Guide

Makan Setelah Workout? Boleh Kok, Ini Rekomendasi Makanan yang Bisa Dikonsumsi Setelah Olahraga

Olahraga rutin seharusnya sudah menjadi agenda wajib untuk Anda yang ingin hidup sehat, sedang menjalani diet sehat, atau menjaga berat badan. Setelah selesai workout, jogging, atau olahraga, terkadang perut merasa lapar dan segera ingin makan. Ternyata, hal ini tidak memberi masalah dan Anda boleh makan setelah olahraga, lho. Namun, untuk makan, sebaiknya beri jeda waktu sekitar 30 menit setelah olahraga dan Anda juga harus memperhatikan makanan yang bisa dikonsumsi setelah olahraga. Sebaiknya pilih makanan yang memiliki kandungan yang yang baik dan bisa mengisi nutrisi tubuh. Kalau isinya lemak, olahraga yang dilakukan menjadi sia-sia dong. Yuk, simak beberapa rekomendasi makanan yang cocok dan aman untuk dikonsumsi setelah olahraga.

Telur

Makanan yang Bisa Dikonsumsi Setelah Olahraga

Setelah olahraga, tubuh mengalami suatu tahap atau fase proses pembentukan ulang otot. Dalam tahap tersebut, tubuh memerlukan asupan protein yang cukup. Telur memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga cocok untuk dikonsumsi setelah olahraga karena akan membantu proses pembentukan otot tubuh. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan dalam Journal of the American College of Nutrition, dikatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi 1-2 butir telur setelah olahraga di pagi hari, akan cenderung mengonsumsi sedikit kalori di siang hari. Hal tersebut tentunya akan sangat membantu untuk Anda yang sedang dalam proses menurunkan berat badan. Eh, bukannya telur mengandung banyak kolesterol? Tidak perlu khawatir dengan hal ini kok. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan, telur tidak akan meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

Buah-Buahan

Makanan yang Bisa Dikonsumsi Setelah Olahraga

Buah-buahan juga menjadi salah satu rekomendasi kami untuk makanan yang bisa dikonsumsi setelah olahraga. Salah satu buah yang dianjurkan adalah pisang. Buah ini mengandung karbohidrat yang berguna untuk mengganti energi yang hilang setelah olahraga. Pisang juga memiliki kandungan berbagai macam vitamin antara lain vitamin C dan vitamin B6. Mengonsumsi strawberry dan blueberry juga cocok dan aman setelah olahraga. Ada kandungan zat polifenol yang berfungsi untuk mengurangi nyeri otot setelah olahraga dan berguna sebagai anti-oksidan sekaligus detoksifikasi. Buah yang juga dapat dikonsumsi setelah olahraga adalah alpukat. Buah ini memiliki kandungan lemak tak jenuh dan kadar gula rendah yang baik untuk kesehatan tubuh. Alpukat juga memiliki berbagai macam vitamin seperti vitamin E, vitamin C, dan vitamin K.

Baca Juga: Rekomendasi Buah Rendah Gula Untuk Camilan Tanpa Khawatir Menyebabkan Kegemukan

Yoghurt

Makanan yang Bisa Dikonsumsi Setelah Olahraga

Yoghurt cocok dan aman untuk dikonsumsi setelah olahraga karena mengandung protein, karbohidrat dan kalsium. Protein berguna untuk pembentukan otot, karbohidrat untuk menggantikan energi yang hilang setelah olahraga, dan juga mengandung kalsium untuk menjaga kesehatan tulang. Selain beberapa hal tersebut, yoghurt juga dikenal memiliki kandungan bakteri baik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Supaya lebih enak, kita tidak harus mengonsumsi plain yoghurt. Anda bisa membuat smoothie dengan mencampurkan yoghurt dengan buah-buahan, misalnya strawberry dan juga pisang. Dengan demikian, kita bisa memperoleh berbagai macam manfaat yang didapat dari yoghurt maupun buah-buahan yang dicampurkan. Makanan yang bisa dikonsumsi setelah olahraga ini jadi lebih bernutrisi kan?

Salmon

Makanan yang Bisa Dikonsumsi Setelah Olahraga

Salmon dikenal sebagai ikan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti meningkatkan daya ingat, menghalau depresi, dan bisa mengatasi masalah kulit sepert jerawat. Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, penelitian juga menunjukkan bahwa salmon mengandung Omega-3 yang berguna untuk membantu mengurangi peradangan otot pasca-olahraga. Bukan hanya itu, mengonsumsi salmon juga dapat mengurangi jumlah prostaglandin, senyawa alami yang diproduksi dari dalam tubuh yang dapat memicu peradangan.

Oatmeal

COSRX Clear Fit Blemish Cushion

Dengan semangkuk oatmeal, Anda akan mendapat manfaat karbohidrat, protein dan kalori yang baik dikonsumsi setelah olahraga. Karbohidrat kompleks dalam oatmeal akan dicerna secara perlahan oleh tubuh sehingga bisa bertahan dalam kondisi kenyang karena energi yang dihasilkan dalam jangka waktu yang lebih lama. Oatmeal juga kaya akan kandungan zat besi yang berguna untuk memperlancar aliran oksigen dalam darah, yang juga bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. Selain itu, oatmeal juga memiliki kandungan selenium yang berguna untuk meningkatkan produksi hormon tiroid yang bisa mengurangi risiko peradangan sendi setelah olahraga.

Baca Juga: Hati-Hati, Kesalahan Olahraga Ini Tidak Menyehatkan dan Berpotensi Membuat Berat Badan Naik!

PREVIOUS ARTICLE

Berniat Memberi Bunga Mawar Pada Seseorang? Ketahui Dulu Masing-Masing Arti Warnanya

NEXT ARTICLE

5 Lagu Indonesia yang Menggambarkan Percintaan Anak Zaman Now

RELATED ARTICLES

comments