuk meredakan stres itu sendiri. Meskipun bisa menjadi pelarian yang baik, tapi Anda tetap perlu hati-hati dalam memilih menu makanan yang dikonsumsi. Karena selain jenis makanan yang efektif meredakan stres, ada juga makanan yang justru memperparah rasa cemas dan depresi yang dialami. Nah, agar pikiran bisa jadi lebih lega, dan rasa stres berkurang, tak ada salahnya untuk menghindari jenis makanan atau minuman berikut ini!

Kafein

Mengkonsumsi kafein, bahkan dalam jumlah kecil, ternyata dapat memicu depresi, lho. Hal itu terjadi karena kafein memiliki efek mengganggu kualitas tidur. Kopi dan teh hitam akan membuat kita terjaga ataupun sulit tidur nyenyak. Padahal tidur sangat erat kaitannya dengan mood. Selain itu jam tidur yang terganggu akan mengacaukan kondisi emosi Anda.

Makanan Tinggi Sodium

Menurut para ahli, makanan yang mengandung banyak garam dapat mengganggu mental Anda karena kandungan sodium yang tinggi dapat mengacaukan sistem syaraf. Bukan hanya memicu depresi, hal itu juga bisa menyebabkan masalah pada sistem imunitas dan membuat Anda merasa lelah. Terlalu banyak konsumsi makanan asin juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan, yang bagi sebagian orang bisa semakin membuat stres.

Lemak Trans

Trans fat merupakan lemak tak jenuh yang sering terkandung dalam margarin, snack kemasan, dan minyak yang digunakan untuk menggoreng fast food. Selain berpotensi menyumbat arteri, trans fat dapat meningkatkan resiko depresi sebanyak 48%. Jadi ketika stres, sebaiknya Anda menghindari mengkonsumsi fast food ataupun gorengan yang menggunakan minyak yang mengandung trans fat.

Tahu

 

Bukankah tahu itu makanan sehat yang mengandung banyak protein? Memang benar, namun, tahu yang terbuat dari kedelai ini ternyata juga memiliki kandungan tembaga yang tinggi. Padahal mineral ini dapat memicu rasa cemas. Selain itu, kedelai juga memiliki enzim yang membuat protein sulit dicerna serta menyebabkan kembung. Jadi sebaiknya Anda memilih olahan kedelai lainnya, seperti tempe dan miso, saja ya.

Roti Gandum Utuh

Roti gandum utuh memang sering dianjurkan untuk mengganti roti putih, terutama ketika kita sedang diet. Akan tetapi, Anda yang sedang mengalami depresi sebaiknya menghindari makanan ini. Gluten pada roti gandum utuh dapat meningkatkan rasa cemas dan depresi. Apalagi gandum yang sering dipakai adalah gandum non-organik yang menggunakan herbisida glyphosate. Herbisida ini dapat menyebabkan kekurangan mineral yang berperan penting dalam menstabilkan mood.

Baca juga: Makanan Manis Katanya Bisa Memicu Depresi, Masa Iya Sih?

PREVIOUS ARTICLE

Jangan Terus Diikuti, 5 Mitos Keuangan Ini Sudah Ketinggalan Jaman

NEXT ARTICLE

Tak Hanya Bakat Akting dan Menyanyi, Deretan Selebriti ini Juga Sukses Menulis Buku Anak-Anak

RELATED ARTICLES

COMMENTS

1comment


  • Deavita Dinari4 months ago

    Nice one