ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Makanan yang Perlu Anda Konsumsi untuk Mempertahankan Daya Ingat Sekaligus Menjaga Kesehatan Otak

Mengonsumsi makanan yang sehat tidak hanya memberikan pengaruh baik pada tubuh, tapi juga bahan bakar yang baik untuk otak Anda. Meski tidak ada makanan yang diklaim dapat melindungi otak dari gangguan yang berkaitan dengan usia seperti alzheimer atau demensia, tapi Anda bisa memperlambat hal ini dengan memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Karena tidak hanya sehat, makanan yang kaya nutrisi dan vitamin juga mampu memberikan pengaruh baik pada otak. Seperti beberapa jenis makanan berikut ini, yang dipercaya mampu memperkuat kesehatan otak.

Kacang Kenari

Kacang kenari merupakan salah satu kacang terbaik untuk kesehatan otak. Kenari dikenal memiliki antioksidan dua kali lebih banyak dibandingkan dengan kacang lain seperti kacang tanah dan almond. Selain itu, kacang kenari juga memiliki konsentrasi docosahexaenoic acid (DHA) yang tinggi. Di mana DHA berperan untuk melindungi kesehatan otak dan meningkatkan kinerja kognitif pada orang dewasa sekaligus mencegah dan memperbaiki penurunan kognitif yang bisa terjadi seiring pertambahan usia.

Selain antioksidan dan DHA, kandungan Omega-3 yang tinggi dalam kacang kenari diyakini mampu memperbaiki sel otak dan membuat kerja sel-sel otak semakin optimal. Mengingat Omega-3 juga dikenal sebagai salah satu kandungan esensial untuk kesehatan otak bayi maupun orang dewasa.

Blueberry

Buah berwarna biru ini termasuk salah satu makanan dengan kandungan antioksidan tertinggi. Jumlah antioksidan yang tinggi dalam buah blueberry dipercaya dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Tidak hanya antioksidan, blueberry juga kaya akan vitamin C, B2, B6, E dan K.

Di samping itu buah blueberry juga mampu menangkal dan mengeliminasi timbulnya radikal bebas serta mensuplai oksigen ke sel-sel otak. Memakan buah blueberry baik dalam bentuk buah segar ataupun buah kalengan juga dapat menurunkan risiko demensia dan mengurangi efek Alzheimer yang timbul ketika memasuki usia tua.

Rumput laut 

Rumput laut mengandung banyak magnesium yang merupakan nutrisi utama untuk mengurangi stres, serta melindungi tubuh dan otak dari efek negatif stres. Rumput laut juga kaya akan lignan, yang berhubungan dengan kinerja kognitif yang lebih baik pada wanita pasca menopause. Manfaat lain dari rutin mengkonsumsi rumput laut salah satunya adalah membantu proses peningkatan memori otak sehingga tidak mudah lupa.

Salmon 

Salah satunya cara untuk memaksimalkan fungsi otak adalah dengan banyak mengonsumsi asam lemak Omega-3. Kandungan asam lemak Omega-3 bisa didapatkan pada ikan salmon. Omega-3 memiliki 3 bentuk utama yaitu DHA (Docosahexaenoic Acid), EPA (Eiocosapentaenoic Acid) dan ALA (Alpha-Linolenat Acid). DHA merupakan asam lemak penting yang melindungi sel saraf otak dari potensi luka sekaligus mengurangi peradangan otak. Kadar DHA dalam otak biasanya mulai mengalami penurunan seiring pertambahan usia. Kekurangan DHA pada orang dewasa dapat mengakibatkan penurunan fungsi kognitif, perubahan mood yang tidak stabil, dan meningkatkan terjadinya alzheimer dan demensia.

Mengonsumsi ikan salmon diyakini bisa mencegah penyakit alzheimer, menurunkan tingkat stres dan depresi serta melindungi jantung. Selain itu, ikan salmon yang dikonsumsi secara rutin dipercaya dapat meningkatkan kemampuan dalam menyimpan informasi agar lebih bertahan lama di otak.

Brokoli

Brokoli adalah sumber dari dua nutrisi penting yang membantu meningkatkan fungsi otak. Vitamin K dalam brokoli membantu memperkuat kemampuan kognitif sementara choline telah terbukti meningkatkan daya ingat. Brokoli juga memberi asupan yang cukup pada asam folat. Folat merupakan unsur penting yang membuat pondasi otak semakin kuat dalam memerintahkan bagian tubuh lain. Asupan folat yang cukup dapat membantu menangkal penyakit alzheimer. Namun, kekurangan asam folat dapat menyebabkan depresi.

Baca juga: Mengenal Vitamin B12, Nutrisi Penting Untuk Fungsi Otak Sempurna yang Sering Terlupakan

Sumber Foto Cover

PREVIOUS ARTICLE

5 Alasan Anda Perlu Memanfaatkan Istirahat Makan Siang dengan Maksimal

NEXT ARTICLE

Tampilan Rumah Berkonsep Industrial yang Bisa jadi Inspirasi dalam Mendekorasi Rumah

RELATED ARTICLES

COMMENTS

5comments


  • hanny sjaimudin1 month ago

    semoga bermanfaat

  • Steffi Averina Prajogo1 month ago

    Nicee

  • Saputri Sapta1 month ago

    Nice info 👍

  • alifiah c2 months ago

    Info yang bermanfaat ♥

  • Juita Saadah2 months ago

    thanks infonya kak:)