Guide

Lebih Pintar Memilih Nutrisi Yuk, Moms. Berikut ini Makanan untuk Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas!

Setiap orang tua pasti mendambakan anak-anak mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas, mampu berpikir kreatif dan aktif. Banyak ahli yang mengatakan, jika orang tua ingin anaknya tumbuh cerdas, maka sejak masa kehamilan para ibu disarankan untuk memberikan asupan gizi dan nutrisi yang cukup untuk perkembangan otak bayi. Kecerdasan otak anak sangat penting dibentuk sejak masih dalam kandungan. Selain dari vitamin yang diberikan dokter, tentunya para mommy yang sedang mengandung harus memakan makanan yang bergizi dan bernutrisi guna mencukupi kebutuhan nutrisi bagi janin. Adapun beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi sejak ada dalam kandungan bisa didapat dari berbagai makanan. Lalu apa saja nutrisi dan makanan untuk ibu hamil muda agar anak cerdas? Untuk tahu jawabannya, keep scrolling ya moms!

Baca Juga: Lengkapi Asupan Nutrisi bagi Janin dan Ibu Hamil dengan Konsumsi Vitamin untuk Ibu Hamil Berikut

Makanan yang Mengandung Vitamin A

Makanan untuk Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas

Memasuki usia 3 sampai 4 bulan masa kehamilan, Vitamin A memiliki peranan penting untuk meningkatkan perkembangan otak bayi yang baru terbentuk. Selain itu, makanan yang mengandung vitamin A juga baik untuk meningkatkan daya tahan ibu hamil sehingga mampu mengendalikan masa-masa sulit pada trimester pertama. Adapun beberapa makanan yang memiliki sumber Vitamin A yang tinggi adalah pepaya, apel, pisang, bayam, wortel, keju, tomat, dan labu kuning.

Makanan yang Mengandung Yodium

Makanan untuk Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas

Memakan makanan yang mengandung yodium sangatlah penting pada ibu hamil, terutama pada 12 minggu pertama masa kehamilan. Pada ibu hamil, yodium bermanfaat untuk mencegah penyakit Kretinisime. Penyakit ini merupakan kelainanan pada struktur otak yang mengakibatkan penghambatan perkembangan otak dan saraf bagi janin, sehingga anak dapat lahir dengan IQ rendah bahkan cacat otak. Anda bisa menambahkan garam beryodium pada masakan Anda. Kandungan yodium juga bisa Anda dapatkan dari beberapa sumber makanan seperti ikan, tiram, rumput laut, telur ikan, dan kentang.

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Makanan untuk Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas

Asam folat berperan sebagai nutrisi pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil yang dimulai sejak awal masa kehamilan. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi asam folat 4 minggu sebelum dan 8 minggu setelah kehamilan memiliki peluang 40 persen lebih sedikit untuk melahirkan bayi autis, serta asam folat juga dapat mencegah terjadinya cacat bawaan pada bayi yang disebabkan oleh kelainan pertumbuhan susunan saraf. Kandungan asam folat tertinggi ada di dalam beberapa sumber makanan seperti, tomat, strawberry, melon, kacang-kacangan, selada, bayam, bit merah, brokoli, kuning telur dan daging ayam.

Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks

 

Makanan untuk Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas

Vitamin yang masuk dalam kategori Vitamin B Kompleks adalah Vitamin B12. Vitamin ini dapat membantu membentuk dan menguaatkan sistem saraf dalam otak janin dan sekaligus memperlancar pembentukan sel sel darah merah agar dapat menyehatkan otak bayi. Kemudian, vitamin B6. Sebagai makanan untuk ibu hamil muda, Vitamin B6 berguna untuk meningkatkan perkembangan otak bayi dan saraf pada organ tubuhnya. Lalu, vitamin B5 dapat membantu memperlancar pembentukan sel darah merah di otak janin. Lalu, ada Vitamin B3 yang memiliki fungsi menjaga stabilitas perkembangan pertumbuhan otak bayi agar tetap seimbang hingga masa persalinan. Vitamin B2 berfungsi untuk menyuplai sari makanan atau zat nutrisi untuk perkembangan sel-sel otak bayi. Terakhir, adalah vitamin B1 yang baik untuk meningkatkan energi bagi otak bayi agar dapat berkembang dengan lancar. Adapun sumber makanan yang memiliki kandungan Vitamin B Kompleks tertinggi adalah daging merah, apel, asparagus, dan telur.

Baca Juga: Agar Kondisi Kesehatan Ibu dan Bayi Aman, Ini Rangkaian Pemeriksaan Kesehatan yang Perlu Dilakusapihhkan sapihhamWanita Hamil

PREVIOUS ARTICLE

Rekomendasi 5 Lokasi Wisata di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi Ala Marischka Prudence

NEXT ARTICLE

Mengenal Hidden Hunger, Kondisi Kekurangan Nutrisi yang Dapat Menyebabkan Kebutaan

RELATED ARTICLES

comments