ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Perhatikan, Ini Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Otak Anak!

Otak manusia merupakan organ yang paling cepat mengalami perkembangan dibandingkan dengan organ lainnya. Beberapa sel yang ada perlu diganti seiring bertumbuhnya umur, seperti halnya rambut yang akan diganti dalam hitungan hari. Namun, berbeda dengan rambut, sel pada otak tak tergantikan karena pada umumnya otak manusia dapat menumbuhkan sel-sel otak baru karena neuron terus tumbuh. Dikutip dari mind body green, para peneliti melalui proses neurogenesis melihat bahwa sebagian besar sel otak akan tinggal seumur hidup, misalnya rentan menimbulkan masalah seperti Alzheimer. Untuk itu, otak anak Anda perlu dipersiapkan agar meninggalkan sel-sel syaraf yang baik selama sisa hidupnya.

Tiga tahun pertama, merupakan waktu yang penting dalam pertumbuhan anak. Pada waktu itu, perkembangan otak anak akan membentuk cara berpikir, berperilaku, belajar, dan serangkaian ketrampilan kognitifnya. Untuk itu, asupan makanan memainkan peran penting untuk memberikan nutrisi pada otak anak. Sumber vitamin dari berbagai macam makanan akan membantu perkembangan otak. Nah, langsung simak yuk makanan yang baik dan tidak baik dikonsumsi anak.

Makanan yang Baik Dikonsumsi Anak

1. Oats

Oats mengandung vitamin E, zinc dan vitamin B kompleks yang baik untuk perkembangan otak anak. Ditambah dengan kandungan serat yang tinggi dan protein yang dapat menjaga arteri jantung dan otak tetap bersih.

2. Salmon

Salah satu jenis ikan yang baik adalah salmon yang mengandung lemak omega-3 DHA dan EPA yang penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak anak. Menurut penelitian terbaru, anak-anak yang mengonsumsi lebih banyak salmon memiliki pemikiran yang tajam dan ketrampilan yang lebih baik dibandingkan anak-anak lainnya. Jenis ikan lainnya yang memiliki sumber protein yang baik adalah tuna.

3. Apel dan berry

Berbagai jenis berry seperti blackberry, raspberry, dll dapat membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif pada otak anak. Selain itu, terdapat kandungan gula dan serat alami yang dapat menurtrisi tubuh sehingga baik untuk pencernaan. Sedangkan apel merupakan sumber antioksidan yang dapat menjaga daya tahan tubuh anak dan penuh serat yang baik untuk membantu pencernaan.

4.Telur

Semua ibu tentu tahu bahwa terdapat berbagai manfaat yang baik bagi tubuh dari sebuah telur. Di antaranya terdapat lemak omega-3, zinc, lutein, kolin, dan vitamin B yang mendukung perkembangan otak dan pembentukan konsentrasi.

Makanan yang Tidak Baik Dikonsumsi Anak

Selain memerhatikan nutrisi dalam makanan, kualitas dari bahan yang ada dalam makanan juga merupakan bagian terpenting. Contohnya, sekarang banyak makanan dalam kemasan dengan olahan yang super praktis seperti makanan cepat saji, minuman bersoda, keju olahan (mozzarella) yang tentu memiliki gizi yang kurang. Jika Anda ingin memiliki anak yang tumbuh sehat dan cerdas, pastikan untuk menghindari makanan seperti ini.

Dikutip dari health line, mengonsumsi makanan dengan lemak dalam jumlah tinggi pun cenderung memiliki peningkatan resiko penyakit Alzheimer. Selain itu, memberikan anak makanan tinggi lemak juga menimbulkan efek negatif seperti kesehatan jantung dan inflamasi.

Baca juga: Selalu Kesulitan Tiap Kali Mempelajari Hal Baru? Yuk, Coba Beragam Trik Psikologis Ini, untuk Maksimalkan Kemampuan Otak

PREVIOUS ARTICLE

Alami Perut Kembung? Atasi dengan Meminum 5 Teh Berikut Ini

NEXT ARTICLE

Uniqlo U Spring/Summer 2019 Hadirkan Koleksi Pakaian Berwarna Cerah

RELATED ARTICLES

comments